logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Kumpulan Gejala Sakit Jantung yang Sering Diremehkan

open-summary

Gejala sakit jantung yang sering terabaikan antara lain nyeri dada, sering merasa lelah, dan mudah berkeringat. Periksalah ke dokter jika Anda merasakan gejala tersebut semakin memburuk.


close-summary

1 Apr 2019

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu gejala penyakit jantung yang kerap terabaikan adalah kelelahan yang tak berkesudahan

Rasa lelah yang berlangsung terus-menerus, bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung

Table of Content

  • Berbagai gejala sakit jantung yang perlu diwaspadai
  • Pesan dari SehatQ

Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah nyeri dada. Namun, tidak semua penderitanya mengalami gejala ini. Tidak jarang, munculnya penyakit jantung justru ditandai dengan gejala-gejala lain yang umum dialami.

Advertisement

Kondisi ini membuat banyak orang tidak sadar bahwa dirinya menderita penyakit jantung. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala lain, yang menandakan penyakit jantung selain sakit di bagian dada.

Berbagai gejala sakit jantung yang perlu diwaspadai

Ada berbagai jenis penyakit jantung yang bisa menyerang, mulai dari serangan jantung, gangguan irama jantung atau aritmia, bahkan gagal jantung. Berbagai kondisi tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda.

Namun, beberapa di antaranya punya gejala yang mirip, misalnya serangan jantung dan GERD. Selain itu, beberapa gejala umum yang biasa dirasakan ternyata juga bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Supaya lebih waspada, ini dia gejala penyakit jantung yang perlu Anda waspadai:

1. Mudah lelah

Rasa lelah memang hal yang sangat wajar dialami, terutama setelah Anda melakukan aktivitas fisik tertentu. Namun, apabila rasa lelah berlangsung terus-menerus, maka Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung yang ditandai dengan timbulnya rasa lelah, di antaranya adalah gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

2. Tubuh terasa sakit dan nyeri tanpa sebab yang jelas

Penyumbatan aliran darah ke otot jantung yang terjadi akibat penyakit jantung koroner, menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Hal ini membuat tubuh terasa nyeri.

Rasa sakit dan nyeri tidak selalu timbul di dada saja, tetapi dapat timbul juga di bahu, punggung, lengan, rahang, atau perut. Lebih rinci, rasa sakit umumnya timbul setelah Anda berolahraga dan akan hilang sesudah beristirahat.

3. Napas tersengal-sengal

Napas tersengal setelah Anda melakukan olahraga berat, tentu merupakan hal yang normal terjadi. Namun, apabila napas sering tersengal meski hanya melakukan sedikit aktivitas apalagi hingga sesak napas, maka bisa jadi hal ini menandakan Anda memiliki gangguan pada jantung.

4. Kaki bengkak

Bengkak pada kaki dapat menjadi pertanda jantung tidak dapat memompa darah secara efektif seperti yang seharusnya. Saat jantung tidak dapat memompa darah dengan cepat, darah akan menumpuk di pembuluh darah sehingga menyebabkan pembengkakan.

Pada kondisi gagal jantung, ginjal juga mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium di tubuh, sehingga pembengkakan dapat terjadi.

5. Detak jantung tidak teratur

Detak jantung yang tidak teratur juga jadi salah satu gejala sakit jantung. Apabila jantung berdetak lebih kencang saat Anda merasa gugup atau semangat, ini adalah hal yang normal. Anda tak perluu khawatir.

Setak jantung tidak normal jadi salah satu tanda penyakit jantung bisa terjadi tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Meski begitu, beberapa hal lain seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein dan kurang tidur juga dapat menyebabkan jantung berdetak tidak beraturan.

6. Mual atau sakit perut

Pada beberapa kasus, penderita sakit jantung juga merasakan mual, muntah, dan sakit perut sebagai gejala. Umumnya, wanita lebih sering mengalami hal ini dibandingkan dengan pria. Tentu saja, sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai hal lain selain penyakit jantung. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi saat seseorang mengalami serangan jantung.

Sehingga, apabila Anda memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan mengalami sakit perut dan mual tanpa alasan yang jelas, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

7. Banyak berkeringat

Banyak berkeringat secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, adalah hal yang perlu Anda waspadai sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Terutama apabila disertai dengan nyeri di dada. Apabila Anda mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter.

8. Rasa tidak nyaman dan nyeri pada dada

Dikutip dari WebMD, perasaan tidak nyaman pada dada seperti nyeri, sesak, terasa seperti ditekan, dicubit, terhimpit, hingga terasa panas bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Ciri-ciri sakit jantung ini bisa muncul secara tiba-tiba, bahkan saat sedang istirahat atau melakukan aktivitas ringan. Umumnya, rasa tidak nyaman tersebut bisa berlangsung lama, sehingga perlu diwaspadai.

9. Nyeri dada menjalar ke bagian tubuh lainnya

Nyeri pada dada sebagai tanda penyakit jantung biasanya menjalar hingga lengan sampai bagian tubuh sebelah kiri. Bahkan, rasa sakit pada dada ini juga bisa menjalar hingga tenggorokan, rahang, dan punggung. 

Rasa sakit yang menjalar ini bisa jadi gejala serangan jantung dan merupakan kondisi darurat kesehatan. Sehingga, jika Anda merasakannya, segera berkonsultasi ke dokter.

10. Pusing dan pening

Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan pusing dan pening, seperti baru saja bangun tidur, sedang flu hingga kurang asupan makanan atau minuman tertentu. Namun, Anda perlu waspada ketika tiba-tiba saja merasa pusing disertai rasa tidak nyaman di dada dan gejala penyakit jantung lainnya.

Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan oksigen dan tekanan darah turun karena jantung tidak bisa memompa darah dengan normal.

11. Batuk

Batuk yang jadi gejala penyakit jantung adalah batuk yang disertai lendir berwarna putih atau merah muda. Ini disebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh dan darah meresap ke paru-paru. Kondisi batuk yang menjadi pertanda adanya masalah pada jantung ini juga biasanya berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga

  • Menari, Aktivitas Menyenangkan untuk Bakar Kalori
  • Denyut Nadi Normal Ibu Hamil, Berapa Hitungannya?
  • 15 Kemungkinan Penyebab Kenapa Dada Terasa Nyeri

Pesan dari SehatQ

Berbagai kondisi di atas memang kerap tidak dikenali sebagai gejala penyakit jantung, sehingga masih banyak orang yang tidak memeriksakan diri setelah mengalaminya. Apalagi, beberapa gejalanya juga menyerupai penyakit lain.

Itu sebabnya, cobalah untuk membuat janji temu dengan dokter jantung atau dokter penyakit dalam untuk memeriksakan kondisi Anda.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

penyakit jantungsakit jantungserangan jantungpenyakit jantung koroner

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved