Hamil 24 Minggu, Ini yang Terjadi pada Janin dan Ibu

(0)
Janin usia hamil 24 minggu terus tumbuh serta beberapa organ dalam tubuhnya semakin berkembang dengan baikWajah bayi mulai terbentuk sempurna di usia kehamilan 24 minggu
Di usia hamil 24 minggu, ukuran janin di dalam rahim semakin bertambah sehingga membuat perut ibu semakin membesar. Pertambahan ukuran janin ini juga diiringi dengan perkembangan kemampuan yang diperlihatkan oleh si jabang bayi.Simak perkembangan janin 24 minggu dalam kandungan serta perubahan kondisi yang dialami oleh ibu hamil dalam artikel berikut ini.

Perkembangan yang terjadi pada janin 24 minggu

Pada usia hamil 24 minggu wajah bayi sudah mulai terbentuk dengan sempurna
Wajah, telinga, dan paru-paru bayi berkembang dengan baik di usia kehamilan ini
Pada usia hamil 24 minggu, ukuran janin dalam kandungan sudah seukuran bonggol jagung.Ini berarti, bayi Anda kira-kira sudah sepanjang 30 sentimeter dari ujung kepala sampai tumit dengan berat mencapai 680 gram.Tak hanya pertambahan ukuran janin, adapun beberapa perkembangan yang terjadi pada janin 24 minggu, yaitu:

1. Wajah bayi mulai terbentuk sempurna

Jika penasaran dengan paras wajah Si Kecil, Anda sudah dapat melihatnya ketika melakukan pemeriksaan USG di usia hamil 24 minggu.Pasalnya, wajah janin 24 minggu sudah terbentuk sempurna lengkap dengan alis, bulu mata, kelopak mata, dan rambutnya.

2. Telinga janin semakin berkembang dengan baik

Organ telinga bagian dalam janin juga semakin berkembang dengan baik pada usia hamil 24 minggu. Dengan ini, kemampuan keseimbangan dan pendengaran Si Kecil juga kian berkembang.Hal tersebut membuat bayi Anda mengetahui posisinya di rahim saat itu. Misalnya, apakah ia dalam posisi tegak atau terbalik.Selain itu, janin 24 minggu juga sudah dapat mendengar dan merespons suara dengan jelas. Hebat, bukan?

3. Paru-paru janin mulai berkembang

Pada usia hamil 24 minggu, paru-paru janin juga sudah mulai berkembang.Bahkan, pada usia kehamilan ini, organ tersebut sudah bercabang dan membentuk alveolus atau kantung udara.Fungsi alveolus ini yang memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida ketika bayi sudah lahir ke dunia.Selama di dalam rahim pula, paru-paru bayi akan mulai memproduksi zat surfaktan. Surfaktan adalah zat alami yang mampu membuat bayi bernapas dengan baik ketika sudah dilahirkan.

4. Berat bayi dalam kandungan kian bertambah

Berat bayi dalam kandungan semakin bertambah pada usia hamil 24 minggu. Tak heran apabila berat janin 24 minggu bisa mencapai 680 gram.Salah satu faktor yang menyebabkan penambahan berat badan bayi dalam kandungan adalah pertumbuhan lemak.Fungsi lemak tidak hanya melindungi kulit bayi, melainkan juga membantu mempertahankan panas tubuh serta mengatur suhu tubuh bayi. 

Perubahan yang dialami ibu pada usia hamil 24 minggu

Seiring dengan perkembangan janin 24 minggu yang sudah disebutkan di atas, ada berbagai perubahan yang dialami ibu pada usia kehamilan 6 bulan ini, yaitu:

1. Perut semakin membesar

Perut semakin membesar di usia hamil 24 minggu
Perut kian membesar diiringi dengan pusar mencuat ke luar
Salah satu perubahan yang dialami ibu pada usia hamil 24 minggu adalah perut semakin membesar.Pada usia kehamilan ini, bagian atas rahim Anda sudah berada di atas pusar. Ini berarti kira-kira bentuk perut Anda sudah menyerupai bola sepak.Kondisi perut yang semakin membesar akan mendorong pusar makin mencuat ke luar.Namun, Anda tak perlu khawatir karena pusar yang mencuat ke luar dapat kembali normal beberapa bulan pascamelahirkan.

2. Berat badan meningkat

Memasuki usia hamil 24 minggu, ibu akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 6-7 kilogram seiring dengan penambahan berat badan bayi dalam kandungan.Ini merupakan hal yang normal terjadi dan Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.Akan tetapi, jumlah peningkatan berat badan ibu pada usia hamil 24 minggu tersebut tidak dapat dijadikan patokan. Sebab, setiap ibu hamil memiliki kondisi awal kehamilan yang berbeda-beda.Alangkah baiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan guna mengetahui apakah peningkatan berat badan yang dialami pada usia kehamilan 24 minggu tergolong normal atau tidak.

3. Kesemutan dan mati rasa pada pergelangan tangan

Perubahan pada ibu yang dialami pada usia hamil 24 minggu adalah kesemutan dan mati rasa pada pergelangan tangan. Kondisi ini dikenal pula dengan sindrom carpal tunnel.Kesemutan dan mati rasa pada pergelangan tangan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.Umumnya, kondisi ini dapat terjadi akibat gerakan berulang menggunakan area pergelangan tangan dengan lebih sering. Misalnya, mengetik.Meski demikian, penyebab kesemutan dan mati rasa pada pergelangan tangan bisa bervariasi. Termasuk karena penumpukan cairan di satu area saja, seperti di pergelangan tangan.Anda dapat mengatasinya dengan cara mengistirahatkan area pergelangan tangan dengan melakukan peregangan.

4. Kemunculan linea nigra

Kemunculan linea nigra terjadi di usia hamil 24 minggu
Garis hitam di atas pusar adalah linea nigra
Selama usia kehamilan trimester kedua atau pada usia hamil 24 minggu, beberapa ibu akan melihat adanya garis hitam di area perut akibat adanya perubahan hormon.Biasanya, garis hitam yang dikenal dengan linea nigra ini akan memanjang dari tulang kemaluan hingga pusar atau di atas pusar. Walaupun dapat mengganggu penampilan, kemunculan linea nigra bukan hal yang membahayakan janin Anda.Garis linea nigra dapat memudar dalam kurun waktu beberapa minggu hingga bulan setelah Anda melahirkan Si Kecil.

5. Kulit gatal dan memerah

Kulit gatal dan memerah juga menjadi perubahan pada ibu di usia hamil 24 minggu akibat pengaruh perubahan hormon. Biasanya kemunculan rasa gatal dan memerah ini ada di telapak tangan dan di kaki.Pada dasarnya, kulit gatal dan memerah merupakan kondisi yang umum terjadi saat kehamilan.Namun, jika Anda merasa terganggu dan tidak nyaman akan kondisi ini, tak ada salahnya untuk menemui dokter kandungan.Munculnya rasa gatal dan memerah di kulit mungkin akan menghilang seiring dengan waktu persalinan tiba.Anda pun bisa meredakannya dengan merendam tangan dan kaki ke dalam air dingin atau menggunakan kompres dingin selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari.Selain itu, Anda juga dapat mencegah kemunculan kulit gatal dan memerah dengan tidak mandi air hangat terlalu lama dan menggunakan kaus kaki terlalu ketat.

6. Nyeri di ulu hati (heartburn)

Heartburn mungkin dialami oleh para ibu hamil di usia hamil 24 minggu
Gejala heartburn masih terjadi di usia kehamilan ini
Gangguan pencernaan, seperti asam lambung naik dan nyeri di ulu hati (heartburn) masih sering terjadi pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.Seiring bertambahnya usia kehamilan, rahim akan mengalami pembesaran. Janin akan membuat rahim semakin menekan ke atas dan membuat sistem pencernaan menjadi sulit untuk menjalankan fungsinya dengan optimal.Di samping itu, sistem pencernaan juga melambat selama kehamilan karena pengaruh estrogen. Ini berarti makanan yang Anda konsumsi bisa bertahan lama di saluran pencernaan.Jika asam lambung yang digunakan untuk mencerna makanan naik kembali ke kerongkongan maka dapat menimbulkan nyeri di ulu hati atau heartburn.

Cara menjaga usia kehamilan 24 minggu untuk janin dan ibu

Usia hamil 24 minggu mungkin rentan dengan kondisi diabetes gestasional
Tes skrining glukosa bisa dilakukan di usia hamil 24 minggu
Cara menjaga usia kehamilan 24 minggu untuk janin dan ibu adalah sebagai berikut:

1. Lakukan tes skrining glukosa

Pada usia hamil 24 minggu sampai dengan 28 minggu, ibu dapat melakukan tes skrining glukosa. Tes gula darah ini bertujuan untuk mendiagnosis apakah Anda mengidap diabetes gestasional atau tidak.Diabetes gestasional adalah kondisi kesehatan yang terjadi selama kehamilan akibat kadar gula darah tinggi pada ibu hamil.Gangguan medis tersebut dapat menyebabkan masalah pada bayi yang baru lahir, seperti kadar gula darah rendah. Kondisi diabetes gestasional dapat meningkatkan risiko seorang ibu hamil untuk operasi caesar saat persalinan lantaran ukuran bayi yang terlalu besar.Saat tes skrining glukosa dilakukan, ibu akan meminum larutan gula, lalu darah Anda akan diperiksa.Jika saat diperiksa gula darah Anda terlalu tinggi, maka Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.Diabetes gestasional dapat diatasi dengan menerapkan pola makan yang benar, olahraga teratur, bahkan terkadang harus mengonsumsi obat-obatan, seperti insulin.

2. Pengukuran tinggi fundus uteri

Saat melakukan kontrol kehamilan di usia hamil 24 minggu, dokter mungkin akan mengukur tinggi fundus uteri ibu hamil.Pengukuran fundus uteri bertujuan untuk mengetahui perkiraan ukuran tubuh bayi dan perkembangan janin dalam kandungan pada usia trimester kehamilan kedua.Untuk mengetahui tinggi fundus uteri, dokter akan mengukur jarak antara tulang pubis yang berada sedikit di atas tumbuhnya rambut kemaluan, ke bagian atas rahim.Pada kondisi normal, ukuran tinggi fundus uteri tidak akan jauh berbeda dari usia kehamilan Anda.Jika usia hamil 24 minggu, maka tinggi fundus uteri Anda biasanya akan berkisar pada 24 sentimeter.

3. Perbanyak konsumsi protein

Pada usia kehamilan 24 minggu, Anda membutuhkan asupan protein lebih banyak.Bahkan, selama kehamilan, paling tidak Anda membutuhkan tiga porsi protein atau setara dengan 75 gram setiap harinya.Protein terdiri dari asam amino yang dapat menyempurnakan sel-sel organ tubuh Si Kecil.Terutama otak janin yang membutuhkan asam amino guna meningkatkan kemampuan bayi Anda dalam bernapas, berjalan, dan berbicara saat ia sudah lahir nanti.

4. Lakukan senam Kegel

Jika Anda belum pernah memulai senam Kegel, maka ini saat yang tepat untuk melakukannya. Senam Kegel dapat memperkuat dan mengencangkan otot dasar panggul di area vagina dan seluruh area perineum.Lihat perkembangan usia kehamilan 25 minggu di siniDi usia kehamilan 24 minggu, perkembangan janin terus terjadi disertai perubahan yang dialami oleh ibu.Maka, sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin pada masa ini. Ingat, kurang lebih tinggal 3 bulan lagi Anda akan bertemu dengan Si Kecil.Jika ada pertanyaan seputar usia hamil 24 minggu, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilanhamilkehamilantrimesteribu hamil
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-24.aspx
Diakses pada 21 September 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/week24.html
Diakses pada 21 September 2020
Baby Center. babycenter.com/pregnancy/week-by-week/24-weeks-pregnant
Diakses pada 21 September 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/24-weeks-pregnant-4159040
Diakses pada 21 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait