Hamil 37 Minggu: Momen Jelang HPL yang Penuh Debaran

(0)
29 Sep 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Saat memasuki usia hamil 37 minggu, calon ibu perlu menyiapkan persalinanUsia hamil 37 minggu merupakan masa-masa persiapan untuk melahirkan
Selamat telah mencapai usia kehamilan 37 minggu atau 9 bulan. Janin Anda sudah cukup sempurna dan bisa lahir kapan saja mulai hari ini meski masih tergolong awal. Pasalnya, janin membutuhkan waktu 2-3 minggu lagi hingga sepenuhnya matang dan siap menghadapi dunia luar.Meski demikian, bila Anda mengandung janin kembar, mereka mungkin akan lahir di minggu ini. Kehamilan kembar biasanya terjadi lebih awal dari kehamilan tunggal dan jarang melebihi usia kehamilan 38 minggu.

Perkembangan janin saat ibu hamil 37 minggu

Pada usia kehamilan 37 minggu, janin akan memiliki berat sekitar 2,7 kg dan panjang sekitar 48 cm. Secara umum, organ-organ utama tubuh janin sudah berkembang sempurna dan siap menghadapi dunia luar.Meski demikian, otak dan paru-parunya mungkin membutuhkan waktu sedikit lagi untuk benar-benar matang. Tetapi, bila bayi Anda lahir di minggu ini pun, kemungkinan besar, ia akan baik-baik saja sama seperti bayi yang lahir penuh waktu (39 minggu ke atas).Pada usia kehamilan 37 minggu, bayi Anda akan semakin rajin berlatih mengisap dan menelan untuk mempersiapkan dirinya makan ketika dilahirkan. Tidak hanya itu, ia pun terus berlatih untuk bernapas dengan menghirup dan menghembuskan cairan ketuban, berlatih berkedip dan bergerak-gerak tidak sabar menunggu waktu kelahirannya tiba.

Kondisi ibu di usia hamil 37 minggu

Pada usia kehamilan 37 minggu, sejumlah gejala perut mungkin akan ibu rasakan:
  • Kontraksi braxton-hicks

Braxton-hicks atau kontraksi palsu akan terasa semakin sering dan jelas di usia akhir kehamilan. Perut Anda akan terasa kencang dan kontraksi palsu mungkin terjadi setiap 10 atau 20 menit sekali. Kontraksi ini diperlukan untuk menipiskan leher rahim sebagai proses persiapan persalinan.Bila kontrkasi braxton-hicks dirasa mengganggu, Anda bisa coba meringankannya dengan berganti posisi, minum banyak air, dan perbanyak istirahat. Bila kontraksi semakin kencang dan teratur, Anda perlu lebih waspada karena mungkin itu kontraksi yang sesungguhnya dan tanda dimulainya proses persalinan.
  • Keluar lendir dari vagina

Di sepanjang leher rahim (serviks) Anda, terdapat lendir (mucus plug) yang berfungsi untuk melindungi rahim dari infeksi. Mendekati waktu persalinan, serviks Anda akan menipis untuk membantu dalam membuka jalan lahir.Proses tersebut dapat mengencerkan atau mengeluarkan mucus plug. Jadi akan ada lendir kental yang keluar dari vagina Anda beberapa minggu sebelum persalinan. Lendir ini bisa berwana keputihan, atau memiliki rona cokelat atau merah, dan hal ini normal.Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk memberitahu dokter atau bidan saat mucus plug keluar saat kunjungan pemeriksaan rutin sebagai tanda bahwa waktu melahirkan semakin dekat.Selain kedua gejala di atas, gejala-gejala lain seperti susah tidur serta kaki dan tangan bengkak juga mungkin akan Anda alami di usia kehamilan 37 minggu.

Hal-hal yang bisa ibu lakukan di usia kehamilan 37 minggu

Beirkut adalah beberapa hal yang bisa ibu lakukan di usia kehamilan 37 minggu untuk mempersiapkan dan melancarkan proses persalinan:
  • Pijat perineum

Perineum adalah area antara vagina dan anus. Area ini sebaiknya dipijat jelang persalinan sehingga otot-ototnya tidak kaku dan elastis untuk membantu proses keluarnya bayi. Pijat perineum juga bisa menurunkan risiko area ini robek atau perlu digunting (episiotomi) selama proses persalinan.Meski demikian, bila Anda belum pernah melakukan pijat perineum, sebaiknya minta bantuan bidan atau terapis melahirkan untuk melakukannya. Namun bila Anda sudah tahu bagaimana cara melakukan pijat perineum dengan benar, Anda bisa melakukannya secara mandiri atau meminta pasangan untuk melakukannya.
  • Hidup sehat

Mendekati waktu persalinan, tetap jaga kesehatan Anda. Misalnya, dengan banyak minum air, makan banyak buah dan syauran, dan memperbanyak waktu istirahat. Tidak lupa, tetaplah berolahraga.Anda bisa menggunakan gym ball saat berolahraga. Olahraga dengan gym ball dapat membantu menguatkan otot-otot untuk persalinan sekaligus merelaksasi pegal-pegal yang semakin Anda rasakan di penghujung masa kehamilan ini.
  • Lengkapi persiapan persalinan

Bila perlengkapan untuk bayi baru lahir dan Anda masih ada kurang, sebaiknya segera penuhi di minggu ini. Jangan menunda lagi karena sejak minggu ini, bayi bisa lahir kapan saja.Setelah mengetahui kondisi janin, ibu, dan hal-hal yang perlu dipersiapkan di usia kehamilan 37 minggu ini, diharapkan Anda semakin matang dan percaya diri menghadapi persalinan. Semangat!
melahirkanmenjaga kehamilanpersalinan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/37-weeks-pregnant
Diakses pada 29 September 2020
NHS. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/3rd-trimester/week-37/
Diakses pada 29 September 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/37-weeks-pregnant-4159250
Diakses pada 29 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-37.aspx
Diakses pada 29 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait