7 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Anda Coba

Salah satu gerakan yoga untuk mengecilkan perut adalah pawanmuktasana
Gerakan yoga pawanmuktasana dapat membantu mengecilkan perut Anda

Olahraga yoga belakangan banyak digemari orang karena memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan stres dan membuat tubuh lebih bugar. Nah, tahukah Anda jika ada juga gerakan yoga untuk mengecilkan perut?

Yoga memang bukan olahraga yang umumnya digunakan untuk membakar kalori, misalnya latihan aerobik. Hanya saja, beberapa gerakan yoga lebih intens dibanding lainnya sehingga dapat membantu Anda membakar kalori dan mencegah bertambahnya berat badan.

Jenis gerakan yoga untuk mengecilkan perut

Perut buncit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gangguan pencernaan, adanya kandungan gas di dalam perut, hingga menumpuknya lemak dalam jangka panjang. Bila Anda tengah mengalaminya, maka yoga dapat menjadi salah satu solusi mengatasi masalah tersebut.

Berberapa gerakan yoga memang diyakini sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi gas di dalam lambung yang pada akhirnya dapat mengecilkan perut buncit. Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang bisa Anda coba:

Gerakan yoga tadasana
Gerakan yoga tadasana mirip dimulai dengan posisi berdiri
  • Tadasana

Tadasana merupakan salah satu gerakan dasar yoga yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Cara melakukan gerakan ini adalah tarik napas dan angkat kedua tangan ke atas, buang napas, dan turunkan kembali ke sisi tubuh. Lakukan gerakan tersebut selama 15-30 detik.

Gerakan yoga dhanurasana
Gerakan yoga dhanurasana berbentuk seperti busur
  • Dhanurasana

Gerakan yoga ini seperti pose busur, yang salah satu tujuannya memang untuk menghilangkan lemak perut. Selain itu, dhanurasana menjadi salah satu gerakan dasar yoga yang paling penting karena pose ini dapat meregangkan, melenturkan, dan memperkuat punggung dengan efektif.

Gerakan yoga paschimottanasana
Gerakan yoga paschimottanasana membutuhkan kelenturan
  • Paschimottanasana

Postur ini dikenal sebagai lekukan ke depan dan dapat menstimulasi ulu hati, mengencangkan perut, dan membakar lemak perut. Gerakan tersebut juga dapat membantu mengendurkan otot panggul yang tegang karena duduk terlalu lama, melancarkan peredaran darah, serta bersifat menenangkan dan mengurangi depresi.

Gerakan yoga pawanmuktasana
Gerakan yoga pawanmuktasana dapat membakar lemak perut
  • Pawanmuktasana

Pawanmuktasana adalah gerakan yoga untuk mengecilkan perut akibat adanya masalah gas pada lambung, sembelit, maupun gangguan pencernaan lainnya. Gerakan ini menekankan pada perut sehingga juga dapat membantu pembakaran lemak di daerah perut.

Gerakan yoga naukasana
Gerakan yoga naukasana seperti membentuk huruf V
  • Naukasana

Naukasana merupakan salah satu gerakan yoga yang paling dikenal untuk meraih perut rata dan otot perut kencang. Gerakan ini disebut juga pose perahu karena Anda seperti harus membentuk huruf V alias perahu kecil dengan kedua kaki diluruskan ke atas, badan ditarik ke belakang, dan tangan memegang bagian paha belakang.

Gerakan yoga ushtrasana
Gerakan yoga ushtrasana dapat mengencangkan otot perut
  • Ushtrasana

Pose ushtrasana memiliki fungsi yang hampir sama dengan naukasana, yakni mengencangkan otot-otot perut. Hanya saja, gerakan yoga untuk mengecilkan perut ini dilakukan dengan menarik kedua tangan ke belakang hingga menyentuh tumit.

Gerakan yoga padahastasana
Gerakan yoga padahastasana juga membutuhkan kelenturan
  • Padahastasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut ini dilakukan dengan menekukkan badan ke depan. Bagi pemula dengan kelenturan badan yang belum begitu baik, gerakan ini mungkin agak susah dilakukan karena menuntut Anda untuk melipat badan sehingga hidung menyentuh lutut dan telapak tangan berada di bawah kaki.

Jika Anda belum pernah melakukan olahraga yoga sebelumnya, tidak ada salahnya mendaftarkan diri ke kelas yoga untuk mengetahui gerakan dasar dari olahraga ini. Setelahnya, Anda baru disarankan mencoba gerakan yoga untuk mengecilkan perut di atas, bila perlu dengan bantuan instruktur.

Seberapa sering gerakan yoga untuk mengecilkan perut harus dilakukan?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerakan yoga untuk mengecilkan perut tersebut bisa dilakukan sesering mungkin. Jika Anda berlatih yoga dengan intensitas sedang hingga tinggi, Anda bisa melakukannya dalam 3-5 kali seminggu selama minimal 1 jam tiap sesi.

Demi memiliki perut sesuai idaman, Anda bisa mengombinasikan gerakan yoga untuk mengecilkan perut dengan latihan kardio, misalnya berjalan, bersepeda, atau berenang. Jangan lupa untuk menjaga pola makan Anda agar perut lebih cepat mengecil.

Healthline. https://www.healthline.com/health/yoga-for-weight-loss
Diakses pada 24 Februari 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/yoga-for-excessive-gas-relief.aspx
Diakses pada 24 Februari 2020

Big Blue Test. https://bigbluetest.org/yoga-poses-to-burn-belly-fat/
Diakses pada 24 Februari 2020

Artikel Terkait