9 Hal yang Dilakukan untuk Pertolongan Pertama Alergi Udang

(0)
09 Sep 2020|Azelia Trifiana
Pertolongan pertama alergi udang yang dapat Anda lakukan adalah segera mencari bantuan medisSegera hubungi pihak medis ketika seseorang mengalami gejala alergi udang yang parah
Sebagian orang mengalami alergi ketika mengonsumsi hewan bercangkang seperti udang. Umumnya, reaksi alergi ini muncul karena kandungan protein yang cukup tinggi. Meski sebagian reaksi alergi udang terbilang ringan, dalam beberapa keadaan efeknya bisa mengancam nyawa. Segera cari pertolongan medis sebagai bentuk pertolongan pertama alergi udang.Tak hanya udang, ada banyak jenis hewan air bercangkang yang rentan memicu reaksi alergi seperti kepiting, lobster, kerang, dan lainnya.Meskipun begitu terkadang ada orang yang alergi hanya ke satu jenis hewan saja dan tidak alergi saat mengonsumsi yang lainnya.

Gejala alergi udang

Tubuh mengalami reaksi alergi ketika sistem imun salah mengira jenis protein tertentu sebagai zat berbahaya. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi dan histamin yang memicu gejala seperti:
  • Kulit gatal, ruam, atau tampak pucat
  • Kesulitan bernafas
  • Sakit kepala
  • Wajah membengkak
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Merasa lemah
  • Detak jantung lebih cepat
Selain beberapa gejala di atas, alergi juga dapat menyebabkan reaksi yang mengancam nyawa yaitu anafilaksis. Orang yang mengalaminya bisa kesulitan bernapas, tekanan darah turun drastis, hingga hilang kesadaran.

Pertolongan pertama alergi udang

Khusus dalam kondisi darurat ketika terjadi reaksi alergi anafilaksis, pertolongan pertama alergi udang adalah dengan memberikan suntikan epinephrine. Jika tidak tersedia, maka segera bawalah penderita ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan perawatan medis.Ketika Anda melihat kondisi semacam ini, berikut langkah pertolongan pertama alergi udang yang dapat Anda lakukan:
  1. Mencari bantuan medis darurat
  2. Mencari tahu apakah orang yang alergi membawa alat suntik epinephrine atau EpiPen
  3. Menenangkan orang yang sedang alergi
  4. Membantunya berbaring
  5. Naikkan posisi kaki lebih tinggi sekitar 30 cm dan beri selimut
  6. Jika muntah, baringkan dengan posisi miring
  7. Pastikan pakaian yang dikenakan cukup longgar
  8. Hindari memberikan minuman atau makanan apapun
  9. Hindari mengangkat kepalanya terutama jika mengalami kesulitan bernapas
Bagi orang yang kerap mengalami reaksi alergi anafilaksis, dokter biasanya menyarankan untuk membawa EpiPen ke manapun. Sebagai langkah antisipasi, ajarkan cara penggunaan EpiPen dengan menyuntikkan ke paha di saat darurat. Hal ini penting diajarkan terutama bagi keluarga dan orang terdekat.

Antisipasi mengalami reaksi alergi

Tentunya, langkah terbaik untuk mencegah mengalami reaksi alergi adalah dengan menghindari pemicunya. Pada orang dewasa, faktor risiko alergi udang lebih tinggi pada perempuan. Sementara pada anak-anak, laki-laki lebih sering mengalami alergi udang atau hewan air semacamnya.Beberapa langkah antisipasi agar tidak mengalami reaksi alergi adalah:
  • Waspada saat makan di luar

Ketika makan di restoran atau tempat yang baru dikunjungi, pastikan alat masak yang digunakan untuk memasak udang berbeda peruntukannya dengan makanan lain. Ini penting untuk menghindari cross-contamination. Sebaiknya, hindari makan di restoran yang menyediakan makanan laut karena risikonya lebih tinggi.
  • Baca label kemasan

Memang jarang masakan menggunakan hewan air seperti udang sebagai kandungan yang tidak terlihat alias hidden ingredient, namun tetap penting membaca terlebih dahulu label kemasannya. Terlebih, jika seseorang mengalami alergi tidak hanya terhadap udang saja tapi juga hewan air lainnya seperti kerang.
  • Jaga jarak

Ada orang yang dapat mengalami reaksi alergi meski hanya berada di sekitar tempat yang mengolah udang, tanpa mengonsumsinya sama sekali. Berhati-hatilah dengan menjaga jarak agar tidak menyentuh atau menghirup uap dari udang yang sedang dimasak.Setiap orang bisa mengalami reaksi alergi yang beragam, mulai dari ringan seperti hidung berair hingga yang parah dan bisa mengancam nyawa. Jika ingin memastikan apa saja makanan yang menjadi alergen, konsultasikan dengan dokter atau lakukan patch test.Dengan memastikan betul apa alergen yang dapat memicu reaksi alergi, langkah-langkah antisipasi pun bisa diambil. Terlebih, mengingat reaksi alergi karena udang bisa muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsinya.
penyakitgatalalergi seafood
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/shellfish-allergy/symptoms-causes/syc-20377503#:~:text=Shellfish%20allergy%20symptoms%20generally%20develop,other%20parts%20of%20the%20body
Diakses pada 20 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/allergic-reaction-treatment
Diakses pada 20 Agustus 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/allergies/seafood-allergy-fact-vs-fiction.aspx
Diakses pada 20 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait