Gerakan Yoga untuk Meninggikan Badan Apakah Efektif? Ini Faktanya


Gerakan yoga bisa dilakukan untuk membantu tubuh terlihat lebih tinggi. Sebab, olahraga ini berguna untuk memperbaiki postur. Contoh gerakannya antara lain child’s pose, mountain pose, shoulder opener, dan bridge pose.

0,0
16 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gerakan yoga untuk meninggikan badan antara lain child's pose, mountain pose, shoulder opener, dan bridge poseGerakan yoga untuk meninggikan badan berfokus pada meluruskan posisi tulang belakang
Yoga sudah terbukti bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik, tapi apakah meninggikan badan termasuk salah satunya? Jawabannya tidak. Yoga tidak bisa menambah tinggi badan, terutama kalau Anda sudah berusia dewasa. Namun, olahraga ini bisa membantu memperbaiki postur, sehingga Anda tampak lebih tinggi.Yoga juga bisa mencegah Anda kehilangan tinggi badan. Ada beberapa sebab pemendekan tubuh manusia bisa terjadi, yang paling umum adalah akibat penuaan. Sementara itu faktor lainnya adalah kelainan tulang belakang seperti skoliosis dan kifosis.Dengan rutin yoga, maka kerusakan otot akibat penuaan yang bisa menyebabkan tubuh terlihat lebih pendek, akan bisa dicegah. Sementara bagi pengidap skoliosis dan kifosis, olahraga ini dapat membantu menyeimbangkan kembali posisi tulang belakang.

Gerakan yoga yang bisa membuat badan terlihat lebih tinggi

Berikut ini beberapa gerakan yoga yang dapat memperbaiki postur, sehingga Anda bisa terlihat lebih tinggi.
Mountain pose yoga, gerakan yoga untuk meninggikan badan
Mountain pose yoga untuk membuat badan terilhat lebih tinggi

1. Mountain Pose

Mountain pose adalah gerakan yoga yang terlihat sederhana tapi sebenarnya cukup kompleks untuk dilakukan.
Sekilas, orang yang melakukan pose ini mungkin terlihat seperti sedang berdiri tegak biasa. Padahal, ini adalah posisi netral yang memungkinkan tubuh berada pada posisi vertikal paling lurus.
Para pemula biasanya melakukan kesalahan saat mencoba pose ini, seperti posisi pundak yang terlalu ke belakang atau dada terlalu maju.

2. Shoulder Opener

Gerakan yoga ini juga dianggap baik untuk membuat badan terlihat lebih tinggi. Berikut ini cara untuk melakukannya:
  • Posisikan kedua tangan di belakang dan kaitkan jari-jari kiri dan kanan.
  • Tarik tangan ke belakang dan arahkan pundak lebih naik hingga mendekati telinga.
  • Tahan posisi ini beberapa saat lalu luruskan kembali kedua tangan.
Posisi shoulder opener juga bisa dilakukan sambil melakukan peregangan otot hamstring di paha. Caranya adalah dengan memposisikan salah satu kaki maju dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.Selama kaki maju, posisi tangan tetap saling berkait di bagian belakang lalu tarik ke atas hingga berada di tengah punggung, dan angkat perlahan-lahan hingga ke atas kepala.

3. Cat-Cow Stretch

Gerakan yoga ini baik untuk menemukan lengkung alami dari tulang belakang, sehingga postur bisa membaik dan tubuh terlihat lebih tinggi.Cara melakukannya adalah dengan langkah-langkah ini.:
  • Posisikan tubuh seperti akan merangkak dan buat tulang belakang berada dalam posisi netral yang lurus dari ujung kepala hingga tulang ekor.
  • Tatapan menghadap ke bawah sehingga tulang leher tetap lurus.
  • Tarik napas sambil melakukan posisi “cow”, yaitu dengan melengkungkan perut ke lebih ke bawah, sehingga tulang belakang sedikit membentuk garis cekung
  • Hembuskan napas sambil melakukan posisi (cat) dengan mengangkat punggung ke atas, sehingga tulang belakang membentuk garis cembung.
  • Selama mencoba gerakan ini, pastikan posisi leher rileks.
Child pose yoga bisa membantu meninggikan badan
Gerakan yoga untuk meninggikan badan salah satunya child pose yoga

4. Child’s Pose

Child’s pose akan melatih beberapa bagian otot tubuh sekaligus tulang belakang. Cara melakukan gerakan yoga ini adalah dengan langkah seperti ini.
  • Duduk berlutut di atas alas yang rata tapi cukup empuk, seperti karpet yoga.
  • Setelah itu, bungkukkan badan dan posisikan lengan lurus ke depan.
  • Jangan angkat bagian bokong saat tubuh membungkuk.
  • Tekuk tubuh ke depan sampai bagian dahi menyentuh lantai.
  • Tahan posisi ini beberapa menit.

5. Bridge Pose

Posisi bridge akan membuka dada dan bahu, sehingga tubuh bisa lebih tegap. Selain itu, punggung juga akan lebih lurus sehingga tulang belakang bisa menopang dengan semakin memadai.Cara melakukannya adalah:
  • Posisikan badan terlentang di atas alas yang rata lalu tekuk lutut hingga membentuk sudut kurang lebih 45 derajat dengan paha.
  • Posisi tangan lurus di samping badan, dengan telapak menghadap ke bawah.
  • Angkat pinggul perlahan-lahan hingga setinggi paha.
  • Saat pinggul mulai terangkat, taruh kedua tangan di bawahnya, sehingga bahu bisa bergeser lebih masuk mendekati garis tengah tubuh.
  • Buat bokong lebih rileks sehingga pinggul bisa terangkat lebih tinggi dan tahan selama beberapa saat.

6. Eagle Pose

Eagle pose adalah gerakan yoga yang dapat membantu tubuh terlihat tinggi karena ini melatih keseimbangan dan membuat core tubuh jadi lebih kuat. Jadi, tulang belakang bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan dan postur tubuh yang baik pun akan tercapai.Cara melakukannya adalah sebagai berikut ini:
  • Pusatkan semua tenaga di kaki kiri.
  • Angkat kaki kanan dan silangkan paha kanan di atas paha kiri di posisi setinggi mungkin.
  • Kaitkan punggung kaki kanan ke betis kaki kiri.
  • Angkat kedua lengan ke atas seperti sedang berdoa, lalu silangkan lengan kiri dan kanan sambil mengaitkan dua telapak tangan.
  • Angkat siku hingga setinggi bahu.
  • Tahan hingga 5-10 kali siklus napas dan ulangi dari awal.
Gerakan yoga untuk meninggikan badan downward facing dogs
Posisi downward facing dong untuk membuat tubuh lebih tinggi

7. Downward Facing Dog

Downward Facing Dog dapat membantu meregangkan tulang belakang dan otot kaki bagian belakang.Cara melakukan gerakan yoga ini adalah dengan tahapan berikut ini.
  • Posisikan tubuh dari posisi plank, lalu angkat perlahan sehingga membentuk posisi high plank.
  • Tekuk tubuh perlahan ke arah dalam sehingga antara badan dan kaki membentuk sudut seperti segitiga.
  • Kaki tetap dalam posisi lurus dan jangan terlalu banyak memberikan beban di bahu. Posisikan tulang belakang tetap netral.

8. High Plank Pose

High plank pose adalah gerakan yoga yang sangat efektif untuk membangun kekuatan core sehingga tulang belakang bisa berada di posisi yang bagus.Cara melakukannya adalah melalui tahapan ini:
  • Posisikan tubuh seperti akan push up, lengan lurus ke bawah dan kaki lurus ke belakang.
  • Tahan perut dan pantat agar jangan sampai kendur.
  • Tahan posisi ini selama satu menit atau lebih.

Catatan dari SehatQ

Gerakan yoga untuk meninggikan badan orang dewasa sebenarnya tidak ada, yang ada adalah yoga bisa memperbaiki postur sehingga tubuh terlihat lebih tinggi. Tinggi badan akan berhenti bertambah setelah usia sekitar 18-20 tahun.Memperbaiki postur dengan yoga tidak hanya akan membuat Anda terlihat tambah tinggi. Manfaat kesehatan lain pun akan mengikuti, seperti otot yang lebih kuat, tubuh yang lebih fleksibel, hingga pikiran yang lebih rileks.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat yoga untuk kesehatan, serta seputar tinggi badan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragayogatinggi badan
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/yoga-poses-to-improve-your-posture-3567224
Diakses pada 7 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/yoga-to-increase-height
Diakses pada 7 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait