5 Hal Penting yang Diperhatikan saat Merawat Orangtua di Rumah

(0)
22 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Merawat orangtua yang sudah lanjut usia bukanlah perkara mudahMerawat orangtua yang sudah lansia memerlukan perhatian dan upaya lebih
Memasuki usia lanjut, umumnya orangtua lebih memilih menghabiskan masa tuanya di rumah dibandingkan di panti jompo. Selain itu, banyak orang juga memutuskan untuk merawat orangtua yang sudah lansia di rumah.Namun, merawat orangtua yang sudah lanjut usia bukanlah perkara yang mudah. Bahkan, merawat lansia di rumah bisa dibilang sebagai salah satu hal yang paling menantang, apalagi jika mereka memiliki kondisi kesehatan tertentu yang perlu diperhatikan.

Perhatikan hal ini saat merawat orangtua yang sudah lansia di rumah

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan saat Anda memutuskan untuk merawat orangtua di rumah, yaitu:

1. Menentukan apa saja perawatan lansia yang perlu dilakukan

Saat Anda memutuskan untuk merawat orangtua di rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan berapa banyak perawatan lansia yang harus Anda penuhi. Sebab, merawat orangtua sehat dan yang sakit tentunya akan sangat berbeda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
  • Buatlah daftar tugas harian, mingguan, dan bulanan untuk menjabarkan perawatan lansia yang diperlukan.
  • Tentukan jadwal rutin sesuai dengan tugas yang telah didaftarkan, termasuk perawatan siang, malam, dan akhir pekan.
  • Jika tiba-tiba ada kebutuhan perawatan khusus di luar yang telah disusun, catat jenis perawatan lansia tersebut dan jadwalkan kembali untuk selanjutnya.
Setelah merawat orangtua selama satu minggu, maka Anda bisa mendapatkan gambaran rinci mengenai bentuk-bentuk perawatan yang dapat Anda lakukan. Hal ini sangat penting agar Anda dapat mengatur berapa banyak perawatan yang dapat Anda sediakan, tanpa harus merasa kewalahan.

2. Realistis dengan kemampuan Anda merawat lansia

Merawat orangtua, khususnya dengan kondisi kesehatan tertentu, bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, cobalah untuk minta pertolongan saat Anda membutuhkan bantuan orang lain. Bagilah beban dan tanggung jawab dengan pasangan, saudara, atau kerabat dekat lainnya.Anda mungkin bisa meminta menjalankan tugas merawat orangtua secara bergantian pada waktu-waktu tertentu. Hal ini dapat dibicarakan dan dirundingkan. Bahkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan caregiver di rumah jika hal tersebut memang dibutuhkan.

3. Siapkan makanan instan yang bernutrisi tinggi

Salah satu bentuk perawatan lansia yang cukup penting adalah mempersiapkan makanan kaya nutrisi. Tidak jarang, makan menjadi tantangan saat merawat orangtua karena mereka biasanya mulai kehilangan selera makan sehingga rentan kekurangan nutrisi.Oleh karena itu, sebaiknya Anda siapkan stok makanan atau minuman instan bergizi tinggi yang mudah ditelan dan dicerna oleh orangtua. Misalnya, biskuit susu atau susu kaya nutrisi yang kini banyak tersedia.

4. Memerhatikan diri sendiri

Melakukan berbagai perawatan lansia dapat membuat Anda melelahkan secara fisik dan mental. Oleh karena itu, Anda juga tidak boleh lupa untuk memerhatikan kesehatan diri sendiri.Hal ini adalah kunci penting dalam merawat orangtua. Utamakan kesehatan dan kebugaran diri sehingga Anda dapat menjalakan tugas merawat orangtua dengan baik.

5. Memperhitungkan beban finansial

Banyaknya perawatan lansia yang dibutuhkan dapat memengaruhi kondisi keuangan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, lakukan pengaturan keuangan yang baik ketika merawat orangtua.Anda juga tidak perlu ragu atau malu apabila sekiranya membutuhkan bantuan anggota keluarga yang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial saat merawat orangtua.

Tips merawat orangtua yang sudah lansia di kala pandemi

Video call lansia
Video call dapat membantu menjaga kesehatan mental lansia saat pandemi
Lansia termasuk golongan orang yang memiliki risiko tinggi pada pandemi Covid-19 ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam perawatan lansia di kala pandemi.

1. Jaga kesehatan diri dengan baik

Ini adalah hal yang paling utama. Jangan sampai Anda menjadi pembawa virus corona dan menularkan pada orangtua.Walaupun Anda merasa sehat, tetap lakukan semua protokol kesehatan dengan baik dan benar, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik saat sebelum dan sesudah memberikan perawatan ke orangtua, serta membersihkan permukaan benda yang sering disentuh dengan disinfektan.

2. Praktikkan jaga jarak secara konsisten

Menjaga jarak bukan berarti mengisolasi orangtua Anda. Anda dapat mengajak orangtua berjemur di depan rumah dan menyapa tetangga tanpa harus berdekatan dengan mereka.

3. Manfaatkan teknologi

Anda dapat menghubungi orang-orang yang mungkin dirindukan orangtua Anda dengan video call. Hal ini dapat sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental orangtua.

4. Lakukan aktivitas di rumah

Saat pandemi, Anda dan keluarga dapat merencanakan berbagai aktivitas menarik di rumah yang melibatkan orangtua. Manfaatkan kondisi ini untuk menjalin kedekatan dan kehangatan dengan orangtua.Pada masa pandemi, sebaiknya kurangi kunjungan ke dokter yang sifatnya tidak mendesak. Namun, jika orangtua yang Anda rawat memerlukan bantuan medis, sebaiknya selalu terapkan protokol kesehatan saat membawa orang lanjut usia keluar rumah.Apabila Anda punya pertanyaan seputar kesehatan lansia, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
lansiakesehatan lansia
Common Wise Care. https://www.commonwisecare.com/expert-tips-for-taking-care-of-an-elderly-parent-in-your-home/
Diakses 8 Maret 2021
Daily Caring. https://dailycaring.com/keeping-aging-parents-at-home-5-top-caregiving-tips/
Diakses 8 Maret 2021
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/coronavirus-caregiving-for-the-elderly
Diakses 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait