Gliserin Adalah Kandungan Pelembap pada Skincare, Ini Fungsinya untuk Kulit Anda


Gliserin adalah salah satu kandungan zat pada skincare yang banyak dicari saat Anda membutuhkan pelembap. Gliserin atau gliserol baik untuk kulit karena dapat melembapkan sekaligus menyehatkan kulit.

(0)
12 Feb 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gliserin adalah salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam produk pelembapGliserin menjadi salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam produk pelembap
Gliserin adalah senyawa kimia yang dikenal dengan kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit. Saat memilih produk pelembap, Anda mungkin sering menemukan gliserin sebagai kandungan utama dalam produk tersebut. Apa itu gliserin untuk wajah dan manfaatnya? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu gliserin?

Gliserin adalah suatu senyawa alami yang terbuat dari tumbuhan, hewan, atau petroleum. Gliserin juga dapat terbentuk secara alamiah melalui fermentasi alkohol dan roti. Gliserin ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1779 oleh seorang ilmuwan di Swedia. Saat memanaskan minyak zaitun, seorang ilmuwan tersebut menemukan lemak hasil proses pemanasan yang kemudian disebut sebagai gliserin.Dalam dunia kecantikan, gliserin adalah salah satu jenis kandungan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Sejumlah penelitian pun telah menunjukkan bahwa fungsi gliserin untuk wajah sangat baik bagi kulit. 
Gliserin adalah senyawa kimia yang dulu dapat ditemukan dalam sabun
Gliserin juga banyak dibuat menjadi sabun sejak dahulu
Bahkan, masyarakat terdahulu juga telah menggunakan gliserin sebagai sabun. Mereka memanaskan minyak tanaman tertentu, mendinginkannya, kemudian membiarkannya sampai mengeras sampai membentuk balok sabun.Kandungan gliserin bisa Anda temukan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti krim wajah, pelembap, toner, sabun cuci muka, hingga serum wajah

Apa perbedaan gliserol dan gliserin? 

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan gliserol dan gliserin. Pasalnya, gliserin dan gliserol berasal dari molekul yang sama. Maka, gliserin disebut pula dengan gliserol. Gliserol adalah istilah yang digunakan untuk campuran murni. Sedangkan, gliserin berhubungan dengan tingkat komersial, terlepas dari kemurniannya.

Apa fungsi gliserin untuk wajah? 

Gliserol atau gliserin adalah kandungan populer dalam produk kecantikan. Tak heran bila salah satu senyawa kimia ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Berikut adalah fungsi gliserin untuk wajah selengkapnya. 

1. Melembapkan kulit

Fungsi gliserin adalah melembapkan kulit
Gliserin bekerja dengan menarik air ke permukaan kulit
Salah satu fungsi gliserin untuk wajah adalah melembapkan kulit. Gliserin adalah humektan atau suatu zat yang mampu menarik air ke permukaan kulit. Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat gliserin untuk wajah dapat membuat kulit lebih lembut. Bahkan, disebutkan pula bahwa mengoleskan krim yang mengandung gliserin dapat meningkatkan hidrasi kulit selama 10 hari.Sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menyatakan bahwa gliserin adalah zat humektan terbaik dibandingkan agen pelembap lainnya, seperti alpha hydroxy acids/AHA, hyaluronic acid, butilen glikol, sorbitol, dan ureaDengan demikian, kulit kering dan pecah-pecah, kulit kasar, dan iritasi, dapat dicegah melalui penggunaan gliserin. 

2. Melindungi kulit

Fungsi gliserin untuk wajah lainnya adalah melindungi kulit.Manfaat gliserin untuk wajah dapat bertindak sebagai barrier atau lapisan pelindung kulit yang mampu melindunginya dari paparan zat eksternal, seperti angin, cuaca dingin, atau zat polutan. 

3. Mempercepat penyembuhan luka

Berbagai riset menyebutkan bahwa fungsi gliserin untuk wajah dalam produk perawatan kulit dapat melindungi kulit dari iritasi dan mikroba, sekaligus meredakan kulit yang meradang atau terluka.Di samping itu, manfaat gliserin mampu melawan infeksi dan mempercepat pemulihan luka. 

4. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Fungsi gliserin adalah memperlambat tanda penuaan
Penuaan dini bisa diperlambat dengan penggunaan gliserin
Memperlambat tanda-tanda penuaan juga menjadi fungsi gliserin untuk wajah. Gliserin bekerja dengan menjaga kulit tetap kenyal dan bebas kerutan dalam jangka waktu yang lama. Menarik, bukan?

5. Meringankan masalah kulit

Fungsi gliserin untuk wajah dalam melembapkan dan menghidrasi kulit dapat membantu menenangkan kulit. Sebuah penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine mengemukakan bahwa krim mengandung gliserin dapat mengobati penyakit kulit, seperti eksim dan dermatitis atopik yang ditandai dengan gejala kulit kasar dan kulit kering mengelupas. 

6. Baik untuk semua jenis kulit 

Meski fungsi gliserin untuk wajah cenderung ampuh bagi pemilik kulit sangat kering, manfaat ini juga baik dirasakan oleh semua jenis kulit. Pasalnya, gliserin adalah kandungan dalam produk skincare yang teksturnya ringan, lembut, dan tidak rentan menyebabkan pori-pori tersumbat (noncomedogenic). Gliserin dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak sehingga baik bagi pemilik kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif, hingga kulit rentan berjerawat sekalipun. 

7. Mencegah jerawat muncul

Fungsi gliserin untuk wajah lainnya adalah mencegah jerawat muncul. Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, gliserin adalah senyawa kimia yang tidak rentan menyebabkan pori-pori tersumbat. Itu artinya, gliserin dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit, termasuk bagi pemilik kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat. 

8. Membuat kulit kenyal

Manfaat gliserin adalah membuat kulit lembap dan kenyal
Kulit lebih kenyal dengan penggunaan gliserin secara rutin
Fungsi gliserin untuk wajah juga mampu membuat kulit kenyal. Hal ini berkat kandungan emolien di dalamnya yang tak hanya melembapkan kulit, melainkan juga bisa membuat kulit kenyal. 

9. Memutihkan kulit

Banyak orang meyakini bahwa fungsi gliserin untuk wajah bisa memutihkan kulit. Manfaat ini mungkin muncul lantaran gliserin dianggap memiliki fungsi eksfoliasi. Ketika dioleskan pada kulit, gliserin dapat meningkatkan hidrasi pada lapisan kulit paling luar. Akibatnya, lapisan kulit paling atas menjadi lembut sehingga proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati terjadi lebih mudah. Dengan demikian, wajah sehat dan cerah pun jadi mudah untuk didapat. Kendati demikian, masih sedikit hasil studi meneliti mengenai manfaat gliserin untuk wajah satu ini. 

Adakah efek samping gliserin atau gliserol?

Gliserin adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan dalam pelembap
Gliseron cenderung aman untuk digunakan
Menurut sejumlah hasil penelitian, penggunaan gliserin untuk wajah cenderung aman dilakukan. Belum ada laporan yang menyebutkan terkait efek samping dari penggunaan zat ini.Walau begitu, gliserin bekerja dengan menarik dan menyerap kelembapan sampai debu dan polusi, sehingga risiko iritasi bisa saja terjadi pada beberapa orang. Terlebih, jika Anda rentan mengalami reaksi alergi, seperti kulit gatal, kulit kemerahan, atau ruam kulitTerlalu banyak menggunakan gliserin dapat menyebabkan kelebihan hidrasi pada kulit berminyak dan hilangnya kadar air pada kulit kering. Jadi, pastikan Anda membaca aturan pakai sebelum menggunakan skincare mengandung gliserin. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cara pakainya dengan tepat agar terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi. 

Bagaimana cara menggunakan produk skincare mengandung gliserin dengan aman?

Untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi, ada beberapa cara menggunakan produk skincare mengandung gliserin dengan aman, yaitu: 

1. Lakukan tes pada kulit

Salah satu cara menggunakan produk skincare mengandung gliserin dengan aman adalah dengan melakukan tes pada kulit. Caranya, oleskan produk perawatan kulit mengandung gliserin pada area kulit siku bagian dalam, punggung tangan, atau area belakang telinga terlebih dahulu.Diamkan selama 24 jam, lalu cermati ada tidaknya reaksi negatif yang ditimbulkan pada kulit.  Jika kulit Anda cukup sensitif terhadap penggunaan produk perawatan kulit dengan gliserin, beberapa reaksi yang ditimbulkan, antara lain kulit kemerahan, kulit terasa gatal, pembengkakan, sampai muncul reaksi alergi. 

2. Gunakan pada malam hari

Untuk hasil terbaik, gliserin dapat menyebabkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari jadi meningkat. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan skincare mengandung gliserin pada malam hari sebelum tidur. Bila ingin menggunakan gliserin pada pagi atau siang hari, selalu oleskan sunscreen atau tabir surya sesudahnya.

3. Konsultasikan dengan dokter

Cara menggunakan produk skincare mengandung gliserin yang paling aman adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan demikian, dokter dapat memberikan rekomendasi mengenai tepat atau tidaknya penggunaan gliserin untuk wajah Anda. [[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Gliserol atau gliserin adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam sejumlah produk perawatan kulit, termasuk pelembap, krim wajah, serum wajah, toner, dan sabun cuci muka. Berbagai studi pun menemukan bahwa manfaat gliserin untuk wajah sangat baik.Namun, pastikan Anda mengetahui cara pakainya dengan aman guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar apa itu gliserin, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/glycerin-soap
Diakses pada 12 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/glycerin-for-face
Diakses pada 12 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vegetable-glycerin
Diakses pada 12 Februari 2020
Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/
Diakses pada 15 Februari 2021
Health. https://www.health.com/beauty/what-is-glycerin
Diakses pada 15 Februari 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/glycerin-for-face#benefits-of-using-glycerin-on-face
Diakses pada 15 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12013198/
Diakses pada 15 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18510666/
Diakses pada 15 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/glycerin-for-skin-whitening#is-it-safe
Diakses pada 15 Februari 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/what-is-glycerin
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait