Sebelum memutuskan melahirkan dengan gentle birth, pastikan Anda berkonsultasi dengan suami dan dokter kandungan
Metode gentle birth membuat Anda dapat melahirkan dengan tenang tanpa merasa trauma

Persalinan atau proses melahirkan adalah pertaruhan nyawa, itu benar adanya. Itulah mengapa banyak calon ibu yang punya ketakutan tersendiri tentang proses persalinan. Namun kini, proses gentle birth atau melahirkan dengan tenang kian naik daun.

Persalinan gentle birth sebenarnya bukan metode khusus seperti water birth, normal, atau C-section. Ini adalah proses melahirkan yang damai, tenang, dan memanfaatkan semua unsur alami yang ada dalam tubuh seorang perempuan.

Artinya, gentle birth adalah lawan kata dari proses persalinan yang selama ini digambarkan sebagai fase yang “mengerikan”: penuh dengan teriakan, tangis, atau ketakutan. 

Bagaimana melakukannya?

Teknik gentle birth

Filosofi gentle birth bisa dilakukan pada metode persalinan apapun, tidak melulu persalinan normal. Bahkan persalinan C-section pun bisa dilakukan dengan cara gentle birth seperti yang telah banyak dilakukan di luar negeri.

Tentunya Anda perlu memastikan bahwa rumah sakit tempat Anda akan melahirkan nanti mengenal konsep gentle birth untuk metode caesar alias gentle cesarean birth.

Pada persalinan C-section, biasanya ibu hanya pasrah menerima segala tindakan yang dilakukan dokter. Sementara pada metode gentle cesarean, ibu dapat terlibat dan memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya dan buah hati.

Bahkan, Anda diperbolehkan memutar musik agar suasana persalinan caesar bisa lebih rileks. Saat bayi akhirnya lahir, ibu bisa meminta kontak skin-to-skin saat Inisiasi Menyusui Dini

Untuk bisa mewujudkan filosofi gentle birth saat melahirkan, mustahil diwujudkan hanya oleh sang ibu saja. Perlu dukungan dari orang-orang terdekat seperti pasangan, orangtua, atau doula.

Beberapa teknik gentle birth yang bisa dipelajari jelang lahiran adalah:

  • Suasana persalinan

Bagi yang ingin menggunakan teknik gentle birth saat persalinan, pertama-tentukan dulu metode persalinan yang akan digunakan. Kaitannya adalah dengan lokasi persalinan nanti. Apabila di rumah, Anda bisa dengan leluasa mengatur agar suasana ruangan bersalin sesuai dengan filosofi gentle birth. 

Namun bagi yang berencana melahirkan di rumah sakit, sebaiknya diskusikan dulu birth plan yang Anda inginkan pada dokter yang mengenal konsep gentle birth. Lakukan beberapa bulan sebelum HPL agar bisa mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan.

Lebih jauh lagi, untuk membangun suasana Anda bisa memastikan ruangan tetap tenang, bercahaya remang-remang, memasang musik tertentu yang membuat ibu merasa semakin nyaman.

  • Persalinan dengan alami

Hal yang tak kalah penting adalah mendiskusikan dengan dokter jika Anda menginginkan persalinan dengan alami. Artinya, percayakan seluruh siklus persalinan kepada anggota tubuh dan fase-fase yang akan dilewatinya. 

  • Sugesti positif

Teknik gentle birth yang juga tak kalah krusial adalah meyakinkan diri sendiri dengan sugesti positif. Istilah populer untuk sugesti positif adalah hypnobirthing. Artinya, Anda memberi keyakinan pada diri sendiri terutama tubuh bahwa persalinan ini bisa berlangsung dengan lancar dan tenang.

Lewat sugesti positif ini pula, rasa percaya diri akan bangkit. Dengan mengetahui apa yang akan dilalui selama proses persalinan, maka pengambilan keputusan yang bijak pun lebih mudah diwujudkan.

  • Belajar sejak jauh-jauh hari

Tentu untuk melakukan gentle birth saat proses persalinan, hal ini tak bisa dipelajari hanya satu malam jelang waktu lahiran. Baik Anda maupun pasangan atau siapapun yang mendampingi saat proses persalinan nanti wajib belajar tentang teknik gentle birth sejak jauh-jauh hari.

Ada banyak situs yang menyediakan informasi seputar gentle birth. Apabila ingin berkonsultasi lebih jauh, banyak juga penyedia kelas persalinan atau konsultasi untuk pasangan di masa kehamilan. Buku tentang gentle birth juga tersedia sangat banyak.

  • Perhitungkan keamanan

Bagi ibu yang memilih persalinan di rumah, tetap perlu ada rencana darurat yang memperhitungkan aspek keamanan. Contohnya menentukan rumah sakit mana yang akan dituju jika sesuatu darurat terjadi, mempersiapkan hospital bag, dan juga mobil berada dalam posisi yang siap berangkat.

Pastikan juga tidak ada risiko atau komplikasi kehamilan yang akan menghambat proses persalinan gentle birth. Persiapkan diri sendiri serta minta dukungan dari pasangan sebelum memutuskan untuk melahirkan dengan metode persalinan gentle birth.

Teknik gentle birth bukan berarti mengabaikan semua prosedur keamanan. Filosofinya adalah menganggap proses persalinan sebagai hal yang alami sehingga tak perlu dianggap sebagai momok. 

Penting untuk memastikan ibu tidak merasa gugup dan yakin bisa melakukannya dengan baik selama proses persalinan berlangsung. Memberikan sugesti positif bisa dilakukan tak hanya oleh diri sendiri, tapi juga dari orang-orang terdekat yang mendampingi saat proses persalinan.

Ketika seorang ibu mendapatkan sugesti positif, maka tubuhnya akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini dapat menghilangkan rasa stres dan membuat tubuh merasa rileks bahkan bahagia.

Dalam teknik gentle birth, persalinan digambarkan sebagai siklus alami seperti halnya buang air kecil dan buang air besar. Tak perlu tindakan medis invasif, maka akan terjadi secara alami saat waktunya tiba. 

Intervensi medis perlu dilakukan saat keadaan darurat demi menjaga keselamatan nyawa ibu dan bayi Jadi, para ibu hamil kini bisa menentukan bagaimana proses persalinan akan dijalani – dan bila sudah mantap – teknik gentle birth mungkin tepat untuk Anda.

Pregnancy and Baby. http://pregnancyandbaby.com/pregnancy/articles/929151/pregnancy-definition-of-the-day-gentle-birth
Diakses 25 Desember 2019

Smart Parenting. https://www.smartparenting.com.ph/pregnancy/labor-and-childbirth/gentle-birth-12-steps-you-can-prepare-for-it
Diakses 25 Desember 2019

Made for Mums. https://www.madeformums.com/pregnancy/the-gentle-birth-method/
Diakses 25 Desember 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed