Gerakan Dasar Manipulatif dalam Keterampilan Olahraga, Ini Contohnya


Gerak dasar manipulatif adalah gerakan untuk memindahkan suatu objek atau benda dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya adalah menendang, melempar, menangkap, dan menggiring.

(0)
07 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gerak manipulatif adalah gerakan untuk memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lainGerak dasar manipulatif contohnya adalah menendang bola
Gerak dasar manusia, dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Gerak lokomotor adalah gerakan yang membuat tubuh berpindah tempat, seperti berjalan, berlari, dan melompat.Sementara gerak non lokomotor adalah gerakan yang hanya membuat sebagian tubuh bergerak, seperti menarik dan mendorong. Lantas, bagaimana dengan gerak manipulatif? Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya untuk Anda.

Pengertian gerak dasar manipulatif

Anak bawa bola adalah salah satu contoh gerak dasar manipulatif
Gerak manipulatif adalah kemampuan untuk memindahkan objek
Gerak dasar manipulatif adalah kemampuan tubuh untuk bergerak ataupun memindahkan sebuah objek menggunakan kaki dan tangan untuk mencapai sebuah tujuan.Gerakan ini, bersama dengan gerak lokomotor dan non lokomotor perlu penting dipelajari terutama bagi anak-anak sehingga mereka bisa membangun keterampilan dalam berolahraga.Untuk melakukan gerak manipulatif, dibutuhkan koordinasi antaranggota tubuh, seperti koordinasi mata dan tangan saat menangkap dan melempar bola serta kerja sama mata maupun kaki saat menendang ataupun menggiring bola.Kemampuan untuk melakukan gerakan dasar manipulatif, lebih sulit dikuasai anak-anak dibandingkan dengan gerak dasar lain tanpa benda atau objek.Oleh karena itu, orang tua tidak perlu heran jika anaknya yang sudah lancar berlari, melompat, dan mendorong, belum bisa menendang atau menangkap bola.Baca Juga: Proses Bayi Mulai Berdiri hingga Bisa Berjalan dan Cara Melatihnya

Jenis gerak manipulatif

Anak main basket adalah salah satu contoh gerak manipulatif
Melempar bola adalah salah satu contoh gerak manipulatif
Secara umum, gerak manipulatif dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu:

• Menendang

Menendang membutuhkan koordinasi antara mata dan kaki agar objek yang ditendang, seperti bola, bisa berpindah dari satu titik ke titik lainnya sebagai tujuan.

• Melempar

Melempar adalah salah satu gerakan dasar manipulatif dengan menggunakan satu atau dua tangan untuk melontarkan suatu objek ke tujuan yang diinginkan.

• Menangkap

Menangkap merupakan salah satu gerak dasar manipulatif dengan menghentikan pergerakan suatu benda dan lebih mengontrol objek tersebut menggunakan satu atau dua tangan.

• Memukul

Memukul adalah usaha untuk menjauhkan sebuah benda dari tubuh menggunakan tangan atau alat seperti raket maupun tongkat. Contoh gerakan manipulatif dapat dilihat pada pemain tenis atau baseball.

• Menggiring

Berbeda dari gerakan-gerakan di atas dengan fokus pada pemindahan benda atau objek dari satu tempat ke tempat lain, menggiring, meski memiliki tujuan yang sama, tapi juga memerlukan kemampuan kontrol lebih baik.Baca Juga: Tips Mengajarkan Anak Berolahraga

Cara melatih gerakan manipulatif

Gerak manipulatif bisa dilatih dengan latihan melempar
Gerak manipulatif bisa dilatih dengan bermain lempar tangkap
Cara agar anak memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai gerak manipulatif adalah dengan mengajaknya bermain sesering mungkin. Lakukan permainan yang melibatkan kerjasama atau koordinasi antaranggota tubuh.Berikut ini beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan gerak manipulatif pada anak.

1. Latihan melempar

Untuk latihan melempar, Anda bisa membuat permainan sederhana untuk anak dengan langkah di bawah ini:
  • Batasi sebuah area dengan garis di tengah-tengah.
  • Instruksikan anak untuk berdiri beberapa meter di belakang garis.
  • Dengan bola atau benda lainnya, minta anak untuk melempar benda tersebut.
  • Benda harus melewati garis dan yang bisa melempar terjauh keluar sebagai pemenang.
  • Kegiatan bisa dibuat lebih menyenangkan untuk anak dengan mengubah garis pembatas menggunakan gambar laut atau api, dan objek yang dilempar adalah boneka binatang dengan kisah seolah-olah anak membantu binatang tersebut menyebrang agar tidak tenggelam atau terkena api

2. Latihan menendang

Latihan menendang juga dapat dilakukan untuk melatih gerak dasar manipulatif. Berikut ini cara sederhananya.
  • Tentukan titik untuk meletakkan bola, biasanya beberapa meter dari tembok.
  • Anak bisa latihan menendang bola dari titik yang sama berulang-ulang tapi bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  • Anda juga bisa memasang tali dengan ketinggian tertentu, dan bermain bersama anak dengan berusaha menendang bola melewati kolong tali atau menendang ke atas melewati rentangan tali.

3. Bowling sederhana

Bowling akan membantu melatih lemparan serta bidikan anak yang merupakan gerakan dasar manipulatif. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana yang ada di rumah. Ini langkahnya:
  • Gunakan botol air mineral atau soda ukuran 1,5 liter yang kosong lalu susun menyerupai pin bowling.
  • Biarkan anak melemparkan bola yang dimiliki di rumah ke arah susunan tersebut.
  • Untuk menambah keseruan, setiap anak berhasil menjatuhkan “pin” buatan tersebut, Anda dapat menggantinya memakai botol yang lebih kecil dan mengisinya dengan pemberat seperti air sehingga lebih sulit jatuh.
Melatih gerakan manipulatif penting bagi anak selama masa tumbuh kembang sehingga ia bisa melakukan gerakan spesifik, terutama dalam olahraga. Apabila Anda merasa anak terlambat memiliki kemampuan untuk menguasai gerakan ini, konsultasikan pada dokter ahli tumbuh kembang untuk mendapatkan solusi.
olahragaolahraga anakmanfaat sepak bola
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/aris-fajar-pambudi-mor/gerak-manipulatif.pdf
Diakses pada 24 Maret 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/manipulative-skills-1256926
Diakses pada 24 Maret 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/66030/3/Bab%20II.pdf
Diakses pada 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait