10 Genre Buku Bacaan Bagus yang Bisa Mengasah Otak


Membaca buku adalah kegiatan yang baik bagi kesehatan otak. Namun ada jenis buku yang baik untuk itu. Beberapa di antaranya adalah buku biografi, sejarah, literatur klasik, hingga buku agama dan budaya.

0,0
19 Feb 2021|Azelia Trifiana
Ada banyak jenis buku bacaan yang bisa tingkatkan kesehatan otakAda banyak jenis buku bacaan yang bisa tingkatkan kesehatan otak
Aktif bergerak setiap harinya adalah kunci menjaga kesehatan fisik dan juga mental. Meski demikian, apa yang dilakukan di saat bersantai juga turut berpengaruh pada kesehatan otak. Contohnya dengan menenggelamkan diri dalam buku bacaan yang bagus.Rekomendasi buku yang bagus untuk otak bisa meliputi biografi, buku sejarah, dan banyak lagi. Ketika membaca, otak mendapat tantangan untuk menyelami huruf demi huruf yang dicerna. Dalam jangka panjang, ini sangatlah bagus untuk mengasah otak.

Rekomendasi buku yang bagus untuk otak

Menyelami konsep dan ide yang ada dalam sebuah buku akan memberikan stimulasi otak agar mulai membuat koneksi demi koneksi. Bukan tidak mungkin, membaca buku juga akan memberikan sudut pandang baru yang lebih segar ketika melihat hal-hal di sekitar.Beberapa rekomendasi buku yang baik untuk otak adalah:

1. Biografi

Bukan hanya memberikan perspektif baru tentang kejadian atau profil seseorang, biografi juga memberi gambaran tentang pola pikir seseorang. Kerap kali, hal ini menjadi bias karena paparan informasi tentang sosok inspiratif yang dikemas media atau buku sejarah.Ketika memilih buku biografi, tentukan sosok yang menarik untuk Anda. Baca sisi lain dari kehidupan mereka. Bisa jadi, ini akan menjadi titik balik cara memandang sosok itu dengan sudut pandang yang berbeda sepenuhnya.

2. Buku sejarah

Sejarah adalah hal yang menakjubkan. Jika ingin tenggelam dalam buku semacam ini, pilih era yang menurut Anda menarik untuk diselami lebih jauh. Dengan cara ini, otak akan “berolahraga” dengan mengingat kejadian, orang, dan juga era tertentu. Otak mulai membangun koneksi demi koneksi.Beberapa jenis buku sejarah juga terkadang mengangkat ide atau tren tertentu. Ini juga tak kalah menarik untuk dikenal lebih jauh.

3. Buku dari penulis asing

Membaca buku dari penulis asing dapat memberikan sudut pandang luar biasa tentang budaya suatu tempat. Ada banyak detail seperti kebiasaan yang sangat berbeda dengan di negara Anda. Ketika sebuah buku ditulis dalam bahasa yang berbeda, bisa jadi ini akan mengetuk pintu pikiran Anda menjadi lebih terbuka.

4. Sajak

Buku berisi sajak atau puisi sebenarnya sangat menakjubkan. Berbagai simbol dan analogi yang ada dalam puisi dapat menggelitik otak lebih dalam lagi. Anda akan tenggelam dalam membedah makna yang masih abstrak.Untuk melakukannya, coba pilih buku kumpulan syair dan pilih satu setiap harinya. Alokasikan waktu untuk memahami puisi itu, membacanya keras-keras, dan biarkan otak menyelami makna dari setiap kata. Resapi dan selami.

5. Literatur klasik

Bisa jadi, tulisan terhebat di dunia terdapat dalam literatur klasik. Terkadang, buku klasik juga memberikan bonus dengan mengajak menyelami sejarah suatu negara.Mungkin pada awalnya literatur klasik terasa kurang menarik. Namun tunggu hingga Anda membalik beberapa halaman, otak mulai beradaptasi terhadap cara penulisan dan menarik Anda ke era dan cara berbicara yang jauh berbeda. Semakin berbeda bahasa, semakin panjang kalimat, akan menantang otak lebih dalam lagi.

6. Sains

Begitu fantastisnya buku sains karena memuat berbagai konsep dan ide tentang hal-hal yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Ada fenomena di dalamnya.Pilihlah topik yang membuat Anda penasaran, apapun itu. Mulai dari astronomi hingga reaksi kimiawi, apapun bisa menjadi media pembelajaran untuk otak. Setidaknya, dengan membaca buku bacaan yang bagus semacam ini Anda akan mengantongi ilmu tak sedikit.

7. Buku instruksi

Buku yang berisi instruksi cara melakukan hal tertentu akan memberikan secara instan. Anda bisa membuat hal tertentu yang sebelumnya tidak dikuasai. Ada banyak sekali jenis buku instruksi yang memberikan ilmu bermanfaat.Ketika membaca buku semacam ini, otak akan berlatih menuangkannya dalam visual, membayangkan melakukanya, termasuk merencanakan hal-hal detail di dalamnya. Siapa tahu, bisa diterapkan di kehidupan nyata.

8. Seni, fesyen, dan desain

Lihatlah bagaimana gambar-gambar seputar seni, fesyen, dan desain bisa menjadi sangat memukau. Otak akan dilatih untuk memahami berbagai tema, gambar, dan tren yang berbeda. Apa saja bisa menjadi tema utama, tak hanya tentang fesyen tapi juga bisa soal arsitektur, sebagai contoh.

9. Perjalanan

Buku semacam ini sangat detail dan informatif. Pilih buku travel tentang tempat yang Anda rasa menarik. Bayangkan dalam pikiran sedang merencanakan perjalanan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.Buat rancangan perjalanan yang detail. Bayangkan Anda berada di suatu tempat dan menjelajahi semua hal baru di dalamnya. Bahkan, menikmati cerita tentang traveling dari orang lain saja sudah menjadi hal menyenangkan.

10. Agama dan budaya

Opini yang ada seputar agama dan budaya bisa menyeret ke konflik, itu benar. Namun, coba posisikan diri di tempat berbeda. Baca buku seputar agama dan budaya untuk belajar tentang hal-hal yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.Semakin banyak yang Anda baca, semakin melimpah pula pelajaran yang didapat. Siapa tahu, ini bisa menjadi cara meningkatkan rasa empati terhadap sesama.Dari banyak waktu luang – yang mungkin merupakan kemewahan – yang Anda miliki, coba alokasikan untuk membaca. Ini akan jauh lebih bermanfaat ketimbang binge-watching berjam-jam.

Pilih jenis buku bacaan yang paling disukai. Bahkan sebenarnya, membaca buku yang bukan termasuk dalam zona nyaman Anda pun tetap akan bermanfaat memberikan ilmu baru.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar cara meningkatkan kesehatan otak selain membaca, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/new-reading-material-ideas-for-brain-health-and-fitness-2224139
Diakses pada 4 Februari 2021
Popsci. https://www.popsci.com/read-more-books/
Diakses pada 4 Februari 2021
Live Happy. https://www.livehappy.com/practice/reading/7-best-books-boost-your-brain-health?nopaging=1
Diakses pada 4 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait