logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Kenali Berbagai Gejala Kanker pada Pria yang Mematikan

open-summary

Kanker adalah penyakit mematikan yang butuh waktu lama untuk ditangani. Khusus untuk pria, gejala kanker pada pria dapat berupa sesuatu yang sering diabaikan, seperti nyeri pada tubuh, perubahan kulit dan kelenjar getah bening, sulit menelan, dan kehilangan berat badan.


close-summary

28 Jun 2021

| Rhandy Verizarie

Ditinjau oleh dr. Indra Wijaya

gejala kanker pada pria

Adanya perubahan pada testis merupakan salah satu gejala kanker pada pria

Table of Content

  • Macam-macam jenis kanker pada pria
  • Gejala kanker pada pria yang harus diwaspadai
  • Pengobatan kanker pada pria

Ada berbagai macam penyakit yang mengintai kaum pria setiap harinya, dari yang bersifat ringan hingga serius sekalipun. Salah satu penyakit tersebur adalah kanker. Mengenali berbagai gejala kanker pada pria menjadi hal yang penting agar Anda bisa mengantisipasi kehadiran penyakit ini sebaik mungkin.

Advertisement

Apa saja tanda-tanda kanker pada pria yang harus diwaspadai? Simak informasinya berikut ini!

Macam-macam jenis kanker pada pria

Kanker adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel yang ada di dalam suatu organ atau jaringan tubuh mengalami kerusakan hingga akhirnya bermutasi. Awalnya, sel ini tumbuh sebagai tumor. Namun lama-kelamaan, sel-sel tersebut berkembang hingga akhirnya menjadi kanker.

Kanker adalah penyakit yang mematikan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2020 lalu tercatat ada hampir 10 juta kasus kematian di seluruh dunia akibat penyakit kanker.

Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin. Baik pria maupun wanita sama-sama berisiko untuk mengalaminya. Pada pria, jenis kanker paling berisiko dialami adalah:

  • Kanker prostat
  • Kanker testis
  • Kanker penis
  • Kanker usus besar
  • Kanker paru
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker  kulit

Sayangnya, hingga kini penyebab kanker pada pria tersebut belum dapat diketahui secara pasti, terlepas dari sejumlah faktor risikonya seperti keturunan (genetik), paparan radiasi, obat-obatan, hingga gaya hidup tidak sehat semisal merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. 

Gejala kanker pada pria yang harus diwaspadai

Kanker adalah penyakit berbahaya yang sulit ditangani, terutama jika sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu, ada baiknya pahami dengan lebih seksama macam-macam gejala kanker agar Anda terhindar dari komplikasi penyakit ini.

Berikut adalah berbagai macam gejala kanker pria yang perlu diketahui dan diwaspadai:

1. Gangguan buang air kecil

gejala kanker pada pria
Mengalami masalah saat kencing bisa menjadi gejala kanker pada pria

Ada berbagai masalah kencing yang dialami oleh pria yang beranjak tua, mulai dari kesulitan kencing, aliran urine yang lemah, hingga sensasi terbakar ketika buang air kecil. 

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, apalagi dalam jangka panjang, segera periksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker yang biasanya menimbulkan gejala seperti ini adalah kanker prostat.

Namun, jangan langsung berpikir macam-macam karena gejala-gejala di atas juga bisa disebabkan oleh gangguan medis lainnya seperti infeksi saluran kemih, pembesaran prostat jinak, dan sebagainya. 

2. Darah pada urine dan tinja

Adanya darah pada urine ataupun tinja juga merupakan salah satu tanda-tanda kanker pada pria, utamanya seperti kanker kandung kemih  dan kanker usus besar. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya seperti gangguan ginjal dan infeksi usus. 

3. Perubahan kulit

Pria juga bisa terserang penyakit kanker kulit, entah itu karsinoma maupun melanoma. Gejala awal yang bisa dilihat dari penyakit ini yaitu adanya perubahan pada kulit, dari warna maupun teksturnya, seperti:

  • Kulit berubah warna menjadi kegelapan
  • Muncul bintik-bintik gelap pada kulit 
  • Terdapat benjolan merah pada kulit
  • Kulit tampak bersisik

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Bengkak pada kelenjar getah bening yang ada di ketiak, leher, ataupun di tempat-tempat lain, seringkali menandakan ada yang tidak beres dengan tubuh. Umumnya, hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh tengah melawan penyakit. 

Akan tetapi, kelenjar getah bening yang membengkak juga bisa menjadi tanda-tanda kanker pada pria, dalam hal ini kanker kelenjar getah bening. 

5. Kesulitan menelan

Pada sejumlah kasus, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan menelan dari waktu ke waktu. Jika masalah tersebut tidak kunjung menghilang disertai muntah dan kehilangan berat badan, bisa jadi hal ini menjadi pertanda pria terkena kanker tenggorokan atau perut.

6. Sakit Maag yang Tak Kunjung Membaik

Maag adalah sindrom yang termasuk umum terjadi akibat adanya masalah pada lambung seperti GERD, tukak lambung, atau infeksi lambung. Gejala maag sendiri biasanya meliputi nyeri ulu hati dan perut terasa mual.

Kendati mayoritas kasus maag disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut, pada beberapa kasus hal ini bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius, yaitu kanker lambung.

Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami gejala maag yang tidak kunjung membaik kendati sudah berlangsung lama dan telah mengonsumsi obat maag. 

Baca Juga

  • Mempertimbangkan Donor Sperma? Ini Syarat dan Tahapannya
  • Cara Mencegah Kanker Prostat yang Bisa Pria Lakukan dengan Mudah
  • Hati-hati, Penis Belum Sunat Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Ini!

7. Sariawan

Rasanya hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Kondisi ini biasanya terjadi karena dehidrasi maupun infeksi pada mulut. Namun, siapa sangka jika sariawan juga bisa menjadi gejala kanker pada pria, maupun wanita, tepatnya kanker mulut

Akan tetapi, jangan buru-buru panik. Sariawan yang menjadi tanda-tanda kanker mulut pada pria biasanya turut disertai oleh sejumlah gejala lainnya seperti:

  • Sariawan tidak kunjung sembuh
  • Bibir mati rasa
  • Terdapat benjolan tidak biasa pada bibir
  • Nyeri di area mulut
  • Perdarahan di rongga mulut
  • Terdapat bercak putih pada lidah dan langit-langit mulut

8. Kehilangan Berat Badan

Ada kalanya seseorang kehilangan berat badan karena stres. Akan tetapi, bila Anda tiba-tiba kehilangan cukup banyak berat badan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu merupakan gejala terkena kanker pankreas.

Selain kanker pankreas, sejumlah jenis kanker lainnya juga turut ditandai oleh menurunnya berat badan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, contohnya seperti kanker paru-paru dan kanker perut. 

9. Demam

Demam bukan hal yang buruk.Kondisi ini umum dialami ketika tubuh terserang penyakit seperti flu maupun jenis infeksi lainnya.

Namun, jika demam tersebut tidak kunjung mereda dan terjadi secara terus-menerus, pria wajib curiga karena bisa jadi ini merupakan pertanda penyakit kanker darah. Selain demam, gejala lainnya dari kanker ini adalah:

  • Badan terasa lemas
  • Sering mimisan
  • Muncul bintik-bintik merah di kulit
  • Tulang terasa sakit
  • Berkeringat di malam hari
  • Mual

10. Perubahan pada Payudara

Kebanyakan pria sering mengabaikan adanya benjolan pada payudara, mengingat kemungkinan terjangkit penyakit kanker payudara sangat kecil. Walau begitu, Anda tak boleh bersikap acuh tak acuh karena pria memiliki potensi mengidap kanker payudara.

11. Perubahan dalam Testis

gejala kanker pada pria
Caption

Gejala kanker pada pria selanjutnya adalah adanya perubahan pada testis. Ini bisa saja menjadi pertanda bahwa pria mengalami kanker testis. Oleh sebab itu. bila melihat benjolan atau perubahan pada testis, Anda tak boleh mengabaikannya. Perubahan yang dimaksud seperti:

  • Testis bengkak
  • Testis besar sebelah 
  • Testis nyeri

Pastikan segera memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab dari munculnya gejala ini. Perlu diketahui, berbeda seperti kanker prostat yang tumbuh lambat, kanker testis dapat tumbuh dengan cepat.

12. Batuk

Jika seseorang bukan perokok aktif, maka batuk bukan merupakan gejala kanker. Jika Anda punya kebiasaan merokok dan mengalami masalah batuk lebih dari empat minggu, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Batuk bisa menjadi gejala kanker pada pria. Dalam hal ini, jenis kanker yang paling memungkinkan adalah kanker paru-paru. Pasalnya, rokok mengandung zat berbahaya yang bisa merusak organ pernapasan tersebut hingga akhirnya memicu pertumbuhan sel kanker.

Menurut American Cancer Society, 1 dari 15 pria berisiko mengalami kanker paru-paru di kemudian hari. Risiko terbesar menyasar pria yang aktif merokok. Itu sebabnya, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini jika tidak ingin terkena kanker di kemudian hari. 

13. Nyeri pada Tubuh

Rasa nyeri pada tubuh yang berkelanjutan bisa menjadi tanda-tanda awal terbentuknya kanker. Salah dua contoh kanker pada pria yang umum ditandai oleh gejala ini adalah kanker tulang dan kanker otak.

Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala kanker pada pria di atas. Deteksi kanker sedini mungkin dapat membantu mempermudah proses pengobatan sehingga peluang kesembuhan juga semakin tinggi. 

Pengobatan kanker pada pria

gejala kanker pada pria
Pengobatan gejala kanker pada pria tergantung dari jenis dan stadium kanker yang diderita

Saat pria didiagnosis menderita kanker, maka dokter akan segera melakukan langkah-langkah untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Pengobatan kanker pada pria disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan (stadium) kanker yang dialami. Umumnya, terapi pengobatan penyakit kanker meliputi:

  • Kemoterapi
  • Terapi radiasi
  • Terapi tertarget
  • Imunoterapi
  • Terapi hormon
  • Operasi 

Semakin cepat kanker terdeteksi, maka semakin efektif pula pengobatan yang dilakukan. Oleh sebab itu, penting sekali bagi pria untuk memahami tanda-tanda kanker agar bisa segera melakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala-gejal tersebut.

Punya pertanyaan lain seputar gejala kanker pada pria? Anda bisa chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga!

Advertisement

gejala kankerkankerpenyakit priakesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved