Tanda-tanda kanker pada pria biasanya adalah hal yang diabaikan, seperti nyeri, sakit maag yang tak kunjung sembuh, dan sulit menelan
Adanya perubahan pada testis merupakan salah satu gejala kanker pada pria

Kanker adalah penyakit berbahaya yang sulit ditangani. Oleh karena itu, ada baiknya pahami dengan lebih seksama tanda-tanda awal terjadinya kanker untuk mencegah penyakit mematikan ini. Khusus untuk pria, biasanya gejala-gejala kanker dapat berupa sesuatu yang seringkali diabaikan. Oleh karena itu, kenali beberapa gejala kanker pada pria berikut untuk dapat mengidentifikasi kanker sejak dini.

1. Masalah Kencing

Ada berbagai masalah kencing yang dialami oleh pria yang beranjak tua. Mulai dari kesulitan kencing, aliran yang lemah, hingga sensasi terbakar ketika buang air kecil. Oleh karena itu, jangan abaikan gejala-gejala tersebut karena bisa jadi merupakan tanda awal terbentuknya kanker.

2. Terjadi Perubahan dalam Testis

Bila melihat benjolan atau perubahan pada testis, Anda tak boleh mengabaikannya. Pastikan segera melakukan pemeriksaan dokter. Pasalnya, berbeda seperti kanker prostat yang tumbuh lambat, kanker testis dapat tumbuh dengan cepat.

3. Darah pada Urine dan Feses

Adanya darah pada urine atau feses merupakan tanda utama kanker kandung kemih, usus besar, hingga penyakit ginjal. Sebaiknya, segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

4. Perubahan Kulit

Ketika melihat perubahan pada kulit seperti ukuran, bentuk, maupun warnanya, pastikan segera menghubungi dokter. Seperti yang kita tahu, perubahan kulit adalah gejala teratas terjadinya kanker kulit.

5. Perubahan Kelenjar Getah Bening

Bengkak pada ketiak, leher, ataupun di tempat-tempat lain, seringkali menandakan ada yang tidak beres dengan tubuh. Umumnya, hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh tengah melawan penyakit. Akan tetapi, kanker tertentu juga bisa menyebabkan perubahan tersebut.

6. Kesulitan Menelan

Pada sejumlah kasus, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan menelan dari waktu ke waktu. Jika masalah tersebut tidak kunjung menghilang disertai muntah dan kehilangan berat badan, bisa jadi Anda terkena kanker tenggorokan atau perut.

7. Sakit Maag yang Tak Kunjung Membaik

Anda bisa menangani perut mulas dengan perubahan pola makan. Jika sakit maag yang diderita tidak kunjung membaik, permasalah yang ada rasakan bisa jadi merupakan gejala awal terjadinya kanker lambung.

8. Terjadi Perubahan pada Mulut

Jika Anda adalah perokok aktif, Anda beresiko lebih tinggi terserang penyakit kanker mulut. Gejala kanker mulut sendiri diawali dengan perubahan pada area mulut atau bibir.

9. Kehilangan Berat Badan

Ada kalanya seseorang kehilangan berat badan karena stres. Akan tetapi, bila Anda tiba-tiba kehilangan cukup banyak berat badan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu merupakan gejala terkena kanker pankreas, perut, atau paru-paru.

10. Demam

Demam bukan hal yang buruk. Jika demam tersebut tidak kunjung mereda dan terjadi secara terus-menerus, mungkin saja itu merupakan gejala kanker leukimia atau kanker darah lainnya.

11. Perubahan pada Payudara

Kebanyakan pria sering mengabaikan adanya benjolan pada payudara, mengingat kemungkinan terjangkit penyakit kanker payudara sangat kecil. Walau begitu, Anda tak boleh bersikap acuh tak acuh karena pria memiliki potensi mengidap kanker payudara.

12. Kelelahan

Ada cukup banyak penyakit kanker yang menyebabkan kelelahan. Tidak peduli seberapa banyak Anda telah beristirahat. Bila hal ini terus terjadi, segera konsultasi dengan dokter.

13. Batuk

Jika seseorang bukan perokok aktif, maka batuk bukan merupakan gejala kanker. Jika Anda punya kebiasaan merokok dan mengalami masalah batuk lebih dari empat minggu, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

14. Nyeri pada Tubuh

Rasa nyeri pada tubuh yang berkelanjutan bisa menjadi tanda-tanda awal terbentuknya kanker. Misalnya, kanker tulang atau otak. Untuk itu, jangan tunggu lebih lama dan lakukan tes kesehatan.

15. Nyeri Perut dan Depresi

Hal ini memang sangat jarang terjadi, depresi yang diikuti dengan nyeri perut bisa menjadi tanda awal dari kanker pankreas. Terlebih lagi pada mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker pankreas.

WebMD. https://www.webmd.com/cancer/features/15-cancer-symptoms-men-ignore
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed