Glukomanan untuk Turunkan Berat Badan, Mitos Saja atau Layak Dicoba?


Glukomanan adalah jenis serat larut air yang populer untuk menurunkan berat badan. Serat ini berpotensi bermanfaat untuk diet karena dapat mengisi ruangan lambung dan memberikan sensasi kenyang.

(0)
08 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Glukomanan adalah jenis serat pangan yang larut dalam airGlukomanan diekstraksi dari akar tanaman konjak yang menjadi bahan baku shirataki
Dalam menurunkan berat badan, banyak orang mencoba berbagai jenis suplemen karena yakin bahwa suplemen dapat membantu pengurusan badan. Salah satu suplemen yang populer dalam menurunkan berat badan adalah glukomanan. Glukomanan untuk bantu diet, sekadar fiktif atau memang efektif?

Mengenal apa itu glukomanan

Glucomannan atau glukomanan adalah jenis serat pangan yang larut dalam air. Serat ini diekstraksi dari akar tanaman konjak atau konnyaku dan dikenal ampuh dalam diet penurunan berat badan. Jika Anda familiar dengan makanan untuk diet, Anda tentu tahu bahwa konjak merupakan umbi-umbian yang menjadi bahan baku mie dan nasi shirataki.Glukomanan, yang menjadi serat dalam akar konjak, juga tersedia dalam bentuk suplemen. Glukomanan juga digunakan dalam campuran minuman dan produk makanan seperti pasta dan tepung. Sebagai serat larut air, glukomanan amat populer karena memiliki kemampuan untuk menyerap air. Bayangkan saja, glukomanan dalam jumlah sedikit dapat mengubah segelas air menjadi gel. Sifatnya tersebut membuat glukomanan dikaitkan dengan efek penurunan berat badan. Menariknya, glukomanan juga digunakan sebagai zat aditif. Glukomanan dicampurkan sebagai pengental dan penstabil dengan kode E425-ii.

Glukomanan berpotensi untuk turunkan berat badan

Salah satu manfaat populer dari glukomanan adalah menurunkan berat badan. Ada beberapa faktor yang membuat glukomanan diyakini ampuh dalam menguruskan badan. Aktivitas glukomanan tersebut, termasuk:
  • Mengisi ruangan lambung dan meningkatkan sensasi kenyang
  • Membantu mengurangi asupan makanan pada jam makan berikutnya
  • Memperlambat pengosongan makanan dalam lambung – sehingga mempertahankan rasa kenyang
  • Rendah kalori
  • Seperti jenis serat lain, glukomanan dapat mengurangi penyerapan protein dan lemak
Glukomanan juga berfungsi sebagai makannan bagi bakteri baik di usus. Bakteri tersebut dapat mengubah glukomanan menjadi asam lemak rantai pendek seperti butirat. Dalam studi pada hewan, butirat dilaporkan dapat mencegah pertambahan lemak. Karakteristik glukomanan yang sangat kental juga membuatnya efektif dalam diet penurunan berat badan. Selain itu, beberapa riset pun telah melaporkan efek positif glukomanan untuk menurunkan berat badan. besar menyimpulkan bahwa kelompok yang mengonsumsi suplemen glukomanan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan kelompok yang tidak. Riset-riset lain menemukan hasil yang serupa terkait efektivitas glukomanan dalam penurunan berat badan. 

Manfaat lain dari glukomanan untuk kesehatan

Selain populer dalam menurunkan berat badan, glukomanan juga menawarkan potensi manfaat lain. Beberapa potensi manfaat lain dari glukomanan, yaitu:

Tips mengonsumsi glukomanan untuk menguruskan badan

Glukomanan sebaiknya dikonsumsi sebelum makan untuk membantu diet penurunan berat badan. Rekomendasi waktu konsumsi yaitu 15 menit hingga 1 jam sebelum makan.Suplemen ini aman dikonsumsi dan cenderung bisa ditoleransi. Hanya saja, setelah dikonsumsi, glukomanan akan melebar sebelum turun mencapai lambung dan rentan membuat kerongkongan menjadi tersedak. Efek ini bisa dicegah dengan segera meminum air 1-2 gelas.Beberapa orang berisiko mengalami efek samping ringan seperti perut kembung dan diare. Namun, efek samping glukomanan tersebut cenderung jarang terjadi. Interaksi obat juga berisiko terjadi pasca mengonsumsi glukomanan. Suplemen serat ini dapat mengurangi penyerapan obat diabetes sulfonylurea. Jika Anda diresepkan sulfonylurea dan ingin mencoba glukomanan, Anda tentu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Catatan dari SehatQ

Glukomanan adalah jenis serat larut air yang populer sebagai suplemen untuk menurunkan berat badan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait glukomanan untuk diet, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi diet terpercaya.
suplemenmakanan dietdiet sehatmenurunkan berat badanserat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/glucomannan
Diakses pada 23 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15614200
Diakses pada 24 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait