Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Terlewatkan

Gejala serangan jantung pada wanita yang tidak disadari dapat berupa kelelahan yang tidak biasa, gangguan tidur, dan sesak napas
Beberapa gejala serangan jantung pada wanita tidak disadari oleh pasien dan dokternya

Serangan jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian banyak wanita di Amerika Serikat. Setidaknya sekitar 1 dari 4 wanita mengalami kasus ini. Namun, sebuah studi menjelaskan bahwa ada hal yang terlewatkan saat mendiagnosis gejala serangan jantung pada wanita.

Banyak yang mengatakan bahwa tanda munculnya serangan jantung ialah saat dada penderita terasa sangat sakit. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Public Health menemukan bahwa ada beberapa gejala serangan jantung, terutama pada wanita, yang terlewatkan atau tidak disadari.

Para peneliti melakukan wawancara untuk mencari tahu gejala yang muncul pada wanita sebelum mengunjungi rumah sakit. Mereka juga memeriksa apakah para peserta penelitan telah berkunjung sebelumnya ke rumah sakit atau pelayanan medis lainnya. Hasilnya, hampir 62% wanita mengalami lebih dari tiga gejala selain nyeri di dada. Perempuan cenderung melaporkan gejala lainnya yang mereka alami seperti sakit perut, napas pendek, jantung berdebar kencang, mual, dan pusing.

Sekitar 53% perempuan mengatakan bahwa dokter di rumah sakit tidak berpikir bahwa gejala yang dialami berhubungan dengan serangan jantung. Jika gejala-gejala yang timbul disalahtafsirkan atau diabaikan, maka wanita memiliki risiko kematian tinggi karena serangan jantung.

Gejala Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Sebenarnya baik pria maupun wanita sering tidak menyadari bahwa mereka memiliki gejala penyakit jantung. Para peneliti menemukan hampir sekitar 50% pria dan wanita mengira gejala yang mereka alami tidak berhubungan dengan serangan jantung. Sekitar 20,9% wanita malah mengaitkan gejala mereka dengan stres atau kecemasan.

Hampir dua pertiga pria dan wanita memutuskan untuk mencari perawatan saat mengalami gejala serangan jantung klasik. Studi ini juga menunjukkan bahwa wanita lebih sering melaporkan gejala lainnya selain nyeri di dada.

Meskipun sama-sama rentan terhadap serangan jantung, wanita memiliki risiko komplikasi yang lebih lanjut seperti diabetes, obesitas, stroke, mini stroke, gagal jantung kongestif, penyakit paru-paru kronis, dan penyakit ginjal.

Para ahli menyarankan pasien wanita agar segera mendiskusikan gejala-gejala penyakit jantung mereka dan potensi faktor risiko lainnya kepada dokter pribadi, spesialis jantung, bahkan dokter kandungan mereka. Para ahli juga menambahkan bahwa pasien harus mempelajari gejala serangan jantung, melakukan check-up, dan mendiskusikan risiko penyakit jantung mereka sebelum mengalami gejala-gejalanya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah serangan jantung terjadi, ketimbang baru menyadarinya ketika sudah terjadi.

Untuk membantu mengidentifikasi gejala serangan jantung lebih awal, berikut adalah gejala-gejala serangan jantung pada wanita (dan pria) yang sering terlewatkan:

  1. Merasa lelah yang tidak biasa selama beberapa hari atau secara mendadak
  2. Adanya gangguan tidur
  3. Sesak napas
  4. Kepala terasa pusing, mual, dan keringat dingin
  5. Adanya gangguan pencernaan seperti perut bergas
  6. Nyeri pada satu atau kedua lengan, rasa nyeri ini mengalir menuju leher, rahang, dan punggung
  7. Adanya tekanan di dada bagian tengah Anda dan melebar ke lengan.

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/doctors-missed-heart-attack-signs-in-women
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed