Hamil 33 Minggu, Ini Perkembangan Kondisi Ibu dan Janin

(0)
14 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ukuran perut semakin besar dan berat saat hamil 33 mingguPerut ibu semakin besar saat hamil 33 minggu
Memasuki usia hamil 33 minggu, ada beberapa hal yang dapat terjadi pada ibu dan janin. Ibu hamil biasanya akan sering merasa lelah dan kesulitan untuk tidur karena ukuran perut yang semakin besar.Persalinan prematur juga bisa terjadi pada usia kehamilan ini. Biasanya pilihan ini diambil ketika ibu hamil atau janin memiliki kondisi darurat dan berpotensi membahayakan nyawa, baik salah satu maupun keduanya, sehingga persalinan perlu dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya segala hal berkaitan dengan persalinan sudah mulai dipersiapkan.

Perkembangan janin 33 minggu

Setelah hamil 33 minggu atau setara dengan 8 bulan, janin pada kandungan sekarang sudah memiliki panjang sekitar 43,7 cm dengan berat badan sekitar 1,9 kg dari kepala hingga tumit. Otak dan sistem saraf janin sudah terbentuk secara utuh dan kemampuannya juga semakin bertambah.Berikut beberapa perkembangan yang umumnya terjadi pada janin:
  • Untuk mengatur aliran napas, janin sudah mulai sering melakukan gerakan mengisap dan menelan.
  • Janin akan sering haus dan meminum cairan ketuban. Hal ini juga dilakukan untuk mempersiapkan kondisi pencernaannya saat kelahiran nanti.
  • Janin sudah bisa membedakan siang dan malam karena kondisi cahaya yang menembus ke dalam kandungan sudah mulai bisa dibedakan. Saat tertidur, janin akan menutup matanya dan akan membuka matanya saat terbangun.
  • Tulang rangka janin sudah mulai mengeras.
  • Tulang tengkoraknya masih sedikit lunak dan lentur. Kelenturan pada tulang kepala ini akan membuat kelahirannya sedikit lebih mudah saat menyusuri jalan lahirnya nanti. Tulang tengkorak bayi baru akan mengeras setelah menginjak usia sekitar 12-18 bulan.
  • Detak jantung janin sudah mulai kuat dan teratur. Saat mereka bergerak atau saat Anda mengalami kontraksi, detak jantungnya juga akan mengalami perubahan.
  • Saat ini, janin sudah mulai memiliki kekebalan tubuhnya sendiri karena antibodi yang berasal dari ibu juga diteruskan kepada dirinya.

Perubahan kondisi ibu hamil 33 minggu

Memasuki usia kandungan 33 minggu, perut ibu hamil sudah sangat besar dan berat. Beberapa aktivitas biasa, seperti duduk atau bangun, mungkin akan terasa sulit karenanya.Ibu hamil mungkin akan mulai merasakan kesulitan untuk tidur karena tidak merasa nyaman. Gerakan dan tendangan janin juga akan terasa kian jelas dan kuat karena ia sudah semakin besar dan dinding rahim semakin tipis.Rasa lelah pasti sering terasa karena ibu hamil membawa beban tambahan pada kandungannya. Lebih dari itu, napas juga semakin pendek dan mudah terengah-engah.Ibu hamil dapat melakukan relaksasi supaya mencegah dan menghilangkan stres, serta beristirahat yang cukup. Istirahat dan relaksasi berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh sekaligus mental ibu hamil di usia hamil 33 minggu ini.Hawa panas dari dalam tubuh juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh berlangsung cepat seiring pertumbuhan janin. Jika ibu hamil merasakan tekanan pada panggul yang kian berat, tidak perlu khawatir karena hal tersebut biasanya mengindikasikan kondisi kepala bayi yang telah berputar menuju jalan lahir.Di usia hamil 33 minggu, gejala kontraksi palsu yang disebut sebagai Braxton Hicks juga terjadi. Saat mengalaminya, otot perut akan terasa tegang selama 20-30 detik, lalu kembali rileks. Kontraksi ini mungkin akan membuat ibu hamil terkejut, tapi umumnya tidak terasa menyakitkan.Selain kondisi-kondisi di atas, sebagian ibu hamil mungkin ada yang masih mengalami berbagai gejala khas kehamilan seperti minggu-minggu sebelumnya. Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda, termasuk seberapa lama atau seberapa berat gejala-gejala yang dirasakan saat hamil.Jadi tidak perlu khawatir jika ibu hamil masih mengalami ngidam, kaki bengkak, mual, melasma, atau gejala lainnya yang sudah berlangsung sejak hamil muda atau di trimeter kedua hingga usia hamil 33 minggu ini.

Waspadai hal-hal berikut ini

Kontraksi Braxton Hicks adalah hal yang wajar terjadi pada usia hamil 33 minggu. Namun, ibu hamil harus waspada jika kontraksi berlangsung berkali-kali dalam waktu dekat (minimal lima kali dalam satu jam) dan terasa menyakitkan.Bisa jadi kondisi tersebut mengindikasikan kontraksi sebelum melahirkan yang sesungguhnya. Hal ini juga menyebabkan ibu hamil harus melahirkan secara prematur.Persalinan prematur bisa disebabkan beberapa hal, seperti adanya komplikasi ataupun kondisi lainnya. Oleh karena itu, selain kontraksi, kenali dan waspadai tanda-tanda kelahiran prematur lainnya juga, seperti:Jika merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan diri dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Hal ini juga perlu dilakukan guna menghindari komplikasi lain yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin.
kontraksiperkembangan janin
NHS UK. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/3rd-trimester/week-33/
Diakses 1 September 2020
The Bump. https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/33-weeks-pregnant
Diakses 1 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-33.aspx
Diakses 1 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait