Gusi berdarah saat hamil adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh perubahan hormon
Gusi berdarah dapat menyebabkan nyeri pada gusi

Ada kalanya pada masa kehamilan seseorang justru khawatir mengalami gangguan kesehatan. Gusi berdarah adalah salah satu contohnya. Sebagian besar calon ibu cemas kondisi tersebut akan mengganggu kandungan, terutama saat pendarahan yang terjadi cukup parah. Itulah sebabnya, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui berbagai kondisi berbahaya atau wajar selama kehamilan.

Gusi berdarah saat hamil digolongkan sebagai kondisi yang umum dialami wanita. Sekitar 50% dari wanita hamil juga mengalami kondisi yang sama di trimester kedua hingga akhir masa kehamilan atau menjelang kelahiran. Bagaimana sebaiknya mengatasi kondisi semacam ini bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan? Simak penjelasan berikut mengenai gusi berdarah saat hamil.

Penyebab Gusi Berdarah 

Gusi berdarah saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Namun, ada juga kemungkinan gusi berdarah dapat disebabkan oleh penyebab umum di luar kehamilan, yaitu radang gusi.

1. Faktor Hormonal

Gusi berdarah ternyata memang menjadi hal yang biasa terjadi ketika masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada hormon yang terjadi pada ibu hamil. Ada tindakan medis yang bisa dilakukan jika kondisi gusi berdarah menjadi parah dan sering saat hamil. Jadi, jangan cemas, karena kondisi ini normal dan bisa diatasi.

2. Radang Gusi

Gusi berdarah merupakan salah satu gejala radang gusi. Kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri yang menyerang gusi sehingga menyebabkan pembengkakan dan pendarahan. Radang gusi harus segera diobati agar peradangan pada gusi tidak bertambah parah dan mencegah kerusakan tulang penyangga gigi.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah saat Hamil

Sebagai cara mengatasi gusi berdarah saat hamil, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Di awal masa kehamilan, periksakan kondisi kandungan Anda ke dokter dengan teratur. Anda pun perlu memeriksakan kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

Dokter gigi bisa membantu Anda mengantisipasinya, dengan menjadwalkan pembersihan gigi secara berkala. Dokter juga bisa merekomendasikan tindakan medis tertentu dan meresepkan obat jika terjadi peradangan untuk mengurangi pendarahan.

Cara Mencegah Gusi Berdarah

Meskipun terbilang sebagai kondisi yang normal, gusi berdarah di masa kehamilan bisa dicegah dengan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, terutama gigi dan gusi. Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk memantau kebersihan mulut dan gigi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan benang gigi (dental floss) setelah menyikat gigi. Dalam menyikat gigi, pilih sikat dengan bulu yang lembut dan memiliki ukuran yang pas untuk gigi dan mulut. 

Selain cara di atas, ada beberapa tindakan lain yang juga termasuk cara mencegah gusi berdarah saat hamil:

1. Memilih Makanan yang Menyehatkan Gusi

Tindakan pencegahan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan gusi, terutama yang memiliki kandungan vitamin C. Selain diperoleh dari suplemen, Anda bisa mendapatkan nutrisi baik bagi gusi dengan mengonsumsi makanan alami, seperti buah dan sayuran.

Beberapa jenis buah atau sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, di antaranya: jeruk, bayam, dan brokoli. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau mengolahnya menjadi aneka jenis masakan menyehatkan.

2. Menjaga Kondisi Fisik dan Psikis

Kecemasan yang dirasakan selama masa kehamilan, ternyata bisa mengganggu tumbuh kembang bayi maupun kesehatan ibu. Gangguan kesehatan ini bukan hanya disebabkan faktor psikis, tapi juga kondisi fisik, yang mungkin lebih sering terjadi.

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/pregnancy/pregnancy-health-conditions-explained/why-you-might-get-bleeding-gums-in-pregnancy-and-how-to-treat
Diakses pada Januari 2019

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_bleeding-gums-during-pregnancy_217.bc
Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed