Gerakan Senam Sehat Gembira yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Senam sehat gembira adalah senam yang dapat dilakukan siapa saja
Ilustrasi keluarga yang sedang melakukan senam

Banyak sekali ragam senam yang terdapat di Indonesia, salah satunya adlaah senam sehat gembira. Apa sih yang dimaksud dengan senam ini? Bagaimana gerakannya dan apa pula manfaatnya untuk kesehatan Anda?

Senam adalah latihan tubuh yang gerakannya disusun secara sistematis dan dilakukan dengan tujuan menyehatkan fisik dan mental. Sementara senam sehat gembira pada dasarnya adalah senam irama atau senam ritmik, yakni senam yang dilakukan dengan diiringi musik atau latihan bebas lewat gerakan berirama.

Senam sehat gembira banyak diterapkan pada sekolah-sekolah, terutama pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar, sebagai alternatif gerakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Meskipun demikian, orang dewasa juga bisa melakukan gerakan senam yang sederhana dan ceria ini.

Apa saja gerakan senam sehat gembira?

Gerakan dalam senam sehat gembira tidaklah baku, artinya Anda dapat melakukan gerakan apa pun sesuai dengan irama musik. Kendati demikian, gerakan senam sehat gembira memiliki prinsip-prinsip gerakan dasar, yaitu koordinasi mata dengan tangan dan kaki, kelincahan, kekuatan, keseimbangan, keterampilan, dan fleksibilitas.

Berikut beberapa rekomendasi gerakan senam sehat gembira yang dapat Anda lakukan:

  • Jalan di tempat sambil mengangkat kedua tangan
  • Jalan di tempat sambil menghadap ke kiri dan kanan
  • Melangkah ke depan satu langkah sambil meletakkan tangan di pinggang yang dilanjutkan dengan meletakkan tangan di kepala
  • Menggerakkan bahu ke atas dan ke bawah sambil bergerak ke kiri dan ke kanan
  • Mengangkat tangan ke kiri dan ke kanan, dilanjutkan dengan menggerakkannya ke bawah
  • Jalan di tempat sambil menghadap kiri dan kanan sambil mengangkat tangan
  • Melangkah ke depan satu langkah dan mengangkat tangan ke kepala
  • Memutar tangan ke kiri dan kanan
  • Mendorong tangan ke kiri dan ke kanan
  • Mengulangi gerakan sesuai irama musik.

Manfaat senam sehat gembira

Senam sehat gembira dapat dilakukan sendiri, namun lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama orang lain secara komunal. Selain menjadikan badan sehat dan hati gembira, terdapat manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari melakukan gerakan senam ini, misalnya:

  • Merangsang keterampilan motorik kasar anak

Manfaat senam sehat gembira yang paling banyak dirasakan oleh anak-anak adalah dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar. Yang dimaksud dengan motorik kasar adalah kemampuan tubuh melakukan gerakan yang membutuhkan kemampuan otot besar pada sebagian atau seluruh anggota tubuh.

Pemberian reward dan dorongan positif kepada anak juga dapat memengaruhi tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak. Selain itu, pemilihan musik sebagai pengiring senam sehat gembira yang menarik juga dapat menjadikan anak lebih bersemangat saat melakukan kegiatan ini.

  • Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggabungkan kemampuan fisik dengan pikiran sehingga menghasilkan kecerdasan yang sempurna. Kecerdasan ini meliputi koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan menerima rangsangan.

Dari penelitian pada anak usia 5-6 tahun, ditemukan bahwa gerakan senam irama seperti senam sehat gembira dapat membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang dilakukan oleh guru-guru sekolah untuk membantu anak didiknya mencapai potensi maksimal.

Selain manfaat-manfaat di atas, Anda juga dapat merasakan khasiat senam pada umumnya, yakni menjadikan hati gembira, menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Jika dilakukan di dalam kelompok masyarakat, Anda juga dapat mengasah kemampuan sosial.

Meski menyehatkan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui batasan fisik Anda sendiri. Selain itu, tetap jalani pola hidup yang sehat agar kualitas hidup Anda juga berjalan baik secara keseluruhan.

Repository Unsu. http://repository.uinsu.ac.id/6031/1/SKRIPSI%20RIZKY%20LESTARI%20PIAUD-1.pdf
Diakses pada 31 Mei 2020

e-prints UMS. http://eprints.ums.ac.id/74739/2/NASPUB.pdf
Diakses pada 31 Mei 2020

Jurnal Sportif. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk
Diakses pada 31 Mei 2020

Seputar Wonosobo. https://wonosobokab.go.id/website/index.php/berita/seputar-wonosobo/item/4682-dikbudpora-perkenalkan-senam-sehat-anak-indonesia/4682-dikbudpora-perkenalkan-senam-sehat-anak-indonesia
Diakses pada 31 Mei 2020

e-Prints UNY. https://eprints.uny.ac.id/61925/1/PAHLITA%20RATRI%20RAMADHANI_14111244019.pdf
Diakses pada 31 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise
Diakses pada 31 Mei 2020

Artikel Terkait