Greek Yogurt Lebih Baik dari Yogurt Biasa, Ini Manfaatnya

Greek yogurt dianggap lebih bermanfaat daripada yogurt biasa
Ilustrasi greek yogurt yang siap disantap

Greek yogurt memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta minuman fermentasi ini maupun orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Tahukah Anda apa bedanya greek yogurt dengan yogurt biasa?

Yogurt, baik jenis greek maupun biasa, sama-sama berasal dari susu sapi yang difermentasikan. Dalam wujud tanpa rasa (plain), keduanya sama-sama baik dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat, apalagi jika Anda memilih yogurt sedikit atau tanpa lemak.

Hanya saja, proses penyaringan greek yogurt lebih kompleks dibanding yogurt biasa sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental. Dengan volume yang sama, greek yogurt mengandung dua kali protein dibanding yogurt biasa, namun memiliki kadar gula yang lebih rendah dan rasa yang lebih asam sehingga kandungan nutrisi di dalamnya dapat dengan mudaj diserap oleh tubuh.

Kandungan dan manfaat greek yogurt

Kandungan yang terdapat pada greek yogurt tergantung dari merek produk yang Anda konsumsi. Namun, rata-rata terdapat 12-17 gram protein per 100 gram penyajian.

Meski berasal dari susu sapi, greek yogurt cenderung aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa. Pasalnya, bakteri dalam yogurt ini sudah memecah gula yang terdapat dalam susu sapi sehingga greek yogurt relatif lebih mudah untuk dicerna tubuh.

Selain untuk diet, greek yogurt juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Menguatkan tulang

Greek yogurt kaya akan protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini terbukti dapat menguatkan tulang secara keseluruhan serta mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

  • Melancarkan metabolisme

Mengonsumsi makanan tinggi protein juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori per hari. Namun, manfaat ini hanya bisa didapatkan jika Anda juga mengonsumsi makanan berserat serta lemak sehat sehingga metabolisme tubuh dapat bekerja secara optimal.

  • Memperbaiki masalah pencernaan

Greek yogurt mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. meski demikian, ada beberapa orang yang tidak cocok mengonsumsi probiotik terlalu banyak yang justru akan mengakibatkan munculnya masalah perut.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan probiotik dalam greek yogurt juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Namun, penelitian lainnya menyatakan efek ini tidak terjadi pada penderita hipertensi.

  • Menaikkan massa otot

Lagi-lagi, manfaat ini diperoleh dari kandungan protein dalam greek yogurt. Penelitian menunjukkan diet tinggi protein dapat meningkatkan massa otot asalkan diimbangi dengan olahraga yang tepat, seperti latihan resistensi.

  • Menyehatkan mental

Manfaat greek yogurt terbukti lebih dari sekedar menyehatkan fisik, namun juga mental. Efek ini didapat karena adanya kandungan probiotik yang menyehatkan saluran cerna sehingga otomatis juga menyehatkan otak mengingat usus juga memproduksi zat kimia, seperti serotonin dan dopamin.

Cara enak menikmati greek yogurt

Bagi Anda yang suka yogurt dengan rasa agak asam, greek yogurt bisa dinikmati apa adanya. Cukup buka kemasan yogurt, lalu sendok greek yogurt ke mulut Anda.

Ada pula beberapa olahan greek yogurt yang sama enaknya, yaitu:

  • Dengan menambahkan buah-buahan seperti pisang dan blueberry ke dalam yogurt
  • Sebagai topping pengganti krim
  • Menjadi olesan pada roti atau biskuit untuk menggantikan butter
  • Ditambahkan pada saus pasta untuk menghasilkan konsistensi yang lebih kental.

Bagi Anda yang suka tantangan, membuat greek yogurt sendiri di rumah juga bisa dilakukan, lho. Anda cukup menyediakan susu cair dan yogurt dengan bakteri yang masih aktif. Caranya, panaskan susu cair hingga suhu 85 derajat celcius (sebelum mendidih), kemudian matikan kompor dan biarkan hingga hangat.

Dalam kondisi hangat, tuangkan sebagian susu cair ke yogurt dengan bakter yang masih aktif lalu aduk rata. Kemudian, tuang campuran tersebut ke sisa susu yang ada, masukkan ke wadah tertutup, dan biarkan berada di suhu ruang selama 4-8 jam atau hingga yogurt mengental.

Berani mencoba?

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/greek-yogurt-benefits
Diakses pada 14 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323169
Diakses pada 14 April 2020

Health USNews. https://health.usnews.com/wellness/food/articles/greek-yogurt-vs-regular-yogurt-which-is-more-healthful
Diakses pada 14 April 2020

Live Eat Learn. https://www.liveeatlearn.com/greek-yogurt/
Diakses pada 14 April 2020

Artikel Terkait