logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal dan Cara Mendeteksinya

open-summary

Gejala kanker payudara stadium awal antara lain muncul benjolan di payudara atau ketiak, nyeri, ada perubahan tekstur payudara, puting tenggelam, dan keluar cairan dari puting. Untuk memeriksanya, bisa gunakan metode SADARI.


close-summary

3.5

(10)

19 Jan 2021

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Gejala kanker payudara stadium awal dapat berupa benjolan di payudara

Benjolan di buah dada adalah salah satu gejala kanker payudara stadium awal

Table of Content

  • Apa saja gejala kanker payudara stadium awal?
  • Bagaimana cara mendeteksi gejala kanker payudara stadium awal?

Saat membahas tentang gejala kanker payudara stadium awal, banyak orang akan langsung kepikiran tentang benjolan di sekitar payudara dan bawah ketiak. Anggapan ini tidak salah, tapi bukan satu-satunya tanda yang harus Anda waspadai. Sebab, mungkin ada gejala lain yang menyertai atau bahkan mendahului munculnya benjolan tersebut.

Advertisement

Pada tahap awal, gejala kanker pada tiap orang mungkin berbeda-beda. Bahkan tidak sedikit penderita kanker yang tidak mengalami gejala di tahap ini. Meskipun demikian, Anda sebaiknya mewaspadai setiap perubahan bentuk payudara dan memeriksakannya ke dokter.

Kebanyakan penderita kanker payudara stadium awal hanya merasakan perubahan minor. Namun, jangan sepelekan gejala ini karena sel kanker payudara bisa berubah menjadi ganas hanya dalam waktu singkat, yakni 3-6 bulan.

Apa saja gejala kanker payudara stadium awal?

no caption
Benjolan di ketiak dapat mengindikasikan gejala kanker awal

Stadium atau derajat keparahan kanker disimbolkan dengan angka 0 hingga IV. Stadium 0 atau tingkat awal menggambarkan sel kanker yang belum menyebar, sehingga pengobatannya juga berbeda dibanding sel kanker yang sudah merembet ke banyak bagian tubuh.

Gejala kanker stadium awal ini dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu:

1. Adanya benjolan di payudara atau bawah ketiak

Semua bentuk benjolan yang muncul di payudara dan sekitarnya patut diwaspadai, apalagi benjolan yang tidak kunjung menghilang. Benjolan di payudara yang disebabkan oleh kanker biasanya tidak sakit saat disentuh, keras, dan memiliki tepi atau bentuk yang tidak teratur. 

Namun pada sebagian orang, benjolan kanker bisa terasa lunak dan nyeri. Sehingga untuk memastikan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila Anda mengalami kondisi ini.

2. Payudara terasa nyeri, terutama ketika disentuh

Beberapa benjolan tidak mengakibatkan nyeri, melainkan lebih terasa seperti tidak nyaman saat teraba, biasanya terasa seperti di tusuk-tusuk.

3. Perubahan payudara

Perubahan yang bisa jadi gejala kanker payudara stadium awal berupa ukuran, kontur, tekstur, hingga suhu payudara yang lebih hangat dari normal. Kulit di area payudara bisa terlihat merah, mengelupas, dan kering.

4. Perubahan pada puting

Puting yang menandakan kanker payudara biasanya akan tenggelam, memiliki cekungan, terasa gatal dan panas, serta menimbulkan luka berkerak.

5. Keluar cairan dari puting (bukan ASI)

Saat Anda tidak sedang menyusui bayi, tapi keluar cairan dari puting, langsung periksakan diri ke dokter. Cairan yang menandakan gejala kanker payudara stadium awal tidak hanya darah atau nanah, tapi juga cairan bening atau warna lainnya.

6. Ada area payudara yang menjadi datar atau berlekuk

Jika tumor di payudara belum terdeteksi atau belum cukup besar untuk dirasakan, ciri lain yang paling umum adalah bentuk payudara yang berubah menjadi datar atau berlekuk di salah satu areanya. 

7. Pembengkakan di ketiak atau sekitar tulang selangka

Gejala ini bisa muncul sebelum Anda menemukan benjolan, tapi menandakan sel kanker sudah mulai menyebar ke kelanjar limfa. Jika Anda merasakan pembengkakan di area ketiak atau tulang selangka, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

8. Bercak di bawah kulit payudara

Bila diraba, bercak ini akan terasa seperti kerak atau memiliki tekstur berbeda dibanding kulit sekitarnya, serta memiliki tekstur seperti kulit jeruk atau dalam bahasa medis disebut peau de orange.

Dalam tahap awal, Anda mungkin hanya akan merasakan satu atau dua gejala. Namun jangan abaikan tanda-tanda yang Anda rasakan dan segera dapatkan diagnosis dengan menjalani prosedur mammogram di Yayasan Kanker Indonesia atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga

  • Resep Bahan Alami untuk Membuat Masker Payudara
  • 9 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui yang Aman Dilakukan
  • Seputar Kista Payudara yang Wajib Diketahui Para Wanita

Bagaimana cara mendeteksi gejala kanker payudara stadium awal?

no caption
Lakukan SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sudah lama mengampanyekan gerakan periksa payudara sendiri atau SADARI untuk mendeteksi dini kanker payudara. Terdapat 6 langkah yang dapat dilakukan wanita dalam gerakan ini, yaitu:

  • Berdiri tegak di depan cermin, kemudian perhatikan bila ada perubahan bentuk payudara (ada atau tidak benjolan, perubahan pada puting, dan sebagainya). Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris adalah normal, serta bukanlah gejala kanker payudara stadium awal.
  • Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku, dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan perhatikan payudara. Dorong siku ke belakang, kembali perhatikan bentuk maupun ukuran payudara.
  • Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu sehingga payudara menggantung, dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada, kemudian perhatikan kemungkinan perubahan pada payudara Anda.
  • Angkat lengan kiri ke atas, lalu tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara sambil memperhatikan seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Gerakkan tangan ke atas-bawah, membentuk lingkaran, dan garis lurus dari arah tepi payudara ke puting. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  • Cubit kedua puting untuk mendeteksi cairan yang keluar.
  • Dalam posisi tidur, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas, kemudian perhatikan payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

SADARI paling bagus dilakukan 7-10 hari setelah menstruasi. Jika Anda menemukan gejala kanker payudara stadium awal, atau menduga memilikinya, segera periksakan ke dokter.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala kanker payudara, Anda dapat menanyakannya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kanker payudaratumor jinak payudarapayudara

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved