Hak Ibu dalam Keluarga yang Tidak Boleh Diabaikan

(0)
17 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada sejumlah hak ibu dalam keluarga yang harus dipenuhi ayah dan anggota keluarga lainnyaIbu berhak mendapatkan kasih sayang dari seluruh anggota keluarganya
Sama halnya seperti anggota keluarga lainnya, ibu juga memiliki tugas, kewajiban, dan hak dalam keluarga yang harus dipenuhi. Baik tugas, kewajiban, maupun hak ibu dalam keluarga, umumnya merupakan hasil kesepakatan bersama dengan ayah.Hak tersebut membuat ibu memiliki otoritas untuk mengambil berbagai keputusan dan tindakan untuk kepentingan keluarga. Ibu juga berbagi tugas dengan ayah untuk melakukan kewajibannya sebagai orangtua bagi anak-anaknya.Pembagian tugas ini bertujuan menciptakan keluarga yang harmonis dan bahagia bagi seluruh anggotanya. Seluruh hak, tugas, atau kewajiban ibu dalam keluarga merupakan bagian dari perannya sebagai orangtua.

Macam-macam hak ibu dalam keluarga

Ada sejumlah hak ibu dalam keluarga yang wajib dipenuhi. Hak ini umumnya berkaitan dengan kewajiban ayah sebagai suami dan kewajiban anak-anak yang harus mengikuti pimpinannya. Seorang ibu berhak atas beberapa hal berikut:

1. Hak untuk mendapatkan nafkah

Sebagai seorang istri, ibu berhak untuk mendapatkan nafkah lahir batin dari ayah sebagai pasangan atau suaminya.

2. Hak untuk dihormati oleh ayah dan anak-anaknya

Ibu berhak untuk diperlakukan dengan baik oleh anggota keluarga yang lain, termasuk mendapat perlakuan yang sopan dan tidak menyinggung, serta didengar pendapatnya.

3. Hak mendapatkan kasih sayang dari ayah dan anak-anaknya.

Ibu berhak merasa diterima dan disayangi oleh ayah dan anak-anaknya. Baik kasih sayang dalam bentuk ucapan lisan atau perbuatan.

4. Hak mendapatkan perlindungan

Ibu berhak mendapatkan perlindungan dari segala ancaman, baik fisik maupun mental yang bersumber dari dari dalam atau luar keluarga. Ibu berhak merasa aman saat berada di rumahnya sendiri dan di tengah-tengah keluarga.

5. Hak mendapatkan pertolongan

Sebagai salah satu anggota keluarga, hak ibu dalam keluarga adalah untuk mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan. Baik pertolongan dalam menjalankan tugas sehari-hari atau pertolongan saat membutuhkan bantuan darurat, misalnya saat sedang sakit.

6. Hak memberikan pendapat dan memutuskan

Ibu juga berhak untuk menyampaikan pendapatnya dan ikut memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan keluarga. Misalnya, terkait dengan pendidikan atau keuangan keluarga.

7. Hak mendampingi dan atau mewakili ayah

Ibu berhak berperan sebagai pendamping atau mewakili ayah dalam berbagai urusan yang berkaitan dengan kepentingan keluarga.

Kewajiban ibu dalam keluarga

Selain hak ibu dalam keluarga, ada pula kewajiban yang melekat pada ibu. Kewajiban ibu dalam keluarga harus dilaksanakan supaya anggota keluarga lainnya (ayah dan anak-anak) dapat mendapatkan haknya. Kewajiban ini juga berkaitan dengan tugas ibu dalam keluarga.Sejumlah kewajiban ibu dalam keluarga yang perlu dilakukan, di antaranya:

1. Kewajiban untuk menyayangi keluarga

Ibu wajib mencurahkan kasih sayang pada suami dan anak-anaknya, termasuk melakukan segala sesuatu yang dianggap terbaik bagi kepentingan suami dan anak-anaknya.Salah satu tugas ibu dalam keluarga yang berkaitan dengan kewajiban menyayangi keluarga adalah  mengasuh anak-anak dan memberikan dukungan moral bagi suami.

2. Kewajiban menghormati ayah

Sama halnya dengan hak ibu dalam keluarga yang harus dihormati, ibu juga berkewajiban menghormati ayah. Ayah merupakan kepala keluarga sehingga ibu harus memperlakukannya selayaknya kepala keluarga.

3. Kewajiban menjadi teladan bagi anak-anaknya

Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik anak-anak. Ibu, atau kedua orangtua pada umumnya, bahkan disebut sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya.Tugas mendidik anak yang diemban ibu (dan ayah) berlangsung seumur hidup. Semua ini dilakukan supaya anak dapat menjadi individu yang berkepribadian baik kelak ketika dewasa. Tidak hanya itu, mendidik dan menjadi teladan yang baik bagi anak-anak juga termasuk kewajiban ibu dalam keluarga.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
ibu dan anakrumah tangga
Family Law Decision. https://www.familylawdecisions.co.uk/useful-information/mothers-rights
Diakses 3 Maret 2021
Modern Family Law. https://www.modernfamilylaw.com/practice-areas/custody/mothers-rights/
Diakses 3 Maret 2021
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat. http://dp3akb.jabarprov.go.id/ini-6-peran-ibu-dalam-keluarga/
Diakses 3 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait