Taruh segenggam garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam tangan yang terkena kapalan
Kandungan dalam garam epsom dapat menghilangkan kapalan di tangan.

Kapalan adalah kulit mengeras dan tebal, yang biasanya tumbuh di telapak tangan, ujung jari tumit, kaki, siku atau lutut. Tekanan atau gesekan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kapalan. Kondisi ini umum terjadi, termasuk pada tangan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan kapalan di tangan.

Mengenakan sepatu yang tidak sesuai, berjalan tanpa alas kaki, dan melakukan pekerjaan berat menggunakan tangan, merupakan penyebab umum dari kapalan. Kapalan biasanya tidak terasa sakit, dan bukanlah hal yang serius.

[[artikel-terkait]]

6 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dengan Bahan yang Mudah Didapat

Meski bukanlah kondisi yang serius, kapalan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika Anda ingin menghilangkan kapalan di tangan atau kaki, jangan menggunakan benda tajam. Sebab, benda tajam dapat melukai kulit Anda, dan menyebabkan infeksi maupun perdarahan.

Anda dapat menghilangkan kapalan di tangan maupun di kaki dengan sejumlah perawatan di rumah. Berikut ini enam bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kapalan.

1. Garam epsom

Garam epsom dapat membantu melembutkan kulit kapalan. Anda dapat menggunakannya dengan memasukkan segenggam garam epsom ke dalam bak mandi atau baskom berisi air hangat.

Kemudian, rendam kulit yang terkena kapalan selama 10 menit. Anda bisa membeli garam jenis ini di apotek, maupun toko online.

2. Batu apung

Batu apung merupakan batu berpori ringan yang dapat Anda gunakan untuk mengelupas kapalan. Caranya, rendam kulit kapalan dalam air hangat selama 5-10 menit. Anda juga dapat menambahkan garam epsom ke dalam air agar hasil lebih optimal.

Setelah kulit kapalan direndam, gunakan batu apung untuk menggosok kapalan, dengan gerakan melingkar, atau dari satu sisi ke sisi lainnya.

3. Krim pengelupas kulit

Anda dapat menghilangkan kapalan dengan krim atau losion pengelupas kulit. Produk yang bekerja untuk menghilangkan kapalan biasanya mengandung asam salisilat, urea atau amonium laktat. Anda mungkin perlu mengoleskannya setiap hari agar kapalan segera hilang.

Banyak krim pengelupas kulit yang dijual di toko obat. Namun, Anda harus untuk memeriksa labelnya terlebih dahulu. Mungkin saja produk tersebut mengandung bahan keras, yang dapat memberi efek terbakar pada kulit Anda.

4. Pasta soda kue

Pasta soda kue merupakan alternatif dari krim pengelupas. Campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue secukupnya, untuk membuat pasta. Lalu, tambahkan beberapa tetes jeruk nipis.

Setelah selesai, oleskan pasta ke area kapalan Anda, dan tutup dengan kaus kaki, sarung tangan atau perban kasa. Lakukanlah setiap malam sampai kapalan di tangan atau kaki Anda hilang.

5. Sari cuka apel

Kandungan asam dalam sari cuka apel, dapat melembutkan kulit kapalan Anda. Campurkan air dan sari cuka apel, dengan perbandingan air yang lebih banyak.

Lalu, rendam kulit kapalan Anda sekitar 20 menit. Kulit kapalan akan bisa terkelupas sedikit demi sedikit. Akan tetapi, jangan menariknya terlalu keras.

6. Krim pelembap kulit

Anda dapat mengoleskan krim pelembap kulit atau petroleum jelly ke area yang terkena kapalan. Selanjutnya, gunakan sarung tangan atau kaus kaki dan biarkan semalaman.

Hal tersebut akan membantu melembutkan kapalan, mencegah kulit kering, dan menjaga kelembapan kulit Anda.

Perawatan dengan bahan-bahan di atas tentunya membutuhkan kesabaran. Jika cara menghilangkan kapalan di tangan dan bagian tubuh lainnya tidak berhasil, bahkan kapalan menjadi terasa sakit, diperlukan perawatan medis. Dokter mungkin akan memberi obat atau memotong kapalan Anda dengan pisau bedah.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324329.php
Diakses pada 6 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-calluses#outlook-and-prevention
Diakses pada 6 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed