Memasuki usia hamil 14 minggu, janin menunjukkan berbagai perkembangan baru
Perut ibu akan semakin membesar memasuki masa kehamilan 14 minggu

Memasuki masa kehamilan 14 minggu, menandakan Anda telah berada di trimester kedua kehamilan. Trimester ini cenderung lebih 'aman' ketimbang trimester pertama dan ketiga sehingga ada banyak hal yang Anda dapat lakukan.

Ketika hamil 14 minggu, terjadi berbagai perkembangan pada janin yang mengesankan. Beberapa perubahan yang cukup signifikan bahkan juga terjadi pada ibu di minggu ini. 

Perkembangan janin ketika hamil 14 minggu

Ketika usia kehamilan menginjak 14 minggu, janin umumnya akan semakin besar hingga memiliki berat sekitar 0,05 kg dengan panjang kurang lebih 7-10 cm.

Jika diibaratkan sebagai buah, pada minggu ini janin berukuran sebesar lemon. Dalam fase kehamilan ini, berikut beberapa perkembangan yang terjadi pada janin:

  • Janin dapat menciptakan ekspresi wajah dengan menyipitkan mata, mengerutkan kening atau meringis. Ini disebabkan oleh otot-otot wajahnya yang telah berkembang.
  • Ginjal janin juga dapat menghasilkan urine yang dikeluarkan ke dalam cairan ketuban. Tak hanya itu, hati janin pun mulai memproduksi empedu.
  • Jantung janin dapat memompa 25 liter darah setiap hari, serta usus mulai mempersiapkan buang air besar pertama janin.
  • Alat kelamin janin telah sepenuhnya berkembang, namun masih terlalu sulit untuk dilihat pada USG. Sebagian besar orang mengetahui jenis kelamin janin pada minggu ke-18 sampai 20 kehamilan.
  • Kelenjar tiroid janin telah cukup matang untuk mengeluarkan hormon.
  • Lengan janin mulai memanjang dan proporsional. Bahkan kekuatan otot dan struktur tulangnya berkembang hingga postur janin menjadi lurus.
  • Tumbuh rambut halus di tubuh, alis, dan kepala janin.

Berbagai perkembangan yang terjadi pada janin perlu Anda pantau secara rutin melalui pemeriksaan kehamilan ke dokter. Hal ini juga dapat membantu Anda mendeteksi sedini mungkin jika terdapat masalah pada janin.

Perubahan pada ibu ketika hamil 14 minggu

Memasuki trimester kedua, risiko keguguran menjadi semakin kecil. Di usia kehamilan 14 minggu ini, umumnya perut terlihat sedikit membesar. Meski demikian, mungkin tidak berlaku untuk semua ibu hamil karena bergantung pada tinggi dan bentuk tubuh ibu, serta kehamilan pertama ataukah bukan.

Pada usia kehamilan 14 minggu, gejala-gejala kehamilan tak separah di trimester pertama. Jika di minggu-minggu sebelumnya ibu merasa sangat lelah karena tubuh bekerja keras untuk membentuk plasenta, pada minggu ini kelelahan cenderung memudar karena plasenta hampir sepenuhnya telah terbentuk.

Tubuh pun akhirnya dapat beristirahat dan menghasilkan energi baru. Pada tahap kehamilan ini, tubuh ibu mengalami berbagai perubahan, yaitu:

  • Merasa lebih segar karena meningkatnya energi
  • Payudara tidak begitu terasa nyeri
  • Morning sickness lebih ringan
  • Nafsu makan bertambah
  • Meningkatnya berat badan
  • Suasana hati lebih stabil.

Menjalani gaya hidup sehat dan menghindari stres sangat penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan Anda maupun janin. Pastikan juga ibu dan janin mendapat nutrisi yang cukup agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

Sempatkan untuk berolahraga dengan berjalan kaki di pagi hari selama 15 menit. Tak hanya itu, yoga ataupun berenang juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk ibu hamil. Rutin berolahraga dapat membuat Anda merasa lebih baik, serta membuat kehamilan menjadi lebih sehat.

Trimester kedua ini dianggap menjadi waktu yang tepat bagi ibu hamil jika ingin bepergian, selama tidak memiliki masalah medis apa pun. Ini karena gejala-gejala kehamilan yang dialami ibu mulai terasa ringan. Namun, sebelum bepergian sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk memastikan keamanannya.

Periode ini juga menjadi waktu yang nyaman bagi Anda untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan karena perut belum terlalu besar dan rasa mual sudah relatif berkurang. Ibu hamil kemungkinan memiliki keinginan untuk berhubungan seks yang tinggi karena dorongan hormon. Selama tak ada masalah dalam kehamilan, maka kegiatan ini aman dilakukan.

Jika Anda mengalami gejala tak biasa, seperti pendarahan di vagina, bocornya ketuban, demam, nyeri perut hebat, morning sickness yang memburuk, sakit kepala, dan penglihatan kabur, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter.

Banner Telemed