Mengenal Gliserin atau Gliserol dan Manfaatnya Sebagai Pelembap

Gliserin atau gliserol adalah salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam produk pelembap
Gliserin menjadi salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam produk pelembap

Dalam memilih produk pelembap, Anda mungkin sering menemukan gliserin sebagai kandungan utama dalam produk tersebut. Gliserin memang menjadi senyawa yang terkenal untuk menjaga kelembapan kulit. Adakah efek sampingnya?

Apa itu gliserin?

Glierin adalah jenis senyawa alami yang dibuat dari tumbuhan, hewan, atau petroleum. Disebut pula dengan gliserol, gliserin juga terbentuk secara natural melalui fermentasi alkohol dan roti.

Gliserin atau gliserol ditemukan secara tak sengaja pada tahun 1779 oleh ilmuwan di Swedia. Dengan memanaskan minyak zaitun, ilmuwan tersebut menemukan lemak hasil pemanasan ini yang kemudian disebut sebagai gliserin.

Dalam dunia kecantikan, gliserin atau gliserol merupakan salah satu jenis kandungan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Berbagai penelitian pun telah menunjukkan bahwa gliserin memiliki efek positif untuk kesehatan kulit.

Gliserin gliseron dalam sabun
Gliserin juga banyak dibuat menjadi sabun sejak dahulu

Bahkan, masyarakat terdahulu juga telah menggunakan gliserin sebagai sabun. Mereka memanaskan minyak tanaman tertentu, mendinginkannya, kemudian membiarkannya mengeras untuk membentuk balok sebagai sabun.

Manfaat gliserin atau gliserol untuk kulit dan kesehatan

Gliserin atau gliserol adalah kandungan populer dalam produk kecantikan. Zat ini pun memiliki manfaat kesehatan lain. Berikut ini manfaat gliserin untuk kecantikan dan kesehatan:

1. Membantu melembapkan kulit

Gliserin merupakan humektan atau agen yang mampu menarik air ke permukaan kulit. Dengan perannya tersebut, gliserin, terutama yang berasal dari sayuran, merupakan kandungan populer dalam produk skin care karena kemampuannya dalam melembapkan kulit.

Beberapa penelitian pun menemukan bahwa pengaplikasian gliserin dapat membantu kulit lebih lembut. Bahkan, disebutkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung gliserin meningkatkan hidrasi kulit selama sepuluh hari.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology, gliserin merupakan humektan terbaik dibandingkan agen-agen lainnya, seperti:

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Gliserin dari sayuran berpotensi untuk menjaga kesehatan kulit secara umum. Sebab, zat ini dipercaya dapat meredakan iritasi kulit, melawan infeksi, dan mempercepat pemulihan luka.

Berbagai riset menyebutkan bahwa penggunaan produk yang mengandung gliserin dapat melindungi kulit dari iritasi dan mikroba, di samping juga meredakan kulit yang meradang atau terluka.

Tak sampai di situ saja, gliserin dari tumbuhan berpotensi dapat bertindak sebagai barrier untuk melindungi kulit dari angin dan cuaca dingin.

3. Meredakan sembelit

Sebagai tambahan terkait manfaat gliserin, gliserin sayuran juga memiliki potensi untuk meringankan sembelit atau konstipasi. Khasiat ini dikembalikan pada kemampuan gliserin untuk menarik air sehingga penyerapan makanan yang lewat di usus menjadi lebih lancar.

Dengan kemampuannya tersebut, gliserin atau gliserol kadang digunakan dalam penanganan sembelit melalui supositoria. Supositoria adalah cara memberikan obat dengan tabung khusus yang kemudian dimasukkan ke anus.

Kegunaan lain dari gliserin atau gliserol

Selain terkenal sebagai humektan atau pelembap dalam produk skin care, gliserin juga memiliki beberapa kegunaan lain, seperti:

  • Bahan pembawa (vehikulum) dalam dunia farmasi
  • Zat pemanis
  • Zat pengental
  • Zat pengawet

Adakah efek samping dari penggunaan gliserin atau gliserol?

Secara umum, gliserin tergolong aman untuk digunakan. Belum ada laporan yang menyebutkan terkait efek samping dari penggunaan zat ini.

Gliserin atau gliserol dalam pelembap
Gliseron cenderung aman untuk digunakan

Walau begitu, karena gliserin adalah senyawa alami, tetap ada kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Beberapa gejala reaksi alergi yaitu rasa gatal, kulit kemerahan, atau ruam kulit. Anda bisa menghentikan penggunaan produk yang mengandung gliserin tersebut.

Catatan dari SehatQ

Gliserin atau gliserol merupakan salah satu kandungan yang banyak dicampurkan dalam produk perawatan kulit, termasuk pelembap. Berbagai studi pun menemukan bahwa zat ini memiliki efek yang positif untuk kulit. Semoga bermanfaat!

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/glycerin-soap
Diakses pada 12 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/glycerin-for-face
Diakses pada 12 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vegetable-glycerin
Diakses pada 12 Februari 2020

Artikel Terkait