Gelisah tanpa Sebab Bikin Hidup Menderita, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya


Saat rasa gelisah terjadi tanpa sebab, Anda akan merasa seperti terjebak dalam lingkaran setan. Beberapa kemungkinan penyebab gelisah tanpa sebab, yakni kesepian hingga rasa ‘terjebak’.

(0)
30 Dec 2020|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Rasa gelisah tanpa sebab sulit tidak diatasi karena tidak tahu apa penyebabnyaRasa gelisah tanpa sebab bisa mengganggu kehidupan sehari-hari
Pernahkah Anda mengalami perasaan cemas atau gelisah tanpa sebab yang jelas? Saat keseharian Anda tampak baik-baik saja, rasa gelisah yang tiba-tiba muncul tentunya akan sangat mengganggu. Apalagi jika perasaan gelisah ini tidak jelas sumbernya sehingga Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.Rasa gelisah tanpa sebab bisa membuat Anda terus-menerus berada dalam kekhawatiran yang tidak pasti, dipenuhi rasa bersalah yang tidak jelas penyebabnya, atau layaknya menunggu bencana yang tidak kunjung tiba.Ketika rasa gelisah menyerang tanpa alasan yang jelas, Anda akan merasa seperti terjebak dalam lingkaran setan. Sebab, jika Anda tidak mengetahui penyebab dari rasa gelisah ini, bagaimana Anda bisa mengatasinya?

Penyebab gelisah tanpa sebab

Rasa gelisah tanpa sebab bukan berarti benar-benar tidak ada penyebabnya. Di balik setiap perasaan gelisah pasti selalu adanya penyebabnya, tapi tidak mudah untuk menemukan penyebab rasa gelisah yang 'tersembunyi' ini karena Anda membutuhkan usaha ekstra untuk mengidentifikasinya.Ketika Anda merasa gelisah tanpa alasan yang jelas, ini biasanya karena Anda membiarkan perasaan gelisah 'membusuk' dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Untuk bisa memahami akar permasalahannya, ini waktunya untuk ‘menggali’ diri Anda lebih dalam.Dengan 'menggali' lebih dalam, biasanya Anda dapat menemukan sesuatu yang tersimpan di dalam diri, sesuatu yang tidak ingin atau belum Anda hadapi sebelumnya. Inilah waktu yang tepat untuk menghadapinya supaya masalah gelisah tanpa sebab ini bisa ditemukan akar permasalahannya.Jika Anda merasa gelisah tanpa tahu penyebabnya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut sebagai kemungkinan penyebabnya.

1. Melenceng dari tujuan hidup

Apakah Anda memiliki tujuan dan target hidup yang telah ditentukan? Kadang rasa gelisah atau cemas dapat muncul ketika Anda keluar dari jalur dan kehilangan arah dari tujuan hidup tersebut.Bisa jadi karena Anda berhenti melakukan hal-hal yang membuat diri Anda senang dan puas, atau karena pekerjaan atau gaya hidup Anda yang tidak sesuai dengan keahlian dan kebutuhan Anda.

2. Kesepian dan perasaan tidak memiliki seseorang yang bisa diandalkan

Merasa kesepian pada waktu tertentu merupakan hal yang manusiawi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki support system di sekitar Anda, baik dalam bentuk keluarga, pasangan, hingga teman dekat.Tanpa mereka, Anda akan kesulitan menceritakan hal-hal penting dalam hidup dan merasa seperti mengarungi kerasnya kehidupan sendirian.

3. Rasa 'terjebak'

Perasaan ini bisa terjadi dalam bentuk pekerjaan yang tidak Anda nikmati tapi bisa menghidupi diri atau keluarga, atau sebuah hubungan yang toxic tapi Anda ingin mempertahankannya.Kadang Anda bisa berakhir pada situasi yang tidak pernah direncanakan sebelumnya dan tidak lagi mendukung tujuan hidup Anda.Di samping ketiga hal di atas, masalah-masalah di masa kecil yang belum Anda hadapi atau tangani juga bisa dianggap sebagai kemungkinan penyebab rasa gelisah tanpa sebab.

Cara mengatasi gelisah tanpa sebab yang bisa Anda lakukan

Seorang pria sedang tidur
Cukup tidur dapat membantu meredakan rasa gelisah yang dialami
Sambil berusaha mencari akar permasalahan dari perasaan gelisah tanpa sebab yang Anda alami, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan kegelisahan yang dirasakan.

1. Membuat jurnal atau buku harian

Cobalah untuk menuliskan apa yang ada di pikiran Anda sebanyak tiga halaman setiap paginya sebelum bangun dari tempat tidur. Metode yang dikenal sebagai brain dumping ini dapat membantu untuk mengenal lebih jauh pikiran Anda dan lebih dekat ke akar kegelisahan Anda.

2. Usahakan untuk cukup tidur

Zat-zat kimia dalam otak yang mendukung kesehatan mental akan diisi ulang saat Anda tidur. Kurang tidur akan memperburuk rasa gelisah yang Anda alami, jadi pastikan Anda mendapatkan cukup tidur di setiap malam.Rasa gelisah kadang bisa membuat susah tidur, jika ini masalahnya pastikan Anda melatih kebiasaan tidur yang baik. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.

3. Mendengarkan pikiran Anda secara aktif

Meditasi dengan menerapkan mindfulness adalah cara yang tepat untuk mulai mendengarkan dialog dalam diri Anda.Dengan mendengarkan, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemahaman dan kesadaran yang lebih jelas mengenai apa yang ada di dalam pikiran Anda. Lewat kesadaran ini, Anda memiliki kuasa untuk memilih jenis pikiran apa yang akan dilibatkan dan yang tidak dilibatkan.

4. Buat diri Anda terlatih dalam menyadari ketika pikiran mempermainkan Anda

Ketika Anda merasa gelisah, mudah bagi pikiran untuk mempermainkan Anda. Kondisi ini dikenal sebagai distorsi kognitif.Faktanya, rasa gelisah atau cemas dapat menyebarkan segala kebohongan dan hal yang dilebih-lebihkan yang tidak selamanya mudah disadari, terutama jika Anda tidak tahu apa yang sedang dihadapi.

5. Menerima kenyataan bahwa Anda tidak bisa mengontrol segalanya dalam hidup

Pikiran yang gelisah adalah pikiran yang takut akan ketidakpastian. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan bisa mengontrol segalanya dalam kehidupan. Menerima ketidakpastian ini mungkin terlihat menakutkan, tapi kenyataannya malah bisa membebaskan diri Anda.Jika berbagai cara di atas tidak mampu mengatasi rasa gelisah tanpa sebab yang Anda rasakan, sebaiknya Anda mencari pertolongan ahli lewat psikolog untuk membantu menangani masalah ini.Apabila Anda punya pertanyaan lainnya seputar kegelisahan atau kecemasan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gangguan kecemasangangguan kecemasan umum
Time With UK. https://timewith.co.uk/blog/feeling-anxious-for-no-reason
DIakses pada 16 Desember 2020
Bridges to Recovery. https://www.bridgestorecovery.com/blog/why-am-i-anxious-for-no-reason-recognizing-and-treating-an-anxiety-disorder/#:~:text=Anxiety%20can%20be%20caused%20by,anxiety%20or%20even%20panic%20attacks.
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait