Pada tahap awalnya, kanker prostat tidak menimbulkan gejala spesifik.
Gejala kanker prostat biasanya tidak muncul pada tahap awal penyakit.

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki kemungkinan sembuh lebih tinggi apabila mendapat perawatan sejak dini. Hanya saja, gejala kanker prostat umumnya belum muncul pada tahap awal perkembangan penyakit.

Sehingga, kebanyakan orang yang terkena kanker prostat baru mendapat perawatan saat sel kanker sudah menyebar. Kondisi ini dapat disiasati apabila Anda rutin memeriksakan kesehatan kelenjar prostat ke dokter.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengenali gejala kanker prostat, agar dapat segera mencari perawatan yang tepat saat kondisi-kondisi tersebut terjadi. 

Kenali Gejala Kanker Prostat Berikut Ini

Tidak semua orang yang mederita kanker prostat mengalami gejala yang sama. Bahkan, beberapa orang bisa jadi tidak merasakan gejala sama sekali.

Gejala umumnya baru akan muncul saat tumor yang terbentuk mulai menyebabkan pembengkakan pada kelanjar prostat atau saat kanker telah menyebar ke area lain. Beberapa gejala kanker prostat adalah:

  • Mengalami kesulitan untuk mulai buang air kecil
  • Aliran saat buang air kecil sangat pelan atau terganggu
  • Sering buang air kecil, terutama saat malam hari
  • Kesulitan untuk benar-benar mengeluarkan semua urine saat buang air kecil
  • Nyeri atau merasakan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil
  • Terdapat darah pada urine atau air mani
  • Nyeri di punggung, pinggang, serta pinggul yang kunjung reda
  • Nyeri saat ejakulasi

Gejala Kanker Prostat dalam Kondisi Parah

Sementara itu, kanker prostat stadium lanjut dapat menimbulkan gejala pada sebagian anggota tubuh seperti tulang dan anggota tubuh bagian bawah serta berpengaruh pada berat badan. 

1. Gejala kanker prostat yang menyerang tulang

Kanker prostat bisa menyebabkan rasa nyeri yang parah atau kekakuan pada tulang panggul, punggung bagian bawah, tulang rusuk, atau paha bagian atas. Rasa nyeri umumnya akan dirasakan hingga ke tulang di area-area tersebut.

2. Gejala kanker prostat yang menyerang tubuh bagian bawah

Penyakit ini pun bisa menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuh bagian bawah. Selain itu, anggota tubuh bagian bawah menjadi lemah atau tidak dapat digerakkan, disertai dengan sembelit.

3. Kanker prostat picu penurunan berat badan

Orang yang mengalami kanker prostat, biasanya berat badannya akan turun. Selain itu, akan muncul perasaan tidak nafsu makan, mual, muntah, dan kerap merasa lelah.

Gejala Kanker Prostat yang Sudah Menyebar

Kanker prostat juga dapat menyerang organ sekitarnya, menyebar melalui aliran darah, atau sistem limfatik ke tulang, maupun organ lainnya di tubuh. Lokasi penyebaran kanker prostat pada tulang yang paling umum adalah tulang belakang.

Semakin lama, pertumbuhan dari tumor yang terdapat pada tulang belakang, akan menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang. Tertekannya saraf tulang belakang adalah keadaan darurat, dan bisa menjadi tanda awal terjadinya kanker.

Gejala dan yang dapat muncul akibat tertekannya saraf tulang belakang antara lain:

  • Kaki menjadi lemah dan sulit berjalan
  • Semakin sulit untuk buang air kecil atau buang air besar
  • Kesulitan mengontrol keinginan untuk buang air
  • Berkurangnya kemampuan untuk merasakan sensasi, atau munculnya rasa kebas pada pangkal paha atau kaki

Gejala-gejala di atas kerap disertai dengan nyeri di pinggul, yang umumnya terjadi hanya pada satu sisi, atau di punggung. Kondisi ini dapat dirasakan hingga beberapa hari hingga beberapa minggu.

Apabila mengalami gejala seperti di atas, Anda diharapkan untuk segera mendapatkan perawatan darurat di rumah sakit. Jika tidak segera dirawat, gejala tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf tulang belakang.

Selain itu, jangan lakukan hal bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat, seperti malas olahraga dan sering mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Jalani gaya hidup sehat, agar risiko kanker prostat bisa menurun.

Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-kanker.pdf
Diakses pada 2 April 2019

Centre for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/cancer/prostate/basic_info/symptoms.htm
Diakses pada 2 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/understanding-prostate-cancer-symptoms
Diakses pada 2 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/prostate-cancer-when-to-seek-care
Diakses pada 2 April 2019

Artikel Terkait