Gooseberry, Buah Kaya Antioksidan yang Baik untuk Jantung

Manfaat buah gooseberry sangat baik untuk tubuh
Buah gooseberry memiliki rasa sedikit asam

Meskipun ukurannya kecil, gooseberry adalah jenis buah yang kaya akan nutrisi. Jenisnya beragam yang membuat warnanya pun berlainan mulai dari hijau, kuning, pink, merah, hingga ungu tua. Jenis gooseberry yang paling umum adalah varietas dari Eropa dan Amerika, disebut Ribes uva-crispa dan Ribes hirtellum.

Jika dikonsumsi saat belum matang, rasa gooseberry mirip seperti anggur yang masih asam. Sementara gooseberry berwarna merah yang matang memiliki rasa lebih manis namun tetap ada rasa asam yang menyertainya.

Kandungan nutrisi gooseberry

Dalam 150 gram atau secangkir buah gooseberry terdapat kandungan nutrisi berupa:

  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 7 gram
  • Vitamin C: 46% AKG
  • Vitamin B5: 9% AKG
  • Vitamin B6: 7% AKG
  • Mangan: 9% AKG
  • Potasium: 6% AKG

Manfaat konsumsi buah gooseberry

Beberapa manfaat mengonsumsi buah gooseberry adalah:

1. Kaya vitamin C

Salah satu kelebihan utama dari buah gooseberry adalah kandungan vitamin C yang memenuhi 46% angka kecukupan gizi harian. Vitamin C adalah antioksidan penting yang sangat berperan bagi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, dan juga kesehatan kulit.

2. Tinggi serat

Jika mencari buah tinggi serat namun rendah kalori, gooseberry bisa menjadi pilihan utama. Mengonsumsi 1 cangkir atau sekitar 150 gram buah gooseberry hanya menyumbang 3% total kebutuhan kalori orang dewasa. Tak hanya itu, seratnya yang tinggi sekitar 26% dari AKG membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan menghindari asupan kalori terlalu tinggi.

Masih berkat tingginya kandungan serat dalam buah gooseberry, serat larut air di dalamnya membantu mencegah konstipasi. Dengan demikian, mengonsumsi gooseberry bisa membantu lancar buang air besar.

3. Kaya antioksidan

Penting sekali memastikan asupan nutrisi sehari-hari mengandung antioksidan yang cukup. Konsumsi buah kaya antioksidan mencegah risiko mengalami kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, penuaan, dan melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Di dalam buah gooseberry, terdapat phytonutrients yang mengandung:

  • Flavonol

Flavonol meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, melawan kanker, dan juga mencegah terkena virus

  • Anthocyanin

Substansi yang membuat buah menjadi berwarna ini berhubungan dengan kesehatan mata dan saluran kemih. Tak hanya itu, anthocyanin juga baik untuk daya ingat, penuaan yang sehat, serta menurunkan risiko terkena kanker.

  • Organic acid

Kandungan organic acid membuat gooseberry terasa asam namun bermanfaat mengurangi risiko stroke dan penyakit Alzheimer

4. Potensi kendalikan kadar gula darah

Gooseberry mengandung beberapa substansi yang dapat mengendalikan kadar gula darah. Tingginya serat membuat penyerapan gula lebih perlahan sehingga gula darah tidak melejit. Dalam uji laboratorium, ekstrak gooseberry mengandung alpha-glucosidase inhibitor yang mengikat enzim di usus halus sehingga gula darah tidak langsung dilepaskan ke aliran darah.

5. Potensi melindungi otak

Gooseberry adalah sumber alami organic acid yang bisa mencegah akumulasi zat besi dalam sel. Menurut penelitian, hal ini berpotensi mencegah risiko terjadinya stroke dan Alzheimer apabila dikonsumsi secara berkala. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam gooseberry juga melindungi otak dari penyakit degeneratif akibat penuaan.

6. Baik untuk jantung

Gooseberry mengandung antioksdan dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Lewat substansi antioksidan di dalamnya, gooseberry mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, phytonutrients seperti flavonols dan anthocyanin juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengoptimalkan fungsi pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung pun menurun.

Lebih jauh lagi, potasium juga baik untuk kesehatan pembuluh darah. Potasium dapat menjaga detak jantung dan tekanan darah tetap teratur sehingga risiko mengalami jantung dan stroke pun berkurang.

Buah gooseberry bisa dikonsumsi langsung. Rasanya sedikit asam, namun akan menjadi lebih manis ketika benar-benar matang. Jangan lupa cuci terlebih dahulu gooseberry agar benar-benar bersih dan terhindar dari residu pestisida.

Gooseberry juga cocok dijadikan tambahan nutrisi dalam salad buah, sereal, yogurt, atau diolah menjadi selai atau topping dalam pie. Akan lebih sehat jika gooseberry tidak dicampur dengan olahan yang mengandung terlalu banyak pemanis tambahan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/gooseberries
Diakses pada 29 Juni 2020

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/gooseberry-nutrition-facts-4582381
Diakses pada 29 Juni 2020

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/403868-what-are-the-health-benefits-of-gooseberries/
Diakses pada 29 Juni 2020

Artikel Terkait