logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Gelap Bukan Berarti Lebih Beralkohol, Ini Manfaat Bir Hitam untuk Kesehatan

open-summary

Manfaat bir hitam berasal dari biji barley yang tinggi serat dan antioksidan. Namun tentu saja, manfaat bir hitam hanya akan optimal jika dikonsumsi sesuai dengan aturan. Batasnya adalah dua gelas per hari untuk laki-laki dan satu gelas untuk perempuan.


close-summary

4

(15)

19 Feb 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat bir hitam bisa didapatkan dengan meminumnya tidak melebihi batas yang dianjurkan

Meminum bir hitam yang tinggi kandungan flavonoid dipercaya dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh

Table of Content

  • Manfaat bir hitam untuk kesehatan

Terlepas dari kontroversi minum alkohol, bir hitam kerap dianggap paling beralkohol karena warnanya. Padahal, ada banyak manfaat bir hitam untuk kesehatan. Tentu yang paling signifikan adalah banyaknya kandungan antioksidan di dalamnya.

Advertisement

Bir yang satu ini berwarna hitam karena proses pembuatannya melibatkan biji barley yang dipanggang. Sebagai salah satu jenis biji-bijian, barley mengandung banyak sekali serat yang lagi-lagi menambah panjang daftar manfaat bir hitam untuk kesehatan.

Baca Juga

  • Apa itu Sulforaphane? Ketahui Ragam Potensi Manfaatnya untuk Tubuh Sehat
  • Beragam Manfaat Antioksidan dan Makanan yang Jadi Sumbernya
  • Anemia pada Lansia, Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Manfaat bir hitam untuk kesehatan

Tentu bir tidak bisa disamakan dengan jenis minuman lain yang lebih sehat seperti olahan sayur dan buah. Meski demikian, ada beberapa manfaat bir hitam untuk kesehatan seperti:

1. Sumber antioksidan

Sebagian besar bir biasanya mengandung antioksidan, termasuk bir hitam. Di dalamnya, terdapat kandungan flavonoid tinggi sehingga manfaat antioksidannya semakin tinggi. 

Dengan demikian, bir hitam dapat membantu regenerasi sel yang terjadi secara alami pada tubuh. Belum lagi paparan zat radikal bebas yang membuat tubuh rentan terkena berbagai penyakit.

2. Mengandung asam folat

Tak hanya sebagai sumber antioksidan, bir hitam juga mengandung asam folat, yaitu vitamin B yang penting untuk tubuh. Menurut beberapa penelitian, bir hitam rata-rata mengandung 12,8 mikrogram folat. Angka ini sudah mewakili 3,2% kebutuhan harian seseorang.

3. Kandungan serat tertinggi

Dibandingkan dengan jenis bir lainnya, bir hitam adalah salah satu dengan kandungan serat tertinggi. Ini datang dari komposisinya yaitu biji barley. Umumnya, biji barley mengandung serat lebih banyak dibandingkan dengan biji-bijian malt yang dikeringkan.

4. Kalori tak terlalu tinggi

Memang benar bahwa bir hitam sangat kaya rasa dan punya konsistensi busa yang pekat. Namun kabar baiknya, bir hitam bukanlah jenis bir dengan kalori tertinggi bila dibandingkan dengan jenis bir lainnya.

5. Mengandung zat besi

Menurut penelitian baru-baru ini, manfaat bir hitam yang juga baik untuk kesehatan adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Rata-rata, bir hitam mengandung zat besi sebanyak 121 parts per billion (ppb) dibandingkan dengan bir biasa yang hanya mengandung 92 ppb.

Terlebih, zat besi adalah mineral penting untuk memproduksi sel darah. Tak hanya itu, zat besi juga membantu membawa oksigen dari paru-paru ke otot dan organ tubuh lainnya. Bahkan menurut para peneliti dari Spanyol, semakin gelap warna bir, semakin tinggi kadar zat besi di dalamnya.

6. Mencegah penyakit jantung

Tentu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber pencegahan, namun manfaat bir hitam juga termasuk mencegah penyakit jantung. Kandungan alkohol dalam bir hitam membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. 

Dalam penelitian oleh American Heart Association Scientific Sessions 2016 yang melibatkan 80.000 partisipan, orang yang minum bir dengan porsi wajar selama 6 tahun terakhir mengalami penurunan HDL yang paling lambat.

Artinya, risiko terkena penyakit jantung juga menurun. Dari penelitian serupa, ditemukan bahwa laki-laki yang menderita penyakit jantung dan minum bir dengan wajar memiliki risiko meninggal karena jantung 42% lebih rendah.

Namun tentu saja, manfaat bir hitam hanya akan optimal jika dikonsumsi sesuai dengan aturan. Batasnya adalah 2 gelas per hari untuk laki-laki dan 1 gelas untuk perempuan.

Jika berlebihan seperti lebih dari 15 gelas untuk laki-laki dan lebih dari 8 gelas untuk perempuan dalam sepekan, sangat besar kemungkinan mengalami kelebihan berat badan.

Tak hanya itu, minum dengan frekuensi terlalu sering juga dapat menimbulkan masalah dan berbagai penyakit. Sebut saja masalah liver, pankreas, hingga tekanan darah tinggi.

Advertisement

minuman tidak sehatalkoholzat besikecanduan alkoholantioksidan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved