Glutamin sebagai Asam Amino, Adakah Manfaatnya untuk Bangun Massa Otot?

(0)
21 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Glutamin adalah salah satu jenis asam amino yang menjadi komponen penyusun proteinGlutamin sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen untuk membantu kurangi nyeri otot setelah olahraga
Asam amino merupakan komponen penyusun protein yang banyak jenisnya. Salah satu jenis asam amino yang tak kalah penting bagi tubuh yakni glutamin. Sebagai asam amino, glutamin pun diklaim membantu meningkatkan massa otot sehingga sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Benarkah glutamin berpengaruh untuk massa otot? 

Sekilas mengenai glutamin

Glutamin adalah salah satu jenis asam amino yang menjadi komponen penyusun protein. Glutamin memainkan peran yang krusial bagi tubuh, termasuk dalam sistem imun dan kesehatan usus. Glutamin juga menjadi primadona dalam dunia olahraga karena diklaim dapat merangsang pertumbuhan otot dan meningkatkan performa fisik.Glutamin sebenarnya merupakan jenis asam amino non-esensial. Artinya, glutamin dapat disintesis sendiri oleh tubuh. Namun, pada beberapa kondisi, glutamin dapat menjadi asam amino esensial dan diperlukan dari asupan luar. Seperti beberapa jenis asam amino lain, glutamin tersedia dalam dua bentuk, yakni L-glutamin dan D-glutamin. Keduanya hampir identik walau memiliki sedikit perbedaan susunan kimiawi. Bentuk glutamin yang terkandung dalam makanan dan suplemen adalah L-glutamin. L-glutamin berperan penting untuk menyusun protein dan fungsi lain di dalam tubuh. Sementara itu, D-glutamin cenderung memainkan peran yang tak signifikan bagi makhluk hidup.

Suplemen glutamin bermanfaat untuk pertumbuhan massa otot, benarkah?

Glutamin bantu pemulihan setelah olahraga
Glutamin membantu kurangi nyeri otot setelah olahraga
Karena menjadi komponen penyusun protein, glutamin diklaim bermanfaat dalam peningkatan massa otot saat berolahraga. Namun, riset terkait manfaat spesifik glutamin ini masih belum bisa dipastikan. Beberapa studi, seperti sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan, glutamin tidak berefek pada peningkatan massa otot maupun performa fisik. Walau begitu, glutamin memang berpotensi bermanfaat mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan setelah aktivitas fisik yang intens. Glutamin maupun kombinasi glutamin dan karbohidrat juga dilaporkan dapat mengurangi gejala kelelahan saat latihan dengan durasi dua jam.Dari paparan di atas, bisa disimpulkan bahwa belum ada temuan yang membuktikan manfaat suplemen glutamin untuk meningkatkan massa otot dan performa latihan. 

Peran glutamin dalam fungsi tubuh

Walau suplemen glutamin belum terbukti meningkatkan massa otot, glutamin sebagai asam amino tetap berperan penting dalam fungsi tubuh. Berikut ini peran dan fungsi glutamin untuk tubuh Anda:

1. Menjadi sumber energi sel imun

Glutamin berperan penting dalam sistem imun. Asam amino ini menjadi sumber energi yang vital bagi sel-sel imun – termasuk sel darah putih dan sel tertentu di usus. Maka tak heran, makanan tinggi protein dan suplemen glutamin biasa diresepkan dokter setelah cedera tubuh, seperti pada pasien yang mengalami luka bakar.Suplemen glutamin juga berpotensi untuk meningkatkan kualitas kesehatan, mengurangi risiko infeksi, serta mempercepat pemulihan setelah operasi.

2. Berperan dalam kesehatan usus

Peran glutamin dalam kesehatan usus sebenarnya masih berkaitan dengan perannya bagi imunitas. Usus memang menjadi bagian penting dalam fungsi imun – karena banyak sel di usus yang memainkan peran untuk melindungi tubuh dari patogen penyebab penyakit.Glutamin menjadi sumber energi untuk sel imun dan sel-sel di usus. Asam amino ini juga berfungsi dalam pemeliharaan batas antara usus dengan bagian tubuh lain. Dengan demikian, glutamin vital dalam pencegahan usus bocor.Glutamin penting pula untuk kesehatan usus karena memiliki peran berikut ini:
  • Mencegah racun dan bakteri berbahaya menyelinap keluar dari usus agar tak masuk ke bagian tubuh lain
  • Berperan penting dalam pemeliharaan dan pertumbuhan sel di usus

Sumber makanan yang mengandung glutamin

Glutamin terkandung secara alami di dalam makanan. Dalam pola makan sehari-hari, diperkirakan bahwa glutamin bisa dikonsumsi tubuh sebanyak 3-6 gram per harinya dari makanan yang kita konsumsi. Glutamin paling banyak terkandung dalam produk makanan hewani. Namun, beberapa jenis makanan nabati juga mengandung tinggi glutamin.Berikut ini kadar glutamin untuk setiap 100 gram sumber makanannya:
  • Telur: 4,4% atau sekitar 0,6 gram
  • Daging sapi: 4,8% sekitar atau 1,2 gram
  • Susu skim: 8,1% sekitar 0,3 gram 
  • Tahu: 9,1% atau sekitar 0,6 gram 
  • Nasi putih: 11,1% atau sekitar 0,3 gram
  • Jagung: 16,2% atau sekitar 0,4 gram
Pada dasarnya, karena glutamin adalah komponen penyusun protein, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein untuk mencukupkan kebutuhan glutamin. 

Catatan dari SehatQ

Glutamin adalah asam amino yang dikaitkan dalam pertumbuhan massa otot. Namun, belum ada temuan yang bisa membuktikan klaim tersebut. Terlepas dari klaimnya untuk massa otot, glutamin berperan penting bagi sistem imun serta kesehatan usus.Bila Anda masih memiliki pertanyaan terkait nutrisi dan kaitannya dengan massa otot, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh di Appstore dan Playstore yang setia memberikan informasi hidup sehat terpercaya.
proteinmakanan pembentuk ototcedera ototnyeri otot
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/glutamine
Diakses pada 7 Oktobet 2020
Intechopen. https://www.intechopen.com/books/superfood-and-functional-food-the-development-of-superfoods-and-their-roles-as-medicine/glutamine-a-conditionally-essential-amino-acid-with-multiple-biological-functions
Diakses pada 7 Oktobet 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11834123
Diakses pada 7 Oktobet 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5945979
Diakses pada 7 Oktobet 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait