Gigi Keropos pada Anak 1 Tahun Bisa Disebabkan Kebiasaan Ini


Gigi keropos pada anak 1 tahun dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman asam, kenaikan asam lambung, atau jarang menyikat gigi. Namun, gigi susu tersebut akan tanggal dan digantikan gigi permanen.

0,0
13 Aug 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gigi keropos pada anak 1 tahun dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman asamGigi keropos pada anak 1 tahun terjadi akibat kebiasaan yang buruk atau masalah tertentu
Anak gemar mengonsumsi makanan asam? Hati-hati, giginya bisa keropos. Gigi keropos pada anak 1 tahun umumnya terjadi akibat kebiasaan yang buruk atau masalah tertentu. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi sensitif, lebih mudah patah, bahkan menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab gigi keropos pada anak 1 tahun

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gigi keropos pada anak 1 tahun yang harus orangtua perhatikan:

1. Mengonsumsi makanan dan minuman asam

buah sitrus
Kelompok buah sitrus mengandung kadar asam yang tinggi
Paparan asam dari makanan dan minuman bisa menyebabkan gigi keropos pada anak. Makanan dan minuman yang mengandung kadar asam tinggi, di antaranya minuman ringan, jeruk, lemon, permen loli, dan jus buah.Terlalu banyak mengonsumsi asupan tersebut dapat melarutkan kristal yang membentuk gigi, serta membuat enamel dan dentin terkikis secara perlahan.

2. Kenaikan asam lambung

Penyebab gigi keropos pada anak 1 tahun yang tidak boleh diremehkan adalah naiknya asam lambung. Selain pada orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kondisi ini. Lambung mengandung banyak asam kuat yang digunakan untuk mencerna makanan. Ketika asam lambung naik ke mulut, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi bahkan sampai menimbulkan bau mulut.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi gula

Berbagai makanan manis, seperti kue, permen, es krim, atau cokelat, sering kali menjadi favorit anak-anak. Sisa gula yang menempel di gigi dapat dimakan oleh kuman dan menghasilkan asam. Asam tersebut dapat membentuk plak yang menyebabkan gigi anak keropos. Seiring waktu, lubang pada gigi anak bisa muncul dan menyebabkan nyeri, infeksi, bahkan memengaruhi tumbuh kembangnya. 

4. Jarang menyikat gigi

Gigi keropos pada anak 1 tahun juga dapat terjadi akibat kebersihan gigi yang kurang terjaga. Apabila tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan dapat menempel pada gigi hingga menyebabkan kuman berkembang dan merusak gigi anak.

5. Kebiasaan minum susu menggunakan botol 

minum susu di dalam botol
Kebiasaan minum susu di dalam botol sebelum tidur bisa memicu gigi anak keropos
Kebiasaan minum susu di dalam botol sebelum tidur bisa menyebabkan gigi keropos pada anak 1 tahun. Gula laktosa dalam susu yang menempel di mulut akan digerogoti oleh bakteri dan menghasilkan asam.Rendahnya air liur ketika tidur membuatnya tidak mampu melindungi gigi dari kerusakan. Akibatnya, gigi anak bisa menjadi keropos.

6. Mulut kering

Jika anak tidak mendapatkan cairan yang cukup, kondisi mulutnya bisa menjadi kering. Padahal air liur dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan menetralkan asam dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Akibatnya, mulut kering mampu meningkatkan risiko gigi anak keropos.Gigi susu anak yang keropos bisa tanggal dengan sendirinya dan digantikan oleh gigi permanen. Namun, jika menimbulkan rasa nyeri atau membuat gigi lebih sensitif, Anda dapat memeriksakan anak ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat.

Cara mencegah gigi keropos pada anak 1 tahun

mengajari anak mengyikat gigi
Ajari anak menyikat gigi sedari dini agar kebersihannya terjaga
Menjaga kesehatan gigi anak sangatlah penting supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Beberapa cara mencegah gigi keropos pada anak 1 tahun yang dapat Anda lakukan.
  • Mulai membersihkan gigi anak setelah giginya tumbuh. Anda dapat membersihkan gigi anak dengan lap basah atau mengajarinya menyikat gigi. Gunakan pasta gigi berukuran sebutir beras.
  • Berikan anak makanan bergizi seimbang, terutama sayur-mayur dan buah. Batasi makanan yang asam dan tinggi gula, seperti permen, kue, dan keripik, untuk menghindari kerusakan gigi.
  • Untuk mencegah gigi keropos pada anak 1 tahun, hindari menggunakan peralatan makan bersama. Hal tersebut memungkinkan terjadinya perpindahan bakteri dari mulut Anda ke mulut anak.
  • Jika anak memiliki kebiasaan minum susu di dalam botol, sebaiknya perlahan hentikan kebiasaan tersebut. Gantilah susu formula dengan air putih karena gula dalam susu bisa menyebabkan gigi anak keropos.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi anak dan mendeteksi kerusakan sedini mungkin.
Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gigi keropos pada anak 1 tahun, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
kesehatan anakkesehatan gigigigi bungsu
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/dental-erosion#saliva-can-help-reduce-dental-erosion
Diakses pada 30 Juli 2021
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/tooth-decay-young-children#causes-of-tooth-decay-in-young-children
Diakses pada 30 Juli 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/babies/health-daily-care/dental-care/tooth-decay
Diakses pada 30 Juli 2021
University of Rochester Medical Center. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=P01848
Diakses pada 30 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait