7 Gejala Akibat Kekurangan Vitamin B6 yang Wajib Diketahui


Vitamin B6 adalah salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang penting untuk tubuh. Ada banyak akibat kekurangan vitamin B6 di dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah penurunan imun, muncul ruam, hingga bibir pecah-pecah.

(0)
24 Mar 2021|Marco Anthony
Ditinjau olehAzelia Trifiana
Makanan dengan kandungan vitamin B6 yang baik untuk tubuhMakanan dengan kandungan vitamin B6 yang baik untuk tubuh
Vitamin B6 adalah salah satu bagian dari vitamin B kompleks. Meski namanya tidak setenar vitamin lainnya, vitamin satu ini terbilang memiliki kemampuan serba bisa.Fungsi vitamin B6 sangat penting bagi tubuh. Mulai dari menjaga metabolisme, membantu tubuh memroduksi kolagen yang menjaga kesehatan kulit, menjaga imunitas tubuh hingga mood.Begitu pentingnya peran vitamin ini, ketika tubuh kekurangan vitamin B6, dampaknya akan muncul di seluruh tubuh.

Gejala akibat kekurangan vitamin B6

1. Tidak Bertenaga

Seseorang yang kekurangan vitamin B6 akan merasakan bahwa tubuhnya selalu lesu dan tidak bertenaga. Hal ini terjadi karena kekurangan vitamin B6 dapat menyebakan anemia, atau rendahnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.Vitamin B6 berperan dalam pembentukan hemoglobin, jenis protein di dalam darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.Selain itu, kekurangan vitamin B6 juga menghambat tubuh memproduksi hormon melatonin yang membantu Anda tertidur. Kurangnya melatonin membuat Anda lebih sulit tidur.

2. Ruam kulit

ruam kulit di wajah
Kurangnya vitamin B6 dalam tubuh bisa menyebabkan Anda mengalami dermatitis seboroik. Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam kulit berwarna merah, gatal, dan agak kasar di kepala, leher, hingga wajah.Ruam kulit ini dapat terjadi karena kulit kekurangan kolagen. Produksi kolagen dapat terganggu bila tubuh mengalami defisiensi vitamin B6. Ini karena vitamin B6 memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen untuk kulit.Namun kondisi ini bisa segera di atasi dengan mengonsumsi suplemen vitamin B6.

3. Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah juga bisa menjadi gejala kurangnya vitamin B6 di dalam tubuh. Selain perih, bibir pecah-pecah dapat membuat aktivitas seperti makan dan berbicara terganggu . Belum lagi area bibir yang pecah bisa menjadi sumber masuknya bakteri.

4. Melemahnya imunitas

flu
Imunitas tubuh yang baik sangat diperlukan untuk menjaga Anda dari serangan penyakit. Saat Anda mengalami defisiensi vitamin B6, tubuh akan mengalami gangguan dalam memproduksi antibodi.Saat antibodi tubuh Anda melemah, Anda jadi rentan terserang penyakit.

5. Kesemutan dan nyeri di kaki dan tangan

Peripheral neurophaty adalah gangguan saraf yang muncul akibat kurangnya asupan vitamin B6 di dalam tubuh. Gejalanya bisa berupa rasa nyeri seperti ditusuk jarum hingga sensasi terbakar di bagian lengan, tangan, dan kaki.

6. Mood yang berubah-ubah

Vitamin B6 juga memiliki fungsi penting dalam menghasilkan neurotransmitter di dalam tubuh, di antaranya adalah GABA dan juga serotonin. Keduanya memiliki peran mengendalikan depresi, rasa cemas, dan rasa sakit.Saat vitamin B6 dalam tubuh tidak mencukupi, produksi GABA dan serotonin pun terganggu, yang menyebabkan Anda rentan mengalami mood swing.

7. Glositis

lidah pecah-pecah
Glositis adalah kondisi di mana lidah Anda menjadi bengkak, kemerahan, dan kelu. Kondisi ini membuat Anda menjadi sulit menelan dan mengunyah.Jika glositis disebabkan oleh kekurangan vitamin B6, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen.Di samping tujuh gejala di atas, morning sickness, tingginya kadar homocysteine yang dapat menyebabkan sakit jantung juga merupakan akibat kekurangan vitamin B6.

Sumber vitamin B6

Saat tubuh mengalami defisiensi vitamin B6, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin tersebut.Beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber vitamin B6 adalah:
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Ikan
  • Kentang
  • Ubi
  • Jagung
  • Kacang garbanzo
Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Catatan dari SehatQ

Meski namanya jarang terdengar, vitamin B6 penting bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan vitamin harian Anda terpenuhi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar defisiensi vitamin B6, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakithidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b6-deficiency-symptoms
Diakses pada 9 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/ss/slideshow-vitamins-vitamin-b6-deficiency
Diakses pada 9 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219662
Diakses pada 9 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait