Gigi Anak Tumbuh Miring, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya


Gigi anak tumbuh miring dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti melakukan kebiasaan yang buruk, kurang terjaganya kebersihan gigi, hingga faktor genetik. Kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan oleh dokter gigi.

0,0
12 Aug 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gigi anak tumbuh miring dapat terjadi akibat kebiasaan yang burukGigi anak tumbuh miring bisa membuat tampilan gigi terlihat tidak rapi
Gigi anak tumbuh miring merupakan masalah yang umum terjadi. Kondisi ini bisa terjadi pada gigi susu maupun gigi permanen. Akibatnya, tampilan gigi anak terlihat tidak rapi. Selain itu, dikhawatirkan gigi yang lain juga akan tumbuh dengan posisi miring. Terdapat berbagai faktor penyebab yang bisa mengakibatkan gigi anak tumbuh miring. Penting bagi orangtua untuk memahaminya agar dapat mengatasi permasalah ini dengan perawatan yang tepat.

Penyebab gigi anak tumbuh miring

Berikut adalah berbagai penyebab gigi anak tumbuh miring yang harus diwaspadai orangtua:

1. Kebiasaan yang buruk

anak mengisap jempol
Mengisap jempol bisa menyebabkan gigi seri terdorong keluar
Gigi anak tumbuh miring bisa terjadi akibat kebiasaan mengisap jempol atau ngedot. JIka anak terus melanjutkan kebiasaan ini hingga usianya di atas 5 tahun, gigi seri dan gigi premolar dapat terdorong keluar dari tempatnya sehingga mengakibatkan susunan gigi menjadi buruk, bahkan rahang atas dan bawah tidak sejajar.

2. Kerusakan gigi

Gigi yang tumbuh berlebihan dapat menyebabkan desakan pada jajaran gigi yang lain sehingga memicu gigi anak tumbuh miring. Kondisi ini juga bisa terjadi jika anak mengalami kerusakan gigi. Akibatnya, gigi permanen tidak berada pada posisi yang benar dan malah tumbuh miring.

3. Faktor genetik

Gigi tumbuh miring sering kali diturunkan dalam keluarga. Jika Anda atau pasangan memiliki gigi yang tumbuh miring, maka anak pun dapat mengalaminya. Selain itu, bentuk rahang yang tidak sejajar juga bisa diturunkan sehingga Anda harus waspada karena kondisi ini dapat menghambat perkembangan gigi.

4. Kebersihan gigi kurang terjaga

kebersihan gigi
Kebersihan gigi yang buruk bisa memicu sejumlah masalah
Kebersihan gigi yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang. Jika gigi yang jarang dibersihkan tanggal lebih cepat, kondisi ini memicu gigi anak tumbuh miring, bahkan bisa memicu masalah gigi lainnya.

5. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan gigi anak mengalami kerusakan dan mendorong pertumbuhan gigi yang buruk. Kondisi ini juga bisa memicu gigi tumbuh miring.

6. Cedera

Benturan keras pada mulut, seperti terjatuh dari tempat tidur dengan posisi wajah menghantam lantai, dapat menyebabkan posisi gigi berubah. Akibatnya, gigi pun bisa menjadi miring, berjejal, atau tumpang tindih.Jika gigi susu anak tumbuh miring, bukan berarti gigi permanennya juga akan miring. Namun, pada sebagian kasus, kondisi ini memang bisa terjadi. Oleh sebab itu, ajak anak untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Cara mengatasi gigi anak tumbuh miring

Gigi tumbuh miring bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti mengganggu kemampuan mengunyah, meningkatkan risiko masalah gigi, dan menurunkan rasa percaya diri. Adapun cara mengatasi gigi anak tumbuh miring yang dapat dilakukan, yakni:

1. Ingatkan anak untuk tidak melakukan kebiasaan buruk

Hentikan berbagai kebiasaan buruk anak yang dapat merusak giginya sedini mungkin. Jika anak masih mengisap jempol atau ngedot, ingatkan dia untuk berhenti melakukannya, terutama jika anak sudah berusia di atas 2 tahun karena bisa memicu gigi lain tumbuh miring.

2. Bawa anak ke dokter gigi

dokter memeriksa gigi anak
Ajak anak ke dokter gigi untuk memeriksa kondisi giginya
Untuk mendapat penanganan yang tepat, tidak ada salahnya untuk mengajak anak ke dokter gigi. Konsultasikan mengenai gigi tumbuh miring yang dimiliki oleh anak. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan menentukan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Memasang kawat gigi

Pemasangan kawat gigi dapat direkomendasikan dokter untuk membantu merapikan gigi anak yang tumbuh miring. Sebab, anak memiliki gusi dan jaringan tulang yang lebih fleksibel sehingga lebih mudah diperbaiki.Pemakaian kawat gigi untuk anak dapat berlangsung selama 2-3 tahun, tergantung jenis kawat gigi yang dipilih. Dengan metode ini, gigi anak tumbuh miring bisa menjadi lebih rapi secara bertahap.Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut anak dengan baik. Anak harus menyikat gigi sebanyak dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Selain itu, hindari memberikan makanan yang tinggi gula secara berlebihan pada anak agar terhindar dari berbagai masalah gigi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gigi anak tumbuh miring, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan gigigigi bungsugigi berlubangkawat gigi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/crooked-teeth#straightening-options
Diakses pada 29 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/crooked-teeth-misaligned-bites
Diakses pada 29 Juli 2021
Thurman Orthodontics. https://www.thurmanortho.com/crooked-teeth-in-kids-heres-what-you-can-do/
Diakses pada 29 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait