Gerakan Janin Terasa Sampai Miss V, Wajar Terutama di Trimester Akhir

(0)
10 Sep 2020|Azelia Trifiana
Gerakan janin terasa sampai miss V masih termasuk kondisi wajarGerakan janin terasa sampai miss V adalah sesuatu yang wajar
Deretan keluhan ibu hamil yang dirasakan sejak awal kehamilan bisa bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Apalagi saat memasuki trimester ketiga, terkadang gerakan janin terasa sampai miss V.Kondisi ini wajar karena saat menjelang melahirkan berat badan bayi mulai menekan ke area dasar panggul.Setiap ibu hamil bisa merasakan tekanan yang berbeda di area tulang kemaluan atau vagina mereka. Ada yang intens, ada yang seperti ditekan benda tumpul, ada juga yang merasa seakan seluruh berat badan bertumpu pada area miss V.

Mengapa gerakan janin terasa sampai miss V?

Seorang ibu sedang berkonsultasi dengan dokter
Umumnya keluhan ini belum muncul di trimester pertama
Perbedaan gerakan janin terasa sampai miss V menurut usia kehamilan adalah:
  • Trimester pertama

Pada sebagian besar ibu hamil, sangat jarang merasakan gerakan janin hingga miss V pada trimester pertama kehamilan. Bahkan, gerakan janin biasanya baru terasa pada minggu ke-16 hingga minggu ke-25 kehamilan, artinya telah memasuki trimester dua.Meski demikian, terkadang ada ibu hamil dengan kadar hormon relaksin tinggi. Hormon ini membantu membuat otot rileks dan membantu rahim meregang sesuai perkembangan bayi. Beberapa ibu hamil bisa merasakan otot di sekitar vagina menjadi lebih tegang karena terlalu meregang akibat hormon ini.
  • Trimester kedua dan ketiga

Memasuki trimester kedua dan ketiga, bertambahnya berat badan ibu dan juga bayi dalam kandungan turut berperan menyebabkan gerakan janin terasa sampai miss V. Belum lagi kehamilan dapat membuat otot dasar panggul melemah. Otot ini menyokong rahim, vagina, uretra, dan kandung kemih.Kehamilan kedua dan seterusnya juga bisa membuat otot dasar panggul ibu hamil menjadi lebih lemah. Konsekuensinya, gerakan janin terasa sampai miss V.Tak hanya itu, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, rahim memberikan tekanan lebih besar pada tubuh bagian bawah. Inilah yang membuat ibu hamil merasakan area miss V terasa penuh dan seperti ditekan.Jangan lupakan pula bahwa gerakan janin terasa sampai miss V bisa menjadi sinyal awal persalinan. Meski belum mencapai tahapan pembukaan persalinan, namun ketika sensasi tekanan di sekitar vagina semakin intens, bisa jadi tanda bayi siap dilahirkan.

Mengatasi tekanan di area miss V

yoga hamil
Yoga hamil dapat mengurangi rasa tidak nyaman
Saat sedang beraktivitas maupun ketika berbaring, gerakan janin terasa sampai miss V bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengatasi rasa tidak nyaman ini adalah:

1. Yoga hamil

Mengikuti kelas yoga atau senam hamil sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat mengandung. Gerakan-gerakan dalam yoga kehamilan sudah dimodifikasi agar aman bagi ibu hamil namun tetap memastikan otot-otot menjadi lebih rileks.Fokuskan gerakan pada area punggung bagian bawah dan paha untuk meredakan rasa tegang di tulang kemaluan dan miss V. Semakin rutin melakukan yoga hamil, akan semakin rileks pula otot-otot terutama di area sekitar vagina.

2. Senam kegel

Ibu hamil juga disarankan melakukan senam kegel untuk membantu memperkuat otot dasar panggul. Caranya seperti sedang menahan buang air kecil, tahan selama sekitar 10 detik, lalu dilepas. Latihan ini bisa diulang 10 kali setidaknya dua kali sehari. Bonusnya, otot dasar panggul akan semakin kuat ketika saat persalinan tiba.

3. Tetap aktif bergerak

Meski mungkin gerakan janin terasa sampai miss V menghambat pergerakan ibu hami, jangan ragu untuk tetap aktif bergerak. Lakukan olahraga berintensitas ringan hingga sedang seperti berjalan kaki atau squat untuk membantu memperkuat otot-otot tubuh. Tak hanya itu, aktif bergerak juga dapat meredakan rasa ngilu akibat tekanan di sekitar vagina.

4. Banyak minum

Pastikan tubuh tidak dehidrasi dengan banyak minum, terlebih setelah beraktivitas. Meski frekuensi buang air kecil saat mengandung naik drastis, tetap jauh lebih baik banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.Gerakan janin terasa sampai miss V adalah satu dari banyak keluhan yang mungkin muncul saat hamil. Wajar ibu hamil merasa tidak nyaman karena ada banyak perubahan baik fisik hingga psikologis yang dialami.Selama tidak ada keluhan yang sangat mengganggu sehingga menghambat aktivitas, tetaplah aktif bergerak agar otot menjadi semakin kuat. Namun jika disertai dengan keluhan lain atau keluar flek, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan.
kehamilantrimestertrimester pertama kehamilan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322304
Diakses pada 27 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/vaginal-pressure
Diakses pada 27 Agustus 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/pelvic-discomfort.aspx
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait