Mengenal Generasi Baby Boomer, dari Sejarah hingga Karakteristiknya


Generasi baby boomer lahir pada 1946-1964 atau yang tahun ini berusia 57-75 tahun. Generasi ini memiliki karakteristik serba bisa, karena banyak belajar secara otodidak.

(0)
08 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Generasi baby boomer begitu menghargai hubunganGenerasi baby boomer saat ini berusia antara 55-75 tahun
Anda mungkin familiar dengan sebutan generasi milenial, lalu apakah Anda juga pernah mendengar istilah generasi baby boomer? Ya, baby boomer maupun milenial pada dasarnya adalah pengelompokan seseorang berdasarkan tahun lahirnya sehingga mereka memiliki sifat-sifat khas tertentu.Generasi baby boomer sendiri adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1946-1964 atau berusia 57-75 tahun pada 2021. Definisi ini dikeluarkan oleh lembaga riset asal Amerika Serikat, Pew Research Center, dan kini sudah dijadikan patokan oleh seluruh dunia.Generasi baby boomer kerap disebut juga sebagai generasi berpengaruh karena terlibat dalam gerakan hak asasi manusia, Woodstock, serta Perang Vietnam. Sementara itu, orangtua dari generasi baby boomer disebut sebagai Silent Generation dan Greatest Generation.

Baby boomer dan sejarah kemunculannya

Istilah baby boomer muncul setelah adanya fenomena ‘baby boom’ alias ledakan kelahiran bayi usai Perang Dunia II. Kala itu di Amerika Serikat, tak kurang dari 3,4 juta bayi lahir pada 1946 saja sehingga menjadi rekor kelahiran di Negeri Paman Sam.Ledakan kelahiran ini disinyalir dipicu oleh banyak hal. Faktor pertama adalah kondisi ekonomi Amerika Serikat yang membaik setelah era Great Depression sehingga banyak keluarga yang semula menunda memiliki anak akhirnya melepas batasan itu.Faktor kedua adalah pulangnya para tentara yang bertugas di Perang Dunia II dan kembali ke keluarganya. Apalagi, pemerintah memberikan bantuan ekonomi serta pendidikan bagi keluarga para veteran sehingga mereka merasa aman dan nyaman untuk memiliki anak.Tren baby boom terus berlanjut hingga 1964 dengan rata-rata kelahiran adalah sekitar 3-4 juta bayi per tahun. Menurut catatan sensus penduduk AS, total bayi yang lahir pada periode 1946-1964 mencapai 72,5 juta jiwa atau merupakan yang terbesar sepanjang sejarah negara sampai saat itu.

Karakteristik generasi baby boomer

Generasi baby boomer mempunyai kepercayaan diri tinggi
Kita tidak mungkin menggeneralisasi sifat semua orang di dalam satu keluarga, apalagi dalam satu generasi. Namun, karakteristik umum yang dimiliki oleh generasi baby boomer adalah sebagai berikut:

1. Menghargai hubungan

Generasi baby boomer percaya bahwa waktu yang dihabiskan bersama keluarga atau orang terdekat harus berkualitas. Kepercayaan ini didukung oleh kondisi mereka saat masih muda, yakni ketika pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat meningkat usai Perang Dunia II.

2. Berorientasi pada hasil

Kebanyakan generasi baby boomer harus bekerja keras untuk mencapai impian mereka saat ini.

3. Memiliki keperayaan diri tinggi

Para baby boomers sangat percaya akan kemampuan diri sendiri, bahkan bisa memengaruhi orang lain untuk juga bekerja keras seperti yang mereka lakukan.

4. Serba bisa

Jangan heran jika melihat orang-orang generasi baby boomer bisa membetulkan peralatan atau mengerjakan semua hal sendirian karena mereka cenderung suka belajar banyak hal secara otodidak.Generasi baby boomer lahir pada era televisi hitam-putih, tapi juga cepat beradaptasi dengan zaman modern saat ini yang dipenuhi telepon pintar, Wi-Fi, hingga robot. Beberapa tokoh baby boomer seperti Steve Jobs dan Bill Gates banyak menemukan sistem komputer yang digunakan oleh generasi berikutnya.

Jumlah baby boomer kini dikalahkan oleh milenial

Sayangnya, ledakan jumlah kelahiran pada generasi baby boomer tampaknya tidak diimbangi dengan perbaikan tingkat kesehatan. Sensus yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada Juli 2019 menunjukkan jumlah generasi baby boomer kini sudah jauh berada di bawah jumlah generasi milenial dan diprediksi bakal disalip lagi oleh generasi X (lahir 1965-1980) pada 2028 mendatang.Mengapa demikian?Salah satu penelitian menunjukkan bahwa generasi baby boomer cenderung memiliki masalah pada fungsi otak yang mulai terlihat saat memasuki usia 50-54 tahun. Penurunan fungsi otak kemudian dapat mengakibatkan demensia.Tidak semua baby boomer mengalami ini, melainkan hanya mereka yang memiliki faktor risiko di masa mudanya, seperti:
  • Ekonomi menengah ke bawah
  • Obesitas
  • Depresi atau kesepian
  • Jarang bergerak aktif
  • Tidak memiliki pasangan hidup
  • Menikah beberapa kali
  • Masalah kejiwaan
  • Riwayat penyakit jantung, termasuk stroke
  • Hipertensi
  • Diabetes
Sangat penting menjaga kesehatan generasi baby boomer. Jika Anda atau orang terdekat masuk dalam kategori generasi ini, mulailah jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi, bergerak aktif, dan lakukan medical check up untuk mendeteksi ancaman penyakit kronis di dalam tubuh Anda.
gangguan lansialansiakesehatan lansia
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truisms-wellness/201602/baby-boomers-generation-z
Diakses pada 28 Desember 2020
Family Search. https://www.familysearch.org/blog/en/baby-boomer-generation-characteristics/
Diakses pada 28 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/baby-boomers-face-greater-cognitive-decline-than-previous-generations
Diakses pada 28 Desember 2020
Pew Research. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/04/28/millennials-overtake-baby-boomers-as-americas-largest-generation/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait