Bayi Sungsang? Ikuti 5 Gerakan Senam Hamil Agar Posisi Kepala Bayi di Bawah


Ada beberapa gerakan senam hamil yang dapat Anda lakukan untuk membuat posisi kepala bayi yang sungsang segera di bawah. Kebanyakan gerakan akan memicu gravitasi yang dapat memudahkan bayi berputar. Beberapa cara lain yang bukan olahraga juga bis membantu mengatasi sungsang, seperti mendengarkan musik.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
gerakan senam agar posisi kepala bayi di bawahAda beberapa gerakan senam hamil yang dapat membantu agar posisi kepala bayi berada di bawah
Menjelang kelahiran, biasanya posisi kepala bayi sudah masuk ke jalan lahir. Namun, pada beberapa kasus posisi bayi justru sungsang sehingga bisa menghambat persalinan. Jika ini terjadi, biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa gerakan senam hamil agar posisi kepala bayi di bawah dekat jalan lahir. 

Gerakan senam hamil untuk atasi bayi sungsang 

Posisi bayi sungsang terjadi ketika kepala bayi tidak berada di bawah dekat jalan lahir. Hal ini bisa menghambat proses persalinan normal, bahkan mungkin memerlukan operasi caesar. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang direkomendasikan dokter adalah melakukan gerakan senam hamil agar posisi kepala bayi di bawah. Beberapa gerakan senam hamil untuk bayi sungsang antara lain:

1. Memiringkan panggul

Gerakan memiringkan panggul atau bokong bisa menjadi cara sederhana mengatasi bayi sungsang. Senam bayi sungsang dengan memiringkan panggul dilakukan dengan cara:
  • Berbaring di lantai atau matras
  • Tekuk kedua kaki dengan telapak kaki menyentuh lantai
  • Angkat panggul hingga membentuk posisi bridge 
  • Tahan posisi tersebut 10-20 menit 
  • Turunkan dan ulangi 3 kali sehari 

2. Berenang 

Berenang menjadi salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil, terutama di usia akhir kehamilan. Berenang juga direkomendasikan sebagai olahraga untuk mengatasi bayi sungsang. Ketika berenang, daya apung yang diberikan oleh air mampu menghilangkan tekanan dari tubuh. Hal ini bisa memberikan lebih banyak ruang pada bayi sehingga ia lebih mudah bergerak. Selain itu, gaya dada saat berenang dengan gerakan seperti merangkak bermanfaat untuk membuat bayi bergerak. Inilah yang memungkinkan perubahan posisi pada bayi sungsang. 

3. Child pose 

Child pose adalah salah satu gerakan yoga untuk ibu hamil yang bisa jadi alternatif senam untuk membuat posisi kepala bayi di bawah. Cara melakukan gerakan yoga child pose untuk ibu hamil yang bayinya sungsang, antara lain:
  • Duduk bersimpuh di atas matras
  • Angkat kedua tangan ke atas
  • Arahkan kedua tangan ke depan hingga tangan dan dahi menyentuh matras, arahkan bersamaan dengan tubuh bagian atas
  • Tahan pose ini selama 10-15 menit
Gerakan child pose ini diketahui menggunakan gravitasi untuk memutar bayi. Gerakan ini juga membantu mengendurkan otot panggul dan rahim. 

4. Pelvic rocking

Pelvic rocking termasuk senam bayi sungsang yang dilakukan dengan bantuan bola besar atau bola bersalin (birth ball). Untuk melakukan pelvic rocking, Anda harus duduk di atas bola bersalin dengan kaki terbuka, lalu menggoyangkan pinggul Anda. 

5. Squat

Selama ini mungkin Anda mengenal gerakan squat untuk mengecilkan paha dan bokong. Nyatanya, gerakan squat juga bisa menjadi pilihan senam bayi sungsang. Gerakan ini dilakukan dengan cara:
  • Berdiri tegak sambil buka lebar kedua kaki
  • Turunkan badan hingga posisi hampir jongkok, lalu kembali berdiri 
  • Ulangi gerakan ini beberapa kali
Gerakan squat yang membuka panggul ini memberi jalan bagi bayi untuk mengubah posisinya. Lakukan secara perlahan dan berhati-hati.

Cara lain mengatasi bayi sungsang 

Penting bagi Anda untuk rutin memeriksakan kehamilan. Dengan demikian, dokter akan mengetahui apakah posisi bayi Anda normal atau sungsang. Selanjutnya, dokter akan menyarankan metode untuk mengubah posisi bayi kembali normal. Beberapa cara mengatasi bayi sungsang berikut ini mungkin bisa Anda diskusikan dengan dokter.
  • Musik. Tempatkan earphone dengan alunan musik di bagian bawah rahim untuk mendorong bayi berputar, suara tertentu bisa menarik bagi bayi
  • Suhu. Letakkan sesuatu yang dingin di perut bagian atas tempat kepala bayi dan letakkan sesuatu yang hangat di bagian bawah perut. Sama halnya dengan musik, suhu yang diberikan ini bisa merangsang pergerakan posisi bayi
  • Posisi tidur. Posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil membantu memperbaiki posisi bayi. Tidur miring dengan bantal di antara lutut dan pergelangan kaki menciptakan posisi optimal untuk bayi berputar
  • External cephalic version (ECV), yakni dokter memberikan tekanan tertentu pada perut ibu hamil
  • Teknik Webster, yakni pendekatan chiropractic untuk menyelaraskan panggul dan mengendurkan rahim, agar bayi bisa mengubah posisi
  • Akupunktur, yakni menusukkan jarum pada titik tertentu untuk mengendurkan rahim dan merangsang gerakan bayi
  • Operasi caesar, yakni kelahiran dengan pembedahan, biasanya direkomendasikan jika sungsang tidak bisa diatasi dengan cara di atas

Adakah cara mencegah bayi sungsang?

Pada umumnya, belum diketahui secara pasti penyebab bayi mengalami sungsang. American Journal of Obstetric and Gynecology menyatakan bahwa beberapa hal berikut bisa meningkatkan risiko terjadinya bayi sungsang, antara lain:
  • Janin lebih kecil atau kurang berkembang dari kondisi normal
  • Ibu yang pernah melahirkan satu kali
  • Usia ibu yang lebih tua saat hamil
  • Diabetes pada ibu
  • Merokok selama kehamilan
  • Perawatan prenatal yang terlambat 
Menjauhi beberapa faktor risiko di atas bisa menjadi cara untuk mencegah posisi bayi sungsang. Menjaga kesehatan ibu dan janin serta rutin berkonsultasi dengan dokter dapat membantu menjauhi Anda dari faktor risiko bayi sungsang. Posisi bayi akan berubah setiap hari dan ini normal terjadi. Namun, jika sudah mendekati minggu kelahiran posisi kepala bayi belum mendekati jalan lahir, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan beberapa gerakan atau cara mengatasi bayi sungsang yang sesuai dengan kondisi Anda dan bayi.  Jika masih ada pertanyaan seputar gerakan senam hamil agar posisi kepala bayi di bawah, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahraga ibu hamilpemeriksaan kehamilansungsang
Family Doctor. https://familydoctor.org/breech-babies-what-can-i-do-if-my-baby-is-breech/
Diakses pada 1 November 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-turn-a-breech-baby-2758443
Diakses pada 1 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/oblique-lie#takeaway
Diakses pada 1 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/sleeping-positions-to-turn-breech-baby#best-sleep-position
Diakses pada 1 November 2021
American Journal of Obstetric and Gynecology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8572022/
Diakses pada 1 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait