Benarkah Ada Manfaat Gula Aren untuk Diabetes? Cek Faktanya


Gula aren masih bisa meningkatkan kadar gula darah, sehingga penderita diabetes masih perlu membatasi konsumsinya. Meski begitu, kadar indeksi glikemik gula aren lebih rendah dari gula putih biasa.

0,0
09 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gula aren masih bisa menaikkan gula darah pada penderita diabetesGula aren tidak sepenuhnya baik untuk penderita diabetes
Gula aren adalah gula yang terbuat dari nira pohon enau (arenga pinnata) atau sugar palm. Banyak orang mengatakan bahwa gula aren lebih baik untuk pengidap diabetes jika dibandingkan dengan gula pasir. Benarkah demikian?
Orang dengan diabetes harus membatasi asupan gula yang dikonsumsi setiap harinya. Pada dasarnya, baik gula pasir atau gula aren memiliki kandungan fruktosa yang hampir sama. Namun gula aren memiiki beberapa keuntungan dan dapat bermanfaat jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Benarkah gula aren lebih sehat untuk penderita diabetes?

Indeksi glikemik gula aren adalah 35-54 lebih rendah dari gula pasir
Indeksi glikemik gula aren lebih rendah dari gula putih
Jika dibandingkan dengan gula pasir, gula aren memiliki rata-rata indeks glikemik atau glycemic index (GI) yang lebih rendah. Gula pasir memiliki GI rata-rata 58, sementara indeks glikemik gula aren adalah sekitar 35 hingga 54.Indeks glikemik adalah tingkat seberapa cepat makanan dalam meningkatkan kadar glukosa darah setelah dikonsumsi. Semakin rendah angkanya, maka semakin lambat pula kemampuannya untuk meningkatkan kadar gula darah dan semakin baik pula bagi penderita diabetes.Skor GI dikelompokkan menjadi tiga tingkatan, yaitu rendah, sedang, dan tinggi dengan penjelasan sebagai berikut:
  • Rendah: skor 55 atau kurang
  • Sedang: skor antara 56–69
  • Tinggi: skor 70 atau lebih
Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan kadar gula darah sebanyak makanan dengan indeks glikemik tinggi dalam jumlah yang sama. Itulah alasannya gula aren dianggap lebih baik atau lebih menyehatkan untuk penderita diabetes jika dibandingkan gula pasir atau gula buatan lainnya.Meskipun demikian, hal ini bukan berarti Anda bebas mengonsumsi gula aren dalam jumlah besar. Pasalnya, selain kandungan 1-2% glukosa dan 2-4% fruktosa bebas, 80% - 90% kandungan gula aren adalah sukrosa yang juga terdapat pada gula pasir.Maka dari itu, konsumsi gula aren untuk diabetes juga harus dibatasi. Jika berlebihan, maka gula aren juga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan.Baca Juga: Arti Sukrosa dan Bedanya Dengan Fruktosa dan Glukosa

Potensi manfaat gula aren untuk diabetes

Manfaat gula aren untuk diabetes salah satunya menjaga kadar gula darah lebih stabil
Manfaat gula aren untuk penderita diabetes bisa menjaga gula darah lebih stabil
Gula aren yang dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan memiliki beberapa potensi manfaat yang bisa menguntungkan bagi kesehatan, sepert:

1. Mengatur gula darah

Kandungan glukosa yang lebih sedikit dan GI yang lebih rendah dapat membantu menstabilkan gula darah jika dibandingkan gula pasir atau madu. Hal ini bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil dan mengurangi risiko kerusakan pada jantung.

2. Kandungan antioksidan lebih banyak

Jika dibandingan dengan gula lainnya, gula aren dinilai lebih bermanfaat karena mengandung lebih banyak viamin, mineral, dan nutrisi lain. Gula aren juga mengandung fitonutrien yang merupakan senyawa nabati dengan manfaat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab penyakit kronis.

3. Menyehatkan pencernaan

Gula aren tinggi kandungan inulin, yakni serat yang dapat membantu mengendalikan bakteri di usus. Hal ini bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan serta meningkatkan penyerapan mineral.

4. Menjaga fungsi sistem saraf

Gula aren mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf yang memiliki peran penting untuk tubuh, termasuk mengatur kontraksi otot dan menjaga detak jantung tetap teratur. Asupan kalium yang cukup juga dapat menurunkan risiko hipertensi.Baca Juga: Diet Diabetes, Pola Makan untuk Jaga Kadar Gula Darah

Alternatif pemanis yang lebih sehat

Kurma bisa jadi alternatif gula aren yang lebih sehat
Kurma bisa menjadi alternatif pemanis yang lebih sehat dari gula aren
Saat dikonsumsi secukupnya, gula aren dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik, termasuk bagi para pengidap diabetes.Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, gula aren juga dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti masalah jantung, kenaikan berat badan, gigi berlubang serta meningkatkan stres.Jika Anda memiliki kebutuhan gula yang cukup tinggi, berikut ini beberapa alternatif pengganti gula yang lebih sehat dari gula aren:

1. Stevia

Stevia adalah ekstrak tumbuhan dengan nol kalori. Stevia memiliki rasa 200-300 kali lebih manis dari gula biasa. Tetapi tidak semua orang menyukai rasanya.

2. Buah segar

Buah-buahan tinggi akan gula alami sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih sehat jika dibandingkan gula aren, terutama untuk para pengidap diabetes karena lebih kaya vitamin dan mineral dari pemanis tradisional.

3. Kurma

Kurma adalah buah kering yang memiliki rasa manis dan legit. Kurma dapat dijadikan pengganti gula untuk makanan yang dipanggang. Meskipun tinggi gula, kurma tinggi serat dan dapat membantu merasa kenyang.

Catatan dari SehatQ

Dalam jumlah yang cukup, gula aren memang mengandung lebih banyak nutrisi dibanding dengan gula biasa. Indeksi glikemiknya pun lebih rendah. Namun, gula aren tetap bisa meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga konsumsinya tetap perlu dibatasi.Apabila Anda punya riwayat diabetes, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menjadikan gula aren sebagai ailternatif pengganti gula pasir. Dokter akan memberikan saran pola makan dan gaya hidup sehat yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda.
diabetesgula darahdiabetes melitus tipe 2
Beyond Type 2. https://beyondtype2.org/coconut-sugar-diabetes/
Diakses 26 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317613
Diakses 26 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/coconut-sugar-glycemic-index
Diakses 26 Oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/palm-sugar-health-benefits#1
Diakses 26 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait