6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demam


Hal yang tidak boleh dilakukan saat demam, di antaranya tidak beristirahat, menggunakan selimut berlapis-lapis, dan mandi air dingin. Jika dilakukan, hal tersebut dapat memperburuk kondisi Anda.

0,0
27 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Hal yang tidak boleh dilakukan saat demam harus dihindari agar tidak semakin parahDemam dapat menandakan ada sesuatu yang terjadi pada tubuh
Tahukah Anda kalau ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat demam? Demam merupakan gejala dari penyakit tertentu, seperti flu atau Covid-19. Kondisi ini terjadi ketika suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius atau lebih. Demam dapat menandakan bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tubuh Anda, misalnya infeksi. Ketika terkena demam, tak jarang tubuh menggigil, lemas, sakit kepala, nafsu makan menurun, dan rentan dehidrasi.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat demam

Ada beberapa hal yang bisa memperburuk kondisi demam yang Anda alami. Supaya bisa cepat sembuh, sebaiknya Anda menghindari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat demam berikut ini.

1. Tidak beristirahat

Memaksakan diri untuk beraktivitas dan tidak beristiharat saat demam bisa membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama. Sebab, aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Anda disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup saat demam supaya kondisi segera pulih. Jika perlu, lakukanlah tirah baring (bed rest) supaya tubuh Anda benar-benar beristirahat.

2. Menggunakan selimut berlapis-lapis

beristirahat saat demam
Hindari menggunakan selimut berlapis-lapis saat demam
Ketika tubuh menggigil karena demam, Anda mungkin langsung menggunakan selimut berlapis-lapis untuk menghangatkan tubuh. Namun, tahukah Anda kalau kebiasaan ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan saat demam?Menggunakan selimut berlapis-lapis justru dapat memerangkap panas sehingga menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan sulit turun lagi. Selain itu, Anda juga bisa mengalami dehidrasi dan merasakan ketidaknyamanan.

3. Bermain gawai

Penggunaan gawai dapat menjadi hal yang sulit dihindari, bahkan dalam keadaan demam atau sakit sekalipun. Padahal, kebiasaan ini sebaiknya dihindari dulu sampai Anda benar-benar sembuh. Bermain gawai dalam waktu yang lama bisa membuat otot leher tegang, bahkan menyebabkan nyeri saraf yang menjalar ke punggung, bahu, atau lengan.Kondisi ini tentunya bisa menambah ketidaknyamanan akibat demam yang Anda rasakan. Selain itu, cahaya biru dari gawai dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh sehingga bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Jadi, Anda diharapkan untuk benar-benar beristirahat.

4. Mandi air dingin

mandi air dingin
Mandi air dingin saat demam bisa menyebabkan tubuh menggigil
Walaupun terdengar menyegarkan, mandi air dingin saat demam sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini dapat menurunkan suhu tubuh Anda untuk sementara, kemudian meningkatkan suhu internal tubuh dengan cepat sehingga menyebabkan Anda menggigil.Selain mandi air dingin, kompres dingin juga tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam. Kompres dingin bisa meningkatkan pusat pengatur suhu hipotalamus yang memicu suhu tubuh semakin naik. Sebaiknya, kompres dengan air bersuhu normal yang tidak hangat dan tidak dingin.

5. Mengonsumsi obat penurun panas terlalu banyak

Hal yang tidak boleh dilakukan saat demam selanjutnya adalah mengonsumsi obat penurun panas secara berlebihan. Bukan hanya tidak efektif, tindakan ini juga bisa membahayakan diri Anda.Mengonsumsi obat penurun panas secara berlebihan tidak akan membuat suhu tubuh lebih cepat turun, justru malah berisiko merusak organ. Overdosis acetaminophen menjadi salah satu penyebab paling umum anak-anak dirawat di UGD.

6. Mengonsumsi makanan tertentu

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat demam, terutama yang mengandung banyak gula. Misalnya, saus tomat, permen, sereal, atau minuman berenergi. Makanan tersebut nutrisinya rendah dan dapat menyebabkan peradangan pada sistem kekebalan tubuh Anda.Akibatnya, penyembuhan demam yang Anda alami menjadi semakin lambat. Selain memerhatikan makanan yang tidak boleh dimakan saat demam, minuman seperti kafein dan alkohol juga harus dihindari karena dapat menyebabkan dehidrasi.Itulah beberapa hal yang perlu dihindari sekaligus makanan yang tidak boleh dimakan saat demam. Jika demam tidak kunjung membaik setelah 3 hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal yang harus dilakukan saat demam

Hal yang tidak boleh dilakukan saat demam tentunya perlu dihindari. Di samping itu, ada pula beberapa anjuran yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan kondisi Anda, yaitu:
  • Mengonsumsi obat penurun demam sesuai petunjuk penggunaan atau resep dokter
  • Mandi air hangat
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dan mengonsumsi sup
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak membuat gerah
  • Istirahat dengan cukup
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
Berbagai hal di atas penting untuk dilakukan agar kondisi Anda bisa segera pulih. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar demam, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
demampenurun panassuhu tubuh
Web MD. https://www.webmd.com/first-aid/fevers-causes-symptoms-treatments
Diakses pada 13 Juli 2021
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/penanganan-demam-pada-anak
Diakses pada 13 Juli 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/diagnosis-treatment/drc-20352764
Diakses pada 13 Juli 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/fevers-and-chills-770260
Diakses pada 13 Juli 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/safe-ways-to-treat-a-fever-4023633
Diakses pada 13 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/18-surprising-foods-high-in-sugar#2.-Barbecue-(BBQ)-sauce
Diakses pada 13 Juli 2021
On Health. https://www.onhealth.com/content/1/dangers_cell_phone_health
Diakses pada 13 Juli 2021
Wexner Medical. https://wexnermedical.osu.edu/blog/foods-to-avoid-with-flu
Diakses pada 13 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait