Glycolic Acid atau Asam Glikolat, Apa Manfaat dan Risikonya untuk Kulit?

Glycolic acid atau asam glikolat dikenal ampuh untuk mengatasi jerawat
Glycolic acid atau asam glikolat dikenal mampu mengatasi jerawat

Ada banyak pilihan kandungan antijerawat yang bisa kita gunakan. Salah satunya yakni glycolic acid atau asam glikolat. Asam ini termasuk dalam kelompok alpha-hydroxy acid, sehingga bisa mengeksfoliasi kulit. Kenali asam glikolat lebih jauh.

Apa itu glycolic acid atau asam glikolat?

Glycolic acid adalah kandungan dalam produk kecantikan yang menjadi anggota alpha-hydroxy acids (AHA). Glycolic acid atau asam glikolat dibuat dari tebu dan dikenal sebagai kandungan yang mampu mengatasi jerawat.

Di antara semua jenis asam golongan AHA, asam glikolat memiliki ukuran molekul yang paling kecil. Karena ukurannya yang paling kecil, asam glikolat disebutkan lebih efektif mengeksfoliasi kulit dibandingkan AHA lainnya karena dengan mudah dapat menembus kulit.

Krim asam glikolat
Asam glikolat dikenal efektif untuk mengeksfoliasi kulit

Glycolic acid yang dioleskan ke kulit bekerja dengan memecah ikatan antara kulit lapisan luar (termasuk sel kulit mati) dengan lapisan kulit di bawahnya. Sebagai akibatnya, kulit akan mengelupas dan digantikan dengan sel kulit baru. Proses ini juga membantu kulit terlihat lebih lembut dengan warna yang lebih rata.

Manfaat glycolic acid atau asam glikolat untuk wajah

Asam glikolat atau glycolic acid memiliki beberapa potensi manfaat untuk kulit dan kecantikan, misalnya:

1. Membantu mengatasi jerawat

Asam glikolat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Asam ini cenderung memiliki efek pengelupasan yang mungkin tak terlalu membuat pori-pori tersumbat karena minyak atau sel kulit mati. Karena tak terlalu membuat pori-pori wajah tersumbat, breakout pada wajah mungkin tak terlalu parah.

2. Membantu menjaga kelembapan kulit

Glycolic acid juga bisa memengaruhi barrier kulit bagian luar. Asam ini membantu barrier tersebut tetap lembap dan cenderung tak menimbulkan kekeringan pada wajah.

Manfaat asam glikolat ini mungkin menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang rentan berjerawat. Sebab, zat aktif antijerawat lain, seperti asam salisilat dan benzoil peroksida, cenderung memicu kekeringan pada kulit.

3. Memiliki sifat antibakteri dan antioksidan

Tak sampai di situ, menurut laporan yang dimuat dalam A Journal of Synthetic Chemistry and Natural Product Chemistry, asam glikolat memiliki efek antibakteri dan antioksidan. Efek ini boleh jadi meningkatkan penampakan kulit wajah saat kita berjerawat

Selain itu, glycolic acid juga berpotensi untuk mengencangkan kulit dengan merangsang produksi protein kolagen.

Efek samping dan peringatan penggunaan asam glikolat

Penting untuk diingat bahwa asam glikolat tidak bisa digunakan oleh semua orang. Beberapa individu bisa mengalami reaksi setelah menggunakan asam glikolat, seperti pembengkakan, rasa gatal, dan sensasi terbakar. Apabila Anda memiliki kulit kering atau sensitif, glycolic acid mungkin bisa terlalu mengiritasi kulit.

Beberapa individu juga cenderung menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah mengaplikasikan asam glikolat. Untuk menurunkan risiko ini, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya setelah penggunaan produk yang mengandung asam glikolat.

Apabila Anda memiliki kulit yang cenderung gelap, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait penggunaan produk glycolic acid. Sebab, asam glikolat lebih berisiko mengiritasi kulit yang gelap dan bisa memicu hiperpigmentasi pascaperadangan maupun bintik gelap. Dokter mungkin menyarankan penggunaan produk dengan dosis rendah.

Konsentrasi glycolic acid sering memengaruhi kemampuan penetrasinya terhadap lapisan kulit. Misalnya, 1% larutan asam glikolat bisa memengaruhi keasamaan tiga lapisan teratas kulit. Sementara itu, 10% larutan asam glikolat bisa menembus hingga 10-20 lapisan kulit.

Walau kadar tinggi terlihat menggiurkan, dosis asam glikolat yang rendah mungkin bisa tak terlalu mengiritasi kulit kita. Diskusikan dengan dokter terkait kemungkinan cocok tidaknya kulit Anda menerima glycolic acid, serta untuk menentukan konsentrasi yang sesuai.

Cowok mengaplikasikan produk asam glikolat
Jangan menggunakan produk asam glikolat sekaligus

Sebagai tambahan, Anda tidak disarankan untuk menggunakan beberapa produk asam glikolat sekaligus. Penggunaan produk asam glikolat bersamaan dengan scrub juga tidak dianjurkan.

Catatan dari SehatQ

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan salah satu kandungan perawatan kulit yang dikenal mampu mengatasi jerawat. Karena risiko iritasi bisa terjadi setelah penggunaan produk yang mengandung asam ini, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/glycolic-acid-for-acne
Diakses pada 6 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6017965/#!po=6.0000
Diakses pada 6 Maret 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/glycolic-acid-15774
Diakses pada 8 Maret 2020

Artikel Terkait