Mewaspadai Gejala Kanker Testis untuk Deteksi Lebih Dini


Kanker testis adalah kanker yang paling sering menyerang pria. Beberapa gejala kanker testis yang muncul antara lain adanya benjolan yang disertai rasa nyeri, dan penumpukan cairan tiba-tiba pada skrotum.

0,0
07 Apr 2021|Rhandy Verizarie
Pria berusia 20-34 tahun lebih berisiko terkena kanker testis daripada bayi atau pria lebih tuaSalah satu gejala kanker testis adalah adanya benjolan disertai rasa nyeri pada testis.
Gejala kanker testis pada awalnya sering tidak terlihat. Gejala biasanya baru mulai muncul ketika pertumbuhan sel kanker sudah semakin besar. Jika sudah begini, penderita kanker testis harus segera mendapat pertolongan medis sebelum kondisinya makin memburuk.Lantas, apa saja ciri-ciri kanker testis yang perlu diwaspadai oleh para pria? Simak informasinya berikut ini.

Tanda dan gejala kanker testis

Kanker testis adalah penyakit pada saluran reproduksi pria yang paling berbahaya. Sama seperti kanker pada umumnya, kanker testis terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal pada buah zakar. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan penyebab kanker testis, terlepas dari sejumlah faktor risikonya seperti keturunan (genetik), testis tidak turun saat bayi (undescended testicles), hingga AIDS.Berikut ini adalah sejumlah gejala kanker testis yang harus Anda ketahui dan waspadai:

1. Testis bengkak

Ciri-ciri kanker testis yang pertama adalah testis bengkak. Pembengkakan testis yang terjadinya biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.Testis yang membengkak terjadi karena pertumbuhan sel-sel kanker di dalam organ reproduksi pria tersebut.Kendati tidak semua benjolan atau bengkak di testis merupakan tanda kanker, ada baiknya Anda waspada dan lakukan pemeriksaan medis secara berkala guna memastikannya.

2. Skrotum terasa berat

Dilansir dari Cancer Research Center UK, skrotum terasa berat juga bisa menjadi gejala awal kanker testis. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya benjolan di dalam testisMeski demikian, tidak semua benjolan buah zakar disebabkan oleh kanker. Pada beberapa kasus, benjolan yang membuat skrotum terasa berat adalah kista (hidrokel). Kista pada testis umumnya tidak berbahaya.Sementara pada kasus kanker, benjolan biasanya bertekstur keras dan tidak menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan penyebab skrotum terasa berat.

3. Nyeri pada testis atau skrotum

Umumnya, kanker testis tidak menyebabkan rasa sakit. Akan tetapi, dalam perkembangannya, pertumbuhan sel kanker bisa saja membuat testis terasa nyeri karena sel kanker menekan saraf.Testis atau skrotum nyeri juga bisa menjadi gejala awal kanker testis. Kondisi ini terjadi sekitar 20% pria yang mengalami kanker pada buah zakar.

4. Penumpukan cairan di dalam skrotum

Penumpukan cairan secara tiba-tiba di dalam skrotum juga bisa menjadi gejala kanker testis. Sel kanker yang berkembang faktanya turut memicu produksi cairan abnormal pada skrotum.

5. Payudara membesar 

Gejala kanker testis lainnya yang perlu Anda waspadai adalah payudara yang membesar. Dilansir dari Saint John’s Cancer Institute, sejumlah jenis tumor testis dapat memicu produksi hormon yang merangsang pembesaran payudara.Selain membesar, payudara juga terasa lunak saat disentuh. Akan tetapi, ciri-ciri kanker testis yang satu ini jarang terjadi.Selain beberapa gejala di atas, Anda juga dapat mengalami nyeri yang menjalar hingga ke perut bagian bawah, punggung, dan dada.Tanda-tanda tersebut bisa jadi merupakan gejala kanker telah menyebar dan memasuki stadium lanjut. Pastikan Anda segera berkonsultasi ke dokter dan melakukan pengobatan.

Kapan harus ke dokter?

Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala-gejala di atas disertai pertanda lainnya, seperti:
  • Sesak napas
  • Batuk berdarah
  • Nyeri di selangkangan
  • Pembengkakan di salah satu atau kedua kaki
Guna memastikan penyebab gejala yang timbul, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti:
  • Ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi testis dan skrotum. 
  • Tes darah. Tes darah dilakukan untuk mendeteksi adanya sel tumor atau kanker pada pembuluh darah di dalam testis.
  • Biopsi. Biopsi adalah prosedur pengambilan sampel jaringan tubuh. Pada kasus ini, dokter akan mengambil jaringan testis guna dianalisis lebih jauh untuk mencari tahu apakah ada sel kanker di dalamnya atau tidak.
  • Operasi pengangkatan testis. Apabila gejala yang dialami mengarah ke kanker testis, dokter mungkin akan melakukan operasi pengangkatan testis. Ini membantu dokter dalam menentukan jenis dan stadium kanker yang dialami oleh pasien.

Cara mengatasi kanker testis

Cara mengatasi kanker testis sama seperti penyakit kanker lainnya, yaitu:
  • Kemoterapi
  • Radioterapi
  • Operasi
Semakin cepat kanker terdeteksi, maka semakin besar peluang kesembuhan penyakit ini. Perlu diketahui juga bahwa kanker testis dapat menyebar ke organ lainnya (metastasis) sehingga penanganan medis sedini mungkin sangat diperlukan. 

Catatan dari SehatQ

Mengetahui gejala kanker testis bertujuan agar Anda bisa mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Dengan begitu, penanganan medis bisa secepatnya dilakukan sebelum kondisi bertambah buruk dan mempersulit penyembuhannya.Anda bisa bertanya lebih lanjut seputar ciri-ciri kanker testis dengan menghubungi dokter langsung dari smartphone. Dengan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, konsultasi dengan dokter jadi semakin mudah! Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play
gejala kankerkankerkanker testis
Cancer.net. https://www.cancer.net/cancer-types/testicular-cancer/symptoms-and-signs Diakses pada 8 Maret 2021Cancer Research Center UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/testicular-cancer/symptoms Diakses pada 8 Maret 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/testicular-cancer-care/diagnosis-treatment/drc-20352991 Diakses pada 8 Maret 2021Saint John’s Cancer Institute. https://www.saintjohnscancer.org/blog/urology/8-early-warning-signs-of-testicular-cancer/ Diakses pada 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait