Lompat Kelinci Baik untuk Motorik Anak dan Kesehatan, Ini Gerakannya


Lompat kelinici adalah gerakan melompat seperti kelinci yang dapat melatih otot kaki dan mengasah kemampuan motorik kasar. Gerakan melompat juga baik untuk keseimbangan dan koordinasi.

0,0
03 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lompat kelinci adalah gerakan melompat seperti kelinci untuk melatih otot kaki dan mengasah motorik kasarLompat kelinci baik untuk melatih motorik kasar dan melatih otot kaki
Lompat kelinici adalah salah satu gerakan yang terlihat seperti permainan, tapi sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain meningkatkan kekuatan otot, lompat kelinci juga baik untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.Gerakan lompat kelinci sangatlah sederhana. Namun kalau dilakukan secara teratur, manfaatnya untuk kesehatan akan semakin terasa.

Apa itu lompat kelinci?

Lompat kelinci adalah gerakan olahraga dasar yang dilakukan dengan cara melompat seperti binatang kelinci. Latihan ini merupakan salah satu gerakan olahraga yang mudah dilakukan anak maupun dewasa.Lompat kelinci dapat membantu menambah kekuatan, kelincahan, dan kelentukan. Sama seperti gerakan melompat lainnya, latihan ini juga dapat melatih otot di tubuh, terutama otot paha, betis, dan bokong.

Bagaimana cara melakukan gerakan lompat kelinci?

Cara melakukan lompat kelinci
Tahap melakukan gerakan lompat kelinci tidak sulit
Gerakan lompat kelinci sangatlah sederhana. Lompatan bisa dilakukan langsung di atas lantai atau tanah tanpa halangan. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan rintangan tambahan, seperti kursi atau balok.Berikut ini tahapan melakukan gerakan lompat kelinci:
  • Pertama-tama, berdirilah tegak dengan posisi kaki lurus
  • Tekuk kedua kaki, sambil mencondongkan badan ke depan
  • Posisi tangan lurus ke depan
  • Pusatkan kekuatan di kaki dan lompatlah sejauh yang Anda bisa. Idealnya, lompatan dilakukan sejauh 8 lompatan
  • Saat melompat, posisi tangan yang tadinya lurus, ikut mengayun ke belakang untuk menambah dorongan badan
Gerakan lompat kelinci merupakan dasar lompat jongkok. Beberapa orang menggunakan tangan sebagai tumpuan saat melakukan lompat kelinci, sehingga kedua tangan harus menjadi penumpu yang kuat menopang berat badan.

Manfaat lompat kelinci untuk kesehatan

Lompat kelinci bisa melatih kemampuan motorik kasar anak seperti main bola
Lompat kelinci bisa melatih motorik kasar seperti kemampuan main bola
Berikut ini beberapa manfaat gerakan lompat kelinci untuk kesehatan:

1. Melatih motorik kasar

Pada sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 16 orang anak usia 4-5 tahun, melakukan gerakan lompat kelinci terbukti dapat meningkatkan kemempuan motorik kasar anak.Kemampuan motorik kasar adalah kemampuan gerak yang melibatkan seluruh tubuh, termasuk otot inti di bagian perut dan punggung serta otot di kaki dan lengan.Gerakan yang termasuk kemampuan motorik kasar adalah duduk, berdiri, berjalan, berlari, melompat, menendang, dan mengangkat.Anak yang punya kemampuan motorik kasar yang baik, memiliki keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan yang baik pula.Jika dilatih dengan baik, kemampuan motorik kasar dasar yang telah disebutkan akan berkembang menjadi kemampuan motorik yang lebih kompleks, seperti berenang dan bermain bola.

2. Melatih otot

Gerakan melompat dapat meningkatkan kekuatan sekaligus membantu membentuk otot. Tidak hanya satu area otot, melompat juga dapat melatih beberapa jenis otot sekaligus, seperti otot paha, betis, dan bokong.

3. Membakar kalori

Gerakan melompat bisa membakar banyak kalori. Mengingat lompat adalah latihan yang bertumpu pada berat badan sendiri, semakin besar berat badan seseorang maka kalori yang dibakar saat melompat pun akan semakin banyak.Gerakan melompat yang dilakukan dalam durasi dan jarak tertentu, akan menggunakan energi yang tadinya tersimpan sebagai lemak. Hal ini membuat gerakan melompat bisa memangkas penumpukan lemak berlebih di tubuh.

4. Meningkatkan keseimbangan

Melakukan latihan lompat kelinci secara teratur juga akan meningkatkan keseimbangan, sehingga Anda tidak mudah jatuh dan mengalami cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari. Melompat juga akan meningkatkan koordinasi otot.

5. Baik untuk tulang

Gerakan melompat baik untuk menjaga kesehatan tulang sebab latihan ini dapat meningkatkan kepadatan tulang.Lompat adalah jenis latihan beban yang dilakukan menggunakan berat badan sendiri. Saat kita melompat, tubuh menahan berat badan dan ini akan menambah kepadatan tulang.Tulang yang padat tidak mudah patah dan sakit. Anda pun terhindar dari osteoporosis dalam jangka panjang.
Jadi kalau Anda ingin meningkatkan kesehatan tulang, latihan melompat adalah salah satu gerakan yang bisa dipilih.
Lompat kelinci, sama seperti gerakan melompat lainnya yang memiliki banyak manfaat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa menjalani latihan melompat.Perhatikan juga kondisi fisik tubuh sebelum melakukan lompatan. Kalau Anda punya riwayat cedera lutut ataupun gangguan sendi lainnya, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum berolahraga.Apabila masih punya pertanyaan seputar manfaat lompat kelinci maupun jenis olahraga lain yang baik untuk kesehatan, Anda bisa berdiskusi langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store ataupun Google Play.
olahragatips olahragaolahraga anak
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/what_are_the_benefits_of_jumping/article.htm
Diakses pada 24 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/gross-motor-skills
Diakses pada 24 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/box-jump
Diakses pada 24 Agustus 2021
Nenggala, Asep Kurnia. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Grafindo.
Tim Penjas SD. 2006. Pendidikan Jasmani 4 Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Yudhistira.
Jurnal UNESA. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/21636/19831
Diakses pada 24 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait