Gemfibrozil, Obat Pencegah Radang di dalam Pankreas


Obat gemfibrozil adalah obat untuk mengatasi radang pankreas. Bentuknya adalah tablet minum. Obat ini hanya dikonsumsi atas resep dokter.

(0)
20 Jan 2021|Azelia Trifiana
Gemfibrozil digunakan untuk mengatasi radang pankreas
Seseorang yang memiliki lemak trigliserida tinggi di aliran darahnya berisiko mengalami radang pankreas. Obat gemfibrozil adalah salah satu yang digunakan untuk mengobatinya. Bentuknya adalah tablet minum.Salah satu risiko dari mengonsumsi obat ini adalah munculnya batu empedu. Jika ini terjadi, segera hentikan penggunaannya.

Kegunaan gemfibrozil

Obat gemfibrozil hanya boleh dikonsumsi jika ada resep dokter. Obat yang tersedia dalam bentuk generik ini digunakan untuk menurunkan level trigliserida, jenis lemak dalam aliran darah.Obat ini bekerja dengan mengubah jumlah kolesterol dan lemak lain dalam tubuh. Utamanya, dengan cara menurunkan trigliserida serta meningkatkan HDL yang termasuk kolesterol baik.Lebih jauh lagi, obat ini termasuk dalam kelompok obat turunan asam fibric. Ini adalah kelompok obat dengan peran menurunkan kadar lemak yang diproduksi hati. Dengan demikian, risiko mengalami penyakit pankreas bisa menurun.Meski demikian, gemfibrozil bukan obat untuk menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.Tentunya, obat ini saja pun tidak cukup untuk mengobati kondisi medis tertentu. Perlu disertai dengan makan rendah kolesterol dan lemak serta perubahan gaya hidup.

Efek samping gemfibrozil

sakit perut
Sakit peruf, efek samping obat
Obat ini tidak menyebabkan kantuk, namun bisa menimbulkan beberapa efek samping di antaranya:
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Konstipasi
  • Ruam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
Apabila tidak terlalu parah, efek samping ini bisa mereda setelah beberapa hari. Namun, segera cari bantuan medis apabila muncul efek samping serius seperti:
  • Muncul batu empedu

Gejala batu empedu biasanya dimulai dengan munculnya rasa nyeri di perut kanan atas. Selain itu, ada keluhan lain seperti mual dan muntah yang juga menyertai. Segera konsultasikan dengan dokter apabila muncul keluhan ini.
  • Cedera otot

Ada juga risiko efek samping lebih serius yaitu rhabdomyolysis. Ini merupakan sindrom yang terjadi ketika otot cedera, baik secara langsung maupun tidak. Pemicunya adalah matinya serat otot dan isinya (mioglobin) keluar ke aliran darah.

Interaksi dengan obat lain

Perlu diingat pula bahwa obat ini bisa berinteraksi dengan jenis obat, vitamin, atau suplemen herbal yang tengah dikonsumsi. Interaksi berpeluang menyebabkan perubahan cara kerja obat.Untuk itu, pastikan telah menyampaikan kepada dokter apa saja obat yang sedang dikonsumsi di saat bersamaan, seperti:
  • Alergi dan asma

Obat alergi dan asma seperti montelukast bersamaan dengan gemfibrozil bisa menyebabkan risiko efek samping kian besar. Apabila diperlukan, dokter akan menurunkan dosisnya.
  • Obat pengencer darah

Jenis obat pengencer darah seperti warfarin bisa meningkat efeknya apabila diminum bersamaan dengan gemfibrozil. Artinya, risiko mengalami pendarahan pun meningkat. Dokter harus mengawasi secara berkala jika kedua obat ini dikombinasikan.
  • Kanker

Obat gemfibrozil yang dikonsumsi bersamaan dengan penanganan kanker bisa menyebabkan efeknya meningkat. Untuk menyesuaikan, dokter akan menurunkan dosisnya.
  • Obat diare

Contoh obat diare seperti loperamide apabila dikonsumsi berbarengan dengan gemfibrozil bisa membuat efeknya meningkat. Umumnya, dokter akan menurunkan dosis loperamide agar tetap efektif.
  • Obat kolesterol

Beberapa obat penurun kolesterol juga bisa meningkatkan risiko apabila dikonsumsi dengan obat ini. Sebaiknya, hindari menggabungkan keduanya. Ini meningkatkan risiko terjadinya cedera otot hingga gagal ginjal.Hal yang tak diinginkan ini bisa terjadi setelah konsumsi bersamaan selama 3 minggu atau beberapa bulan. Apabila terpaksa, sebaiknya beri jeda lebih dari 2 jam setelah mengonsumsi gemfibrozil.Pastikan selalu mengonsumsi gemfibrozil sesuai dengan dosis yang diresepkan dokter. Ini adalah jenis obat jangka panjang. Setelah 3 bulan terapi pengobatan, dokter bisa saja menghentikan pengobatan jika tidak ada perubahan berarti pada level trigliserida.

Catatan dari SehatQ

Selalu pastikan mengikuti instruksi penggunaan obat agar tidak meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Idealnya, obat ini efektif bekerja apabila HDL meningkat dan trigliserida menurun.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar penanganan kadar lemak dalam darah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit ginjalradang pankreaspola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/gemfibrozil-oral-tablet
Diakses pada 5 Januari 2021
RX List. https://www.rxlist.com/consumer_gemfibrozil_lopid/drugs-condition.htm
Diakses pada 5 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-11423/gemfibrozil-oral/details
Diakses pada 5 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait