3 Grade Luka Bakar dan Cara Menanganinya

Perawatan grade luka bakar kedua butuh bantuan tenaga medis
Grade luka bakar kedua di tangan sebaiknya dirawat oleh petugas medis

Luka bakar adalah cedera pada kulit yang dapat dialami oleh siapa saja. Namun menurut laporan WHO, wanita dan anak-anak merupakan dua kelompok yang paling rentan terkena luka jenis ini.

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami luka bakar, penting untuk mengetahui grade luka bakar tersebut agar perawatannya tepat dan optimal. Pasalnya, luka bakar terbagi menjadi tiga derajat, dengan ciri serta penanganan yang berbeda-beda pula.

Apa penyebab luka bakar?

paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab grade luka bakar pertama
Salah satu penyebab luka bakar adalah paapran sinar matahari

Luka bakar bisa terjadi karena berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah terpapar api terbuka, seperti api lilin, kompor, panggangan, dupa, dan lainnya.

Tersenggol knalpot motor serta terpapar suhu dingin dan sinar matahari dalam waktu lama juga dapat memicu terjadinya luka bakar.

Tak hanya penyebabnya yang berlainan, grade luka bakar pun bisa berbeda-beda pada tiap cedera.

Mengenal grade luka bakar supaya penanganannya tepat

Semakin besar grade luka bakar, kondisinya akan semakin parah
Semakin besar grade luka bakar, kondisinya akan semakin parah

Berdasarkan kerusakan kulit yang terjadi, grade luka bakar dibagi menjadi tiga tingkat, yakni tingkat pertama, kedua, dan ketiga. Masing-masing memiliki ciri serta cara penanganan yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya:

Grade luka bakar pertama (first-degree burn)

Luka bakar derajat satu hanya mengenai lapisan kulit terluar. Kulit akan tampak kemerahan, terasa perih, bengkak, tapi tidak melepuh.

Salah satu contoh grade luka bakar pertama adalah kulit yang terbakar karena terpapar sinar matahari.

Biasanya, luka akan pulih dalam waktu 7 hingga 10 hari dengan perawatan di rumah. Namun Anda sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter jika ukuran luka bakar lebih dari 7 cm, dan terjadi pada bagian wajah, lutut, kaki, tulang belakang, serta bahu.

Sebagai pertolongan grade luka bakar pertama, perawatan rumahan yang dapat Anda lakukan meliputi:

  • Rendam luka dalam air dingin selama lima menit. Tapi jangan memakai air es karena bisa makin memperparah kondisi kulit.
  • Konsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Oleskan salep lidocaine yang mengandung lidah buaya guna mengatasi rasa tidak nyaman pada kulit.

Grade luka bakar kedua (second-degree burn)

Pada luka bakar derajat dua, kerusakan kulit terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam. Kulit bisa melepuh, tampak sangat merah, dan terasa perih. Pada grade 2, biasanya akan muncul bulla atau gelembung isi air dan lepuhan ini juga kadang bisa pecah.

Grade luka bakar kedua umumnya dapat sembuh dalam waktu 2-3 minggu. Hanya saja, pigmen kulit akan mengalami perubahan. Jika lepuhan cukup parah, akan butuh waktu lebih lama untuk pulih.

Anda bisa menerapkan cara-cara berikut guna mempercepat penyembuhan grade luka bakar kedua:

  • Mengalirkan air dingin selama 15 menit pada kulit yang terbakar
  • Konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen
  • Oleskan krim antibiotik untuk menenangkan kulit yang melepuh

Jika terjadi pada bagian wajah, tangan, bokong, pangkal paha, dan kaki, luka bakar sebaiknya tidak diobati sendiri di rumah. Segeralah ke dokter agar luka Anda dapat ditangani dengan tepat.

Grade luka bakar ketiga (third-degree burn)

Ini adalah grade luka bakar yang paling parah karena kerusakan pada kulit berukuran luas. Pada luka bakar jenis ini, warna kulit bisa tampak putih, cokelat, dan hitam. Tetapi kulit biasanya tidak melepuh.

Luka bakar tingkat ketiga bisa tidak menimbulkan sakit sama sekali. Pasalnya, luka \yang terlalu luas dapat menghancurkan saraf sehingga kulit menjadi mati rasa.

Anda harus lekas ke unit gawat darurat jika mengalami grade luka bakar ketiga. Sembari menunggu bantuan medis atau saat dalam perjalanan, Anda bisa mengangkat anggota tubuh yang terluka pada posisi yang lebih tinggi dari jantung.

Dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan operasi sebagai penanganan luka bakar derajat tiga.

Cara lain untuk mengukur grade luka bakar

Selain dengan grade luka bakar di atas, tingkat keparahan luka bakar pada orang dewasa dapat dihitung dengan rumus Rule of Nine. Berikut penjelasannya:

  • Area kepala: 9 persen
  • Dada: 9 persen
  • Perut: 9 persen
  • Punggung dan bokong: 18 persen
  • Setiap lengan: 9 persen
  • Setiap tungkai: 18 persen
  • Kelamin: 1 persen

Sebagai contoh, orang yang mengalami luka bakar di dada, perut, dan kelamin, dikatakan memiliki luas luka bakar dengan angka 19 persen. Dari persentase ini, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

Ketahuilah bahwa grade luka bakar Anda bisa berubah seiring waktu. Misalnya jika Anda mengalami cedera yang lebih dalam.

Karena itu, Anda perlu merawat luka bakar dengan baik serta tetap waspada. Perhatikan perubahan-perubahan pada luka bakar Anda.

Penting untuk mendapatkan bantuan medis yang cepat dan tepat, khususnya pada luka bakar derajat kedua yang parah dan luka bakar derajat ketiga. Demikian pula apabila luka bakar terjadi pada area wajah, tangan, kaki, paha, dan bokong.

Jangan tunda niat Anda untuk berkonsultasi ke dokter karena luka bakar dapat berujung pada banyak komplikasi. Salah satunya adalah infeksi.

WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/types-degrees-burns#1
Diakses pada 12 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/burns
Diakses pada 12 Februari 2020

Artikel Terkait