Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Injeksi Kolagen

03 Mei 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Reni Utari
Suntik kolagen membuat kulit lebih elastis dan halus.
Suntik kolagen membuat kulit lebih elastis dan halus.

Injeksi kolagen atau suntik kolagen dapat membuat kulit Anda lebih padat serta memberikan penampilan kulit yang lebih halus.

Meskipun kolagen adalah jenis filler yang paling dikenal, ada banyak zat lain yang dapat digunakan dokter untuk menambah kepadatan kulit Anda, termasuk lemak dari tubuh Anda sendiri dan bahan sintetis. Di bawah ini adalah penjelasan tentang cara kerja kolagen, diikuti oleh jenis-jenis filler suntik lain yang mungkin disarankan oleh dokter Anda.

Suntik Kolagen

Untuk mengerti tentang kolagen, pertama-tama Anda harus memahami kulit Anda terlebih dahulu. Kulit terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis, dan jaringan subkutan (hipodermis).

Lapisan paling atas, yang dikenal sebagai epidermis, mengontrol hilangnya air dari sel dan jaringan kulit. Tanpa lapisan ini, tubuh akan cepat mengalami dehidrasi.

Tepat di bawah epidermis terletak lapisan kedua, dermis. Kandungan utama di dalam dermis adalah protein yang disebut kolagen. Protein ini membentuk jaringan serat yang menyediakan kerangka kerja bagi pertumbuhan sel dan pembuluh darah.

Karena merupakan komponen utama dari dermis, kolagen bertindak sebagai struktur pendukung untuk kulit. Hipodermis adalah lapisan lemak dan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah dan saraf yang lebih besar.

Hipodermis bertanggung jawab untuk melindungi panas tubuh Anda dan melindungi organ-organ vital Anda.

Mengapa Muncul Garis-garis di Kulit?

Pada kulit muda, kerangka kolagen masih utuh dan kulit tetap lembap dan elastis. Kondisi kulit demikian masih mampu menahan banyak ekspresi wajah, serta paparan lingkungan sehari-hari. Namun seiring waktu, struktur pendukung tersebut dapat melemah dan kulit kehilangan elastisitasnya.

Kulit mulai kehilangan kesegarannya saat dukungan kolagen berkurang. Setiap kali Anda tersenyum, cemberut, atau mengernyit, Anda memberikan tekanan pada kolagen di kulit Anda. Efek dari ekspresi wajah ini adalah kerutan wajah yang mulai bermunculan.

Bagaimana Injeksi Kolagen Bekerja?

Injeksi kolagen mengisi kembali kolagen alami kulit. Keindahan alami kulit Anda ditingkatkan seiring pemulihan pada kontur struktur pendukung. Kolagen harus disuntikkan ke kulit Anda hanya oleh tenaga medis yang terlatih.

Dampak Suntik Kolagen pada Kulit

Sebelum mendapatkan injeksi kolagen, Anda mungkin akan mendapatkan suntikan kecil bius lokal untuk mematikan area yang sedang dirawat. Ada kemungkinan terjadi memar ringan dan Anda mungkin mengalami pembengkakan serta kemerahan di sekitar tempat yang dirawat.

Penting untuk mendiskusikan dengan dokter mengenai dampak yang dapat Anda harapkan dari setiap perawatan. Bersama-sama, Anda dapat memprioritaskan area wajah mana yang ingin dirawat dan mendiskusikan berapa banyak perawatan yang mungkin diperlukan beserta perkiraan biayanya.

Penting untuk mengetahui bahwa satu pengobatan mungkin tidak akan cukup untuk menghapus seluruh garis di wajah Anda. Anda juga mungkin akan membutuhkan perawatan lanjutan untuk menjaga efek yang dihasilkan oleh injeksi kolagen.

Berapa Banyak Injeksi Kolagen atau Filler yang Akan Dibutuhkan?

Berapa banyak yang dibutuhkan tergantung pada produk mana yang Anda gunakan. Sama seperti kolagen alami, kolagen injeksi ini lama-lama akan kehilangan bentuk dan akhirnya akan rusak.

Perawatan secara rutin mungkin memerlukan suntikan kolagen dua hingga empat kali setahun untuk mempertahankan efek yang diharapkan.

Bagaimana Cara Mengetahui Filler yang Tepat?

Anda dan dokter perlu mendiskusikan riwayat kesehatan Anda dan area yang ingin Anda tambahkan filler.

Jika Anda dan dokter Anda memutuskan injeksi yang tepat, dokter akan memulai dengan mengetes kulit di lengan bawah Anda untuk menentukan apakah Anda sensitif atau alergi terhadap zat yang digunakan.

Anda harus memperhatikan area tersebut dengan sangat hati-hati selama empat minggu. Kebanyakan tidak menunjukkan reaksi pada tes kulit ini.

Mengapa Krim Saja Tidak Cukup untuk Menghilangkan Garis?

Krim kolagen hanya bekerja di permukaan kulit. Pelembap dengan atau tanpa kolagen tidak dapat menembus kulit dan tidak dirancang untuk diserap.

Tidak ada pelembap yang dapat menghilangkan efek kumulatif dari hilangnya kolagen. Krim pada dasarnya hanya memperlambat laju kehilangan air dari kulit dan membantu menjaga kulit tetap kenyal.

Referensi

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/collagen-injections#1
Diakses pada Februari 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/facial-fillers/about/pac-20394072
Diakses pada Februari 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top