Perawatan Setelah Cabut Gigi, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan


Setelah cabut gigi, masih ada risiko komplikasi yang perlu diwaspadai, sehingga perlu perawatan yang baik. Salah satunya seperti menghindari makanan yang terlalu panas dan keras.

0,0
perawatan setelah cabut gigi salah satunya adalah tidka makan makanan panasSebelum cabut gigi, sangat penting untuk memberi tahu kepada dokter tentang riwayat penyakit Anda
Prosedur cabut gigi adalah aktivitas medis yang bisa menimbulkan efek samping. Setelah cabut gigi, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan komplikasi seperti gusi bengkak hingga dry socketUntuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, Anda perlu tahu perawatan setelah cabut gigi yang benar. 

Apa yang harus dilakukan setelah cabut gigi?

Meski gigi yang sakit sudah dicabut, Anda tetap akan merasakan nyeri setelah cabut gigi. Merupakan hal yang normal juga jika gigi Anda masih berdarah, bengkak, atau memar dalam beberapa saat setelah operasi.Untuk itu, dokter juga akan membekali Anda dengan obat-obatan, termasuk antibiotik, untuk meredakan nyeri atau bengkak pada gigi setelah dicabut.Berikut adalah hal yang boleh dan hal yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi:
  • Hindari berkumur serta makan dan minum panas dalam 24 jam setelah cabut gigi
  • Jika area cabut gigi berdarah, bersihkan dengan kain bersih yang ditekan secara lembut
  • Jangan lupa minum obat yang diresepkan dokter hingga nyeri dan bengkak mereda
  • Makan makanan lembut hingga gigi Anda bisa kembali berfungsi secara normal
  • Sikat gigi dengan sikat yang lembut, bila perlu dengan sikat gigi anak
  • Jangan merokok
Setelah cabut gigi biasanya pasien akan merasakan nyeri

Perawatan setelah cabut gigi

Agar proses pemulihan bisa berjalan lancar, ada beberapa perawatan setelah cabut gigi yang perlu Anda terapkan. Berikut beberapa anjuran perawatan yang bisa Anda lakukan dirubah setelah cabut gigi:

1. Minum obat penghilang rasa sakit

Setelah proses pencabutan gigi, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen hingga paracetamol. Minum obat langsung setelah cabut gigi dan pastikan antibiotik yang diberikan dokter dihabiskan.

2. Kompres gusi gigi yang dicabut dengan air dingin

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak setelah cabut gigi adalah dengan mengompresnya dengan air dingin atau es batu di sisi pipi yang terasa nyeri sekitar 10-20 menit.

3. Ganti kasa secara rutin

Cara menghentikan perdarahan setelah cabut gigi adalah menekan lubang pencabutan dengan kain kasa. Ganti kain kasa yang telah digenangi darah.Kapan kapas boleh dilepas setelah cabut gigi? ,Anda sebaiknya tidak menggunakan kain kasa terlalu lama, yakni hanya digunakan beberapa jam saja setelah gigi dicabut.

4. Tidak menyikat lubang bekas cabutan

Agar gumpalan darah setelah cabut gigi tidak rusak dan hilang, hindari menggosok gigi di area pencabutan. Dikutip dari NHS, hindari menyikat gigi di area pencabutan ini selama 3-4 hari ke depan, atau hingga gumpalan darah terbentuk dengan baik.

5. Makan makanan yang lembut

Setelah gigi dicabut, Anda hanya boleh makan atau minum yang lunak dan dengan suhu suam-suam kuku. Hindari makanan atau minuman yang panas, dan bertekstur keras. 

6. Memberikan gel chlorine dioxide

Tanyakan dokter gigi Anda untuk memberikan gel chlorine dioxide. Gel ini berperan sebagai obat penyembuhan terbaik untuk merawat gusi setelah gigi dicabut.Baca juga: Jenis Makanan Setelah Cabut Gigi yang Aman Dikonsumsi dan Pantangannya

Berapa lama proses penyembuhan setelah cabut gigi?

Dikutip dari National Health Service, proses penyembuhan setelah cabut gigi berlangsung paling lama dua minggu. Namun, berapa lama gusi menutup setelah cabut gigi bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada kondisi lubang pencabutan. Gusi bisa menutup dengan sempurna bahkan hingga hitungan bulan.Baca juga: Mengenal Proses Cabut Gigi dari Awal Hingga Akhir

Risiko cabut gigi

Pada dasarnya, cabut gigi adalah prosedur yang aman, baik ketika Anda melakukan cabut gigi susu maupun cabut gigi geraham. Hanya saja, ada kemungkinan kecil Anda akan mengalami masalah setelah cabut gigi, misalnya:
  • Kantong gigi kering (dry socket): terjadi ketika darah tidak keluar dan mengisi kantong yang dahulu berisi gigi sehingga mengekspos tulang di dalam kantong gigi tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, dokter akan memberi obat khusus untuk menutupi tulang tersebut.
  • Pendarahan yang berlangsung lebih dari 12 jam
  • Infeksi pada bekas gigi yang dicabut, ditandai dengan demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Batuk
  • Nyeri dada dan napas tersengal
  • Bengkak dan kemerahan di sekitar area operasi yang tidak sembuh setelah Anda meminum antibiotik.
Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera hubungi dokter gigi yang menangani Anda.Jika ingin berkonsultasi secara langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kesehatan gigi
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/pulling-a-tooth-tooth-extraction#1
Diakses pada 22 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/tooth-extraction#preparation
Diakses pada 22 Agustus 2019
NHS England. https://www.england.nhs.uk/mids-east/wp-content/uploads/sites/7/2017/07/pt-info-leaflet-extractions.pdf
Diakses pada 22 Agustus 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait