Parasit Trichomonas vaginalis ditularkan oleh seseorang yang terinfeksi saat berhubungan seks
Salah satu gejala trikomoniasis adalah rasa nyeri saat buang air kecil.

Salah satu penyakit menular seksual yang paling sering terjadi adalah trikomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh parasit dan dapat menyerang laki-laki maupun perempuan. Gejala trikomoniasis bisa berbeda pada laki-laki dan perempuan.

Setiap tahunnya diperkirakan terdapat 357 juta infeksi baru yang disebabkan oleh empat Infeksi Menular Seksual (IMS) berikut, yaitu klamidia, gonore, sifilis, dan trikomoniasis.

Trikomoniasis sendiri menjadi penyumbang terbanyak (143 juta) dibanding ketiga penyumbang lainnya, klamidia (131 juta), gonore (78  juta), sifilis (5.6 juta).  

[[artikel-terkait]]

Bagaimana penularan trikomoniasis terjadi?

Parasit Trichomonas vaginalis ditularkan oleh seseorang yang terinfeksi saat berhubungan seks.

Pada wanita, bagian tubuh yang paling sering terkena infeksi adalah saluran kelamin bagian bawah (vagina, bibir vagina, mulut rahim, dan saluran keluarnya air kencing/uretra). Sedangkan pada laki-laki, bagian yang paling sering terinfeksi adalah saluran keluarnya air kencing/ uretra.

Saat berhubungan seks, biasanya parasit menyebar dari penis menuju vagina, atau sebaliknya. Infeksi juga dapat menyebar dari vagina ke vagina lainnya. Jarang terjadi infeksi pada bagian tubuh seperti tangan, mulut, dan anus.

Tidak sepenuhnya dimengerti mengapa pada sebagian orang yang terinfeksi tidak timbul gejala. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh faktor usia dan daya tahan tubuh seseorang.

Namun, orang yang terinfeksi, walaupun tanpa gejala, tetap dapat menularkan infeksi ini pada orang lain.

4 Faktor risiko penularan trikomoniasis

Berikut beberapa faktor risiko penularan infeksi trikomoniasis:

  • berhubungan seks dengan lebih dari satu orang
  • riwayat infeksi menular seksual lainnya
  • riwayat infeksi trikomoniasis sebelumnya
  • berhubungan seks tanpa kondom

Apa saja gejala trikomoniasis?

Trikomoniasis memiliki waktu inkubasi (waktu yang dibutuhkan dari mulai terinfeksi sampai timbul gejala) sekitar lima sampai 28 hari.

Sebagian penderita tidak memiliki gejala trikomoniasis ketika terinfeksi. Namun, jika bergejala, pada perempuan biasanya didapati beberapa gejala trikomoniasis berikut:

  • keputihan yang berbau
  • keputihan yang berwarna (putih, keruh, kekuningan, atau kehijauan)
  • kemerahan, rasa panas, dan gatal pada kemaluan
  • nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seks

Pada laki-laki, trikomoniasis lebih sering tidak bergejala. Jika ada, berikut beberapa gejala trikomoniasis yang mungkin muncul:

  • iritasi di dalam saluran kencing
  • rasa terbakar saat buang air kecil atau saat ejakulasi
  • keluarnya cairan dari lubang penis

Infeksi trikomoniasis biasanya tidak berjalan sendiri. Seringkali, infeksi ini berbarengan dengan infeksi lain yaitu gonore/kencing nanah.

Oleh karena itu, biasanya dokter tidak hanya mengkonfirmasi infeksi trikomoniasis, tetapi juga infeksi menular seksual lainnya.

Pada perempuan penderita trikomoniasis biasanya juga ditemukan adanya vaginosis bakterialis (keadaan di mana bakteri baik pada vagina berkurang sehingga bakteri yang merugikan dapat bertumbuh).

Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter karena infeksi ini pada umumnya dapat disembuhkan. Komunikasikan dengan pasangan anda secara baik-baik.

Jika anda tidak memiliki gejala, tetapi menemukan faktor-faktor risiko pada diri anda, tetaplah waspada dan sebaiknya hindari faktor-faktor tersebut. Setialah pada pasangan anda.

WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/sexually-transmitted-infections-(stis)
Diakses 25 April 2019

CDC. https://www.cdc.gov/std/trichomonas/stdfact-trichomoniasis.htm
Diakses 25 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/trichomoniasis/symptoms-causes/syc-20378609
Diakses 25 April 2019

Schwebke JR, Burgess D. Trichomoniasis. Clinical microbiology reviews. 2004 Oct 1;17(4):794-803

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed