Gejala Patah Tulang Tangan dan Cara Mengobatinya


Patah tulang tangan memiliki gejala-gejala khusus yang bisa Anda kenali, seperti nyeri yang terasa parah, memar, pembengkakan di area yang patah, hingga sulit menggerakkan jari.

0,0
11 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Patah tulang tangan dapat ditandai oleh beberapa gejalaPatah tulang tangan memerlukan penanganan secara medis
Patah tulang tangan dapat terjadi karena adanya kecelakaan, jatuh, atau cedera saat berolahraga sehingga menyebabkan trauma pada tulang tangan. Kondisi patah tulang tangan kadang tampak sulit dibedakan dengan terkilir karena gejala-gejalanya yang mirip.Supaya Anda dapat mengetahui gejala-gejala patah tulang tangan dan cara menanganinya dengan benar, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Gejala patah tulang tangan

Gejala yang dirasakan ketika mengalami retak atau patah tulang tangan bergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami. Beberapa gejala paling umum ketika patah tulang tangan adalah:
  • Nyeri yang terasa parah
  • Nyeri kian memburuk saat tangan digerakkan atau berusaha untuk mengepal atau mencengkeram
  • Memar
  • Terasa lembek saat disentuh
  • Pembengkakan di area patah dan sekitarnya
  • Kesulitan menggerakkan jari
  • Jari terasa kaku atau mati rasa
  • Kelainan bentuk yang terlihat jelas, misalnya jari tampak membengkok
  • Terdengar suara retakan atau patahan saat terjadi cedera.
Segera kunjungi dokter atau instalasi gawat darurat apabila Anda merasa mengalami patah tulang tangan. Kondisi ini harus segera ditangani, khususnya jika terjadi mati rasa, pembengkakan, atau kesulitan menggerakkan jari.Penanganan yang terlambat dapat menghambat proses penyembuhan, bahkan juga bisa menyebabkan keterbatasan pergerakan tangan dan menurunnya kekuatan tangan.

Komplikasi patah tulang tangan

Walaupun jarang terjadi, komplikasi patah tulang tangan juga sebaiknya Anda waspadai. Khususnya jika kondisi ini tidak segera diberikan penanganan yang tepat. Beberapa komplikasi patah tulang tangan, antara lain:

1. Kekakuan dan nyeri jangka panjang

Kekakuan, nyeri, dan perubahan bentuk saat patah tulang tangan seharusnya hilang saat gips dilepas atau setelah operasi. Namun, ada pula kasus di mana kekakuan dan rasa nyeri tetap bertahan secara permanen.

2. Osteoartritis

Retak atau patah yang meluas hingga sendi dapat menyebabkan radang sendi atau artritis pada beberapa tahun kemudian.

3. Kerusakan saraf atau pembuluh darah

Cedera yang menjadi penyebab patah tulang tangan juga dapat melukai saraf dan pembuluh darah yang berdekatan dengan area cedera. Salah satu gejalanya adalah mati rasa atau gangguan sirkulasi darah.

Penanganan patah tulang tangan

Patah tulang tangan bisa ditangani dengan obat
Obat bisa diberikan untuk menangani nyeri akibat patah tulang tangan
Penanganan patah tulang tangan dibedakan menjadi dua, yakni pertolongan pertama ketika patah tulang tangan terjadi dan penanganan medis yang dapat dilakukan setelahnya.

1. Pertolongan pertama patah tulang tangan

Ketika terjadi cedera yang menyebabkan patah tulang tangan, lakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama sambil menunggu pertolongan medis:
  • Jangan menggerakkan tangan yang patah.
  • Jika Anda merasa atau mendapati ada tulang yang bergeser atau patah, jangan mencoba menggeser atau memperbaikinya sendiri. Tunggulah hingga mendapatkan pertolongan medis.
  • Kompres dingin pada area yang mengalami peradangan atau pembengkakan. Jangan lupa lapisi es dengan kain atau handuk supaya tidak mencederai permukaan kulit.
  • Jika terjadi perdarahan, lakukan upaya untuk menghentikan perdarahan. Caranya adalah dengan menekan langsung luka atau irisan dengan kain bersih, tisu, atau kain kasa steril sampai pendarahan berhenti.
  • Jika Anda atau orang yang mengalami patah tulang tangan merasa ingin pingsan atau bernapas terengah-engah. Cobalah berbaring dengan kepala sedikit lebih rendah dari tubuh Anda dan jika memugkinkan, angkat kaki lebih tinggi.

2. Penanganan medis untuk patah tulang tangan

Pengobatan patah tulang tangan bertujuan menyembuhkan kondisi tangan dengan benar. Dengan demikian, tangan dapat berfungsi secara normal.Beberapa jenis perawatan yang dapat diberikan, di antaranya:
  • Pemasangan gips, belat, dan penjepit

Pemasangan gips, belat, dan penjepit berfungsi untuk membatasi gerakan sehingga tangan dapat cepat sembuh dengan bentuk yang baik seperti sedia kala.
  • Pemberian obat

Obat-obatan pereda nyeri biasanya akan diberikan dengan dosis yang disesuaikan kondisi keparahan cedera yang dialami.
  • Operasi

Patah tulang tangan parah, seperti patah tulang terbuka, tulang tangan yang hancur, hingga fragmen tulang yang lepas akan membutuhkan operasi. Anda mungkin perlu dipasangi sekrup atau penjepit logam untuk menahan tulang. Pada kasus tertentu, Anda juga mungkin memerlukan cangkok tulang.Walaupun patah tulang tangan yang tidak mendapat penanganan medis dapat sembuh dengan sendirinya, tulang yang patah kemungkinan besar pulih dalam posisi tidak teratur (tidak normal).Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan fungsi tangan secara berkelanjutan, seperti sulit digunakan atau tidak bertenaga. Jika tangan pulih dalam posisi yang tidak seharusnya, maka diperlukan pembedahan untuk merapikannya kembali.

Lama masa penyembuhan patah tulang tangan

Masa penyembuhan untuk patah tulang tangan umumnya berlangsung antara 3-6 minggu. Cepat atau lambatnya pemulihan tergantung dari beberapa hal, seperti kondisi kesehatan secara keseluruhan, lokasi terjadinya patah tulang, serta tingkat keparahan patah tulang tangan yang terjadi.Setelah gips dibuka, Anda mungkin tetap membutuhkan terapi hingga tangan dapat berfungsi secara normal kembali.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar patah tulang tangan, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
patah tulangpenyembuhan tulang
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/broken-hand/symptoms-causes/syc-20450240
Diakses 28 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-fractures/basics/art-20056641
Diakses 28 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/broken-hand
Diakses 28 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait