Gigi Susu Lepas Umur Berapa? Ini Urutannya


Gigi susu akan mulai lepas saat anak berusia 6 tahun. Gigi pertama yang akan lepas adalah gigi seri atas atau bawah, lalu diikuti dengan taring lalu gigi geraham. Gigi susu akan lepas semua saat anak berusia 12 tahun.

0,0
18 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gigi susu lepas umur berapa? mulai umur 6 tahunGigi susu lepas mulai usia 6 tahun
Gigi susu anak tidaklah permanen dan akan mulai lepas mulai usia 6 tahun untuk kemudian digantikan dengan gigi permanen. Gigi susu anak berfungsi untuk menjaga tempat tumbuhnya gigi permanen di rahang, sehingga apabila gigi susu tidak terjaga dengan baik, maka bisa berimbas ke susunan gigi permanen.
Urutan lepasnya gigi susu perlu diperhatikan orang tua karena jika terlalu cepat atau lambat, bisa-bisa pertumbuhan gigi permanennya terganggu. Ini bisa menyebabkan susunan gigi permanen berantakan.Susunan gigi yang berantakan bisa memicu berbagai komplikasi di rongga mulut, sehingga mengetahui urutan lepasnya gigi susu adalah hal yang sangat penting.

Apa itu gigi susu dan apakah semua gigi susu akan diganti oleh gigi permanen?

Gigi susu adalah gigi baru yang pertama kali tumbuh saat bayi. Sebutan resmi untuk gigi susu adalah gigi desidui. Umumnya, gigi susu akan tumbuh satu per satu sejak usia bayi 6 bulan hingga sekitar 3 tahun. Setelah tumbuh semua, total jumlah gigi susu adalah sebanyak 20 gigi yang terdiri dari: Untuk setiap set 4 gigi, berarti dua gigi terletak di rahang atas ataupun bawah sebelah kiri dan kanan.Lalu, apakah semua gigi susu akan diganti oleh gigi permanen? Ya. Pada akhirnya, gigi susu akan diganti oleh gigi permanen yang akan digunakan hingga usia dewasa.Gigi sulung harus copot untuk memberi jalan agar gigi permanen bisa tumbuh seluruhnya. Proses pertumbuhan gigi permanen dapat terus berlangsung hingga dewasa yakni saat gigi molar terakhir atau gigi bungsu tumbuh.Baca Juga: Cara Merawat Gigi Susu yang Benar, Orang Tua Perlu Tahu

Kapan gigi susu lepas?

Biasanya, urutan lepasnya gigi susu akan berurutan sesuai dengan saat awal pertumbuhannya. Karena umumnya gigi susu yang pertama kali tumbuh adalah gigi seri bawah pertama, maka gigi ini juga yang biasanya copot terlebih dahulu.Lantas gigi susu lepas umur berapa? Hal ini dapat mulai terjadi saat anak berusia sekitar 6 atau 7 tahun. Setelah gigi seri tengah bawah, biasanya gigi susu yang lepas berikutnya adalah gigi seri tengah atas.Gigi sulung akan terus lepas satu per satu untuk digantikan oleh gigi permanen. Proses pertumbuhan gigi permanen ini dapat berlangsung hingga usia antara 17 sampai 21 tahun.Rata-rata usia saat gigi susu lepas adalah sebagai berikut:
  • Gigi seri pertama atas dan bawah: usia 6-7 tahun
  • Gigi seri kedua atas dan bawah: usia 7-8 tahun
  • Gigi taring bawah: usia 9-12 tahun
  • Gigi taring atas: usia 10-12 tahun
  • Gigi geraham pertama atas dan bawah: usia 9-11 tahun
  • Gigi geraham kedua atas dan bawah: usia 10-12 tahun
Baca Juga: Urutan Tumbuh Gigi Anak dari Gigi Susu hingga Gigi Permanen

Apa yang harus dilakukan ketika gigi susu copot?

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika gigi susu mulai copot? Inilah saatnya orang tua mulai mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya merawat gigi dengan baik dan cara perawatannya yang tepat.Beberapa hal yang dapat diajarkan pada anak untuk menjaga gigi susu meliputi:
  • Ingatkan anak untuk rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari terutama sebelum tidur.
  • Awasi anak saat melakukannya dan tawarkan bantuan sesuai kebutuhan hingga anak dapat sikat gigi sendiri dengan baik sekitar usia 8 tahun.
  • Gunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong.
  • Bantu anak membersihkan sela-sela giginya setiap hari.
  • Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.
  • Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi setahun dua kali untuk anak.
  • Konsumsi makanan yang sehat khususnya makanan sumber kalsium dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan dan kekuatan gigi.
  • Batasi camilan di antara waktu makan, terutama yang tinggi gula.
Dengan perawatan yang tepat, gigi permanen anak dapat bertahan lama bahkan hingga seumur hidup.
Itulah informasi mengenai waktu lepasnya gigi susu. Sebagian anak dapat mengalami gigi susu lepas lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan.
tumbuh gigi pada bayikesehatan gigisakit gigi
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/expert-answers/baby-teeth/faq-20058532
Diakses 10 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-your-childs-teeth
Diakses 10 November 2021
American Dental Association. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/e/eruption-charts
Diakses 10 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/baby-teeth-fall-out
Diakses 10 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait