Hamil 11 Minggu, Seperti Apa Perkembangan Kondisi Janin dan Ibu?

(0)
Perkembangan janin pada usia hamil 11 minggu adalah pembentukan kepala dan wajah bayiWajah, organ reproduksi, hingga folikel rambut bayi mulai terbentuk dan berkembang
Rasanya menyenangkan sekali bagi para ibu yang tengah menginjak usia hamil 11 minggu. Pada periode ini, janin dalam kandungan terus mengalami perkembangan. Sementara itu, ibu hamil juga merasakan berbagai perubahan dalam dirinya. Simak apa saja yang terjadi pada usia hamil 11 minggu dalam artikel berikut ini.

Perkembangan janin pada usia hamil 11 minggu

Pada usia hamil 11 minggu, janin sudah mulai membentuk kepala dan wajah
Organ reproduksi janin 11 minggu sudah mulai terbentuk pada usia ini
Pada usia hamil 11 minggu, perkembangan janin dalam kandungan sudah sebesar buah stroberi. Kira-kira, janin Anda sudah memiliki panjang sekitar 5 sentimeter dari ujung kepala sampai tumit.Meski masih sangat kecil, beberapa perkembangan yang terjadi pada usia janin 11 minggu, antara lain:

1. Pembentukan kepala dan wajah bayi

Salah satu perkembangan janin pada usia hamil 11 minggu adalah pembentukan kepala dan wajah bayi.Kepala bayi umumnya masih sangat besar, bahkan panjangnya setengah dari seluruh panjang tubuhnya.Wajah bayi pun sudah mulai terbentuk. Begitu pula dengan mata, hidung, mulut, dan terutama telinga yang sudah mendekati posisi akhir di kedua sisi.Akan tetapi, kelopak mata bayi masih menutup pada periode kehamilan minggu ini. Kelopak mata bayi akan terbentuk dan terbuka pada usia hamil 24 minggu.

2. Perkembangan organ reproduksi bayi

Memasuki usia kehamilan 11 minggu, organ reproduksi bayi Anda mulai berkembang. Namun, masih terlalu dini jika ingin mengetahui jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan ultrasound (USG).Pasalnya, alat kelamin bayi belum muncul sampai akhir minggu ke-11 dan baru akan terlihat dengan jelas pada minggu ke-14 kehamilan.

3. Pertumbuhan folikel rambut

Folikel rambut janin dalam kandungan memasuki minggu ke-11 kehamilan juga mulai muncul dan tumbuh. Tidak hanya di bagian kepala, folikel rambut juga muncul di sekujur tubuh bayi.

4. Pertumbuhan jari tangan dan kaki bayi

Selain folikel rambut, jari tangan dan kaki bayi Anda semakin tumbuh dengan jelas. Dengan demikian, tampilannya sudah tidak lagi berselaput seperti katak.Seiring dengan pertumbuhan jari, perkembangan kuku jari tangan dan kaki janin usia 11 minggu juga mulai tumbuh.

Perubahan pada ibu pada usia kehamilan 11 minggu

Pada usia hamil 11 minggu, ibu hamil sering buang air kecil
Sering buang air kecil jadi tanda-tanda hamil 11 minggu
Di usia hamil 11 minggu, Anda sudah mulai kembali bertenaga. Sebab, morning sickness atau mual yang biasanya dirasakan pada awal-awal minggu kehamilan kini sudah semakin berkurang.Meski tonjolan perut Anda memang belum terlihat membesar, tetap ada perubahan pada ibu di usia kehamilan 11 minggu, yaitu:

1. Nafsu makan mulai meningkat

Memasuki usia kehamilan 11 minggu, Anda mungkin mulai mengalami peningkatan nafsu makan dibandingkan pada usia hamil minggu-minggu sebelumnya.Anda bisa meningkatkan berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta membatasi makanan cepat saji.Namun, Anda tidak perlu makan secara berlebihan, cukup makan dalam porsi yang cukup tetapi frekuensinya lebih sering.Dengan ini, ibu hamil jadi lebih sehat dan janin dalam kandungan mendapat nutrisi yang cukup.

2. Perut kembung

Ada perubahan kondisi di dalam perut seiring dengan peningkatan usia kehamilan Anda, yakni perut kembung. Kondisi ini biasanya akan memburuk terutama setelah ibu hamil mengonsumsi makanan.Perut kembung yang merupakan salah satu tanda hamil pada perut ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron sehingga mengakibatkan sistem pencernaan melambat.Ketika sistem pencernaan melambat, makanan yang Anda konsumsi akan bertahan lebih lama di dalam perut serta gas di dalam saluran cerna jadi menumpuk.Akibatnya, dibutuhkan waktu lebih lama agar nutrisi makanan diserap oleh aliran darah dan diteruskan ke janin dalam kandungan.Penumpukan gas di dalam perut inilah yang juga kerap membuat Anda bersendawa dan buang angin. Di samping itu, saat rahim semakin membesar seiring peningkatan usia kehamilan, ia akan menekan saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung saat hamil.

3. Sembelit

Pada usia hamil 11 minggu, ibu hamil juga mungkin mengalami sembelit akibat hormon yang memperlambat pencernaan.Cara mengatasi sembelit saat hamil adalah dengan memastikan diri Anda mendapat asupan air putih yang cukup dan tetap aktif bergerak.

4. Sensasi panas pada ulu hati (heartburn)

Tak hanya sembelit, ibu hamil juga mungkin merasa sensasi panas pada ulu hati atau dikenal dengan istilah heartburn. Sebagian besar wanita hamil mengalami heartburn pada usia kehamilan trimester pertama.Kondisi ini disebabkan oleh hormon yang melemaskan katup antara perut dan kerongkongan Anda.

5. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga menjadi gejala hamil 11 minggu. Hal ini disebabkan oleh hormon hCG, yang meningkatkan aliran darah ke area pinggul dan ginjal. Akibatnya, Anda jadi sering buang air kecil.Kendati demikian, bukan berarti kondisi ini membuat Anda mengurangi asupan cairan dalam tubuh, ya.Sebab, Anda dan janin tetap membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin pada usia hamil 11 minggu?

Beberapa cara menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan pada usia hamil 11 minggu yang dapat dilakukan adalah:

1. Minum banyak air putih

Salah satu cara menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan pada usia hamil 11 minggu adalah dengan mencukupi asupan air putih.Minum banyak air putih dapat membantu Anda dan janin tetap terhidrasi dengan baik serta mencegah Anda dari kondisi sembelit atau kaki kram saat tidur di malam hariSebaiknya, hindari konsumsi minuman mengandung kafein karena memiliki efek diuretik. Kondisi ini yang dapat meningkatkan risiko Anda semakin sering buang air kecil.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Makan makanan yang sehat juga penting bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan pada usia hamil 11 minggu.Pilihlah makanan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral, serta sebisa mungkin hindari makanan cepat saji yang mengandung tinggi lemak dan garam.Untuk mengatasi perut kembung saat hamil muda, sebaiknya Anda menghindari jenis-jenis makanan yang dapat membuat perut kembung, seperti kol, kubis, kacang-kacangan, gorengan, dan lainnya.

3. Rutin memeriksakan kehamilan

Pada usia hamil 11 minggu, dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan kehamilan trimester pertama guna melihat perkembangan janin 11 minggu.Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan yang meliputi, pemeriksaan ultrasound (USG) bernama Nuchal Translucency Screening (NTS) dan tes darah mulai dari minggu ke-11 hingga minggu ke-14.Skrining NTS adalah pemeriksaan USG yang dilakukan untuk mengukur ruang berisi cairan di belakang leher bayi.Ini merupakan tes untuk menganalisis dan melihat kelainan kromosom dan kelainan genetik pada janin, seperti Down syndrome.Jika hasilnya menunjukkan keabnormalan, bukan berarti bayi Anda mengalami kondisi tersebut. Akan tetapi, ini artinya dokter akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan guna mengetahui manfaat dan risiko tes pemeriksaan ini.

Catatan dari SehatQ

Usia hamil 11 minggu merupakan bagian dari perjalanan kehamilan yang sangat berarti bagi para orangtua.Terlebih pada usia kehamilan 11 minggu, janin sudah mulai tampak semakin mirip dengan seorang bayi seutuhnya.Di sisi lain, ibu hamil juga turut mengalami serangkaian gejala kehamilan yang merupakan bagian dari perubahan yang terjadi.Maka dari itu, penting bagi ibu dan ayah, agar tetap memantau perkembangan hamil 11 minggu dengan baik. Segera temui dokter kandungan apabila Anda mengalami tanda-tanda kehamilan yang tidak biasa.
menjaga kehamilanhamilkehamilantrimester pertama kehamilan
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/11-weeks-pregnant
Diakses pada 9 September 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/week11.html
Diakses pada 9 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-11.aspx
Diakses pada 9 September 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/11-weeks-pregnant-4158930
Diakses pada 9 September 2020
The Bump. https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/11-weeks-pregnant
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait