Gatal Setelah Mandi Bikin Risih? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya


Sehabis mandi, tubuh seharusnya menjadi segar dan bersih. Namun, beberapa orang justru ada yang mengalami kulit gatal setelah mandi karena kondisi kulit yang kering hingga kondisi kulit tertentu.

(0)
Gatal-gatal setelah mandi mungkin dialami oleh sebagian orangGatal setelah mandi bisa terjadi akibat penggunaan sabun mandi yang kurang tepat hingga kondisi kulit tertentu
Tubuh seharusnya menjadi segar dan bersih setelah mandi. Namun, beberapa orang justru ada yang mengalami kulit gatal setelah mandi. Jika terjadi terus-menerus, kondisi ini tentu dapat mengganggu, bukan? Maka dari itu, ketahui penyebab badan gatal setelah mandi dan cara mengatasinya dengan tepat dalam artikel berikut ini.

Apa penyebab badan gatal setelah mandi?

Badan gatal setelah mandi mungkin saja dialami oleh sebagian orang.Kondisi ini bisa disebabkan oleh cara mandi yang salah hingga adanya suatu kondisi medis tertentu.Adapun beberapa kemungkinan penyebab gatal setelah mandi adalah sebagai berikut.

1. Kulit kering

Gatal setelah mandi bisa disebabkan oleh kulit yang kering
Kulit yang kering bisa jadi penyebab kulit gatal setelah mandi
Kondisi kulit kering bisa jadi salah satu penyebab gatal setelah mandi.Terlebih, jika Anda mandi menggunakan air hangat dalam waktu yang cukup lama, atau penggunaan sabun mandi yang kurang tepat.Mandi air hangat dalam waktu yang lama dan penggunaan sabun mandi dapat menghilangkan minyak alami atau sebum pada kulit sehingga kulit terasa kencang dan gatal. Terutama, pada bagian bawah kaki dan lengan area bawah. Pada kasus yang parah, kulit bisa mengalami pecah-pecah, berdarah, dan iritasi. Belum lagi, kulit kering bisa memicu kondisi kulit lainnya, seperti eksim.Bagi orang lanjut usia yang rentan mengalami kulit sangat kering (xerosis), kulit gatal setelah mandi bisa disertai dengan gejala kulit bersisik, kemerahan, dan timbul rasa sakit pada kaki atau tangan.

2. Penggunaan sabun mandi yang kurang tepat

Penyebab badan gatal setelah mandi bisa jadi karena penggunaan sabun mandi yang kurang tepat.Alih-alih membuat tubuh bersih dan wangi, penggunaan sabun mandi yang kurang tepat justru bisa membuat badan terasa gatal.Hal ini bisa terjadi akibat kandungan bahan kimia keras pada sabun mandi yang Anda gunakan.Di samping itu, residu sabun yang masih menempel walaupun sudah membilas tubuh, juga dapat menyebabkan kulit terasa gatal habis mandi.

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan penyebab gatal setelah mandi
Kulit bisa gatal dan iritasi akibat terpapar suatu bahan tertentu
Dermatitis kontak juga mungkin jadi penyebab kulit gatal setelah mandi yang Anda alami.Dermatitis kontak adalah kondisi kulit yang iritasi akibat terpapar atau kontak langsung dengan suatu bahan tertentu.Kondisi ini rentan dialami oleh orang yang mengalami alergi atau sensitif terhadap kandungan bahan tertentu.Misalnya, beberapa bahan kimia dan zat pewangi yang terkandung pada sabun dan sampo.Selain itu, handuk yang Anda kenakan juga bisa saja mengandung sabun bekas detergen, pewangi, dan pelembut kain.Semua ini dapat berpotensi menyebabkan dermatitis kontak sehingga muncul iritasi dan rasa gatal.Menurut National Eczema Association, zat pewangi merupakan salah satu kandungan yang umum menyebabkan reaksi alergi.

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi bisa menyebabkan badan terasa gatal. Meski mirip, reaksi alergi berbeda dengan kondisi dermatitis kontak.Jika Anda mengalami gatal-gatal setelah mandi, kemungkinan Anda memiliki alergi terhadap sesuatu yang digunakan saat mandi. Entah itu sabun, sampo, atau perlengkapan mandi lainnya.Saat mengalami reaksi alergi, tubuh Anda akan menghasilkan respons imun berupa kemunculan rasa gatal, kulit memerah, hingga pembengkakan.

5. Eksim

Penyebab badan gatal setelah mandi bisa karena eksim
Kulit bisa terasa sangat gatal setelah mandi pada penderita eksim
Eksim mengacu pada suatu kondisi peradangan kulit yang menyebabkan kulit kering dan terasa gatal.Penyakit kulit kronis ini juga bisa menimbulkan ruam merah dan benjolan pada kulit.Pada penderita eksim, gejala kulit terasa sangat gatal dan tidak nyaman bisa terjadi setelah mandi.Penggunaan sabun mandi mengandung pewangi dan air hangat dalam waktu yang lama dapat memicu munculnya rasa gatal pada penderita eksim.

6. Aquagenic pruritus

Pada kasus yang jarang terjadi, penyebab gatal setelah mandi bisa karena aquagenic pruritus.Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit setelah Anda kontak dengan air.Tak hanya setelah mandi, cuci tangan dan berenang dapat memunculkan gejala gatal pada kulit yang disebabkan oleh aquagenic pruritus.Anda mungkin juga akan merasa gatal pada kulit saat udara sedang lembap, dan saat olahraga.Kulit gatal yang disebabkan oleh aquagenic pruritus bisa terjadi tanpa ada gejala yang mencolok pada kulit.Biasanya rasa gatal yang dialami terasa jauh di dalam kulit.

7. Urtikaria kolinergik

Penyebab kulit gatal setelah mandi lainnya adalah urtikaria kolinergik.Urtikaria kolinergik adalah kondisi gatal-gatal akibat peningkatan suhu tubuh, seperti saat Anda mandi menggunakan air hangat.Di samping itu, olahraga, konsumsi makanan pedas, suhu udara yang hangat dapat menyebabkan munculnya rasa gatal di kulit.

Bagaimana cara mengatasi kulit gatal sehabis mandi?

Jika Anda mengalami kulit gatal habis mandi, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala.Umumnya, cara mengatasi badan gatal setelah mandi dapat disesuaikan dengan penyebabnya.Berikut adalah berbagai cara mengatasi kulit gatal sehabis mandi.

1. Atur suhu air yang digunakan

Cara mengatasi gatal setelah mandi sebaiknya jangan mandi lama-lama
Atur suhu air yang digunakan saat mandi agar tidak terlalu panas
Cara mengatasi badan gatal setelah mandi bisa dengan mengatur suhu air yang digunakan saat mandi. Apabila suhu air terlalu panas, maka turunkan suhu air secara bertahap agar terasa hangat atau suam-suam kuku.Jika sudah menggunakan air hangat, tak ada salahnya membilas tubuh menggunakan air lebih dingin. Langkah ini bertujuan untuk mencegah hilangnya sebum pada kulit.

2. Jangan mandi lama-lama

Apakah Anda orang yang termasuk senang mandi berlama-lama? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini.Mandi berlama-lama justru membuat kulit semakin kering karena air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap.Akibatnya, dapat memicu kulit terasa gatal sehabis mandi. Jadi, jagalah lama waktu mandi Anda kurang lebih sekitar 10 menit.

3. Ganti sabun mandi

Pilih sabun yang tidak mengandung wewangian agar kulit tidak gatal setelah mandi
Ganti sabun mandi Anda yang kandungannya lebih ringan
Penyebab badan gatal setelah mandi bisa jadi karena penggunaan sabun mandi yang kurang tepat.Maka dari itu, coba ganti sabun mandi Anda yang kandungannya lebih ringan, tidak mengandung zat pewangi dan alkohol, serta berlabel hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan alergi.Penggunaan sabun mandi yang mengandung pelembap juga diketahui mampu mengurangi gejala kulit kering.Anda juga bisa menggunakan sabun yang dirancang khusus untuk pemilik kulit sensitif dan penderita eksim, bila perlu.Penggunaan sabun mandi yang memiliki efek busa sedikit pun bisa jadi pilihan agar kulit tidak semakin kering dan mampu membersihkan tubuh dengan efektif.

4. Hindari penggunaan spons untuk menggosok tubuh

Cara mengatasi kulit gatal sehabis mandi perlu menghindari penggunaan spons atau kain lap untuk menggosok area tubuh.Pasalnya, menggosok tubuh dengan spons dapat mengiritasi kulit sehingga kulit bisa semakin gatal.

5. Keringkan tubuh dengan lembut

Sebagian besar orang kerap mengeringkan tubuhnya dengan menggosokkan handuk berulang kali.Padahal, terlalu sering menggosokkan handuk pada kulit bisa menyebabkan kelembapan kulit hilang.Akan lebih baik jika Anda hanya menepuk-nepuk handuk pada kulit secara lembut saat mengeringkan tubuh untuk menjaga kelembapannya.

6. Oleskan pelembap

Gatal setelah mandi bisa diatasi dengan penggunaan pelembap
Oleskan pelembap sesaat setelah mandi
Oleskan pelembap pada kulit tubuh sesaat setelah mandi, atau saat kulit masih sedikit lembap setidaknya 5 menit setelah mandi.Cara mengatasi kulit gatal sehabis mandi ini bertujuan untuk mengunci kelembapan alami kulit.Pilihlah pelembap yang tidak mengandung wewangian, alkohol, dan berlabel hypoallergenic.Bagi pemilik kulit rentan berjerawat, Anda bisa menggunakan pelembap tanpa kandungan minyak.American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan lotion calamine atau mengandung mentol untuk mengatasi kulit gatal dan iritasi.

7. Pakai salep antigatal

Cara mengatasi badan gatal habis mandi bisa dengan penggunaan salep antigatal.Sebuah studi membuktikan bahwa salep antigatal yang mengandung asam laktat dan pramoxine hydrochloride dapat menenangkan dan mengurangi gejala kulit gatal yang disebabkan oleh kulit kering.Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua obat gatal di apotek dapat menenangkan kulit gatal akibat kulit kering.Beberapa krim antigatal yang dirancang untuk menenangkan gejala gatal akibat peradangan, seperti kortikosteroid topikal, misalnya, belum tentu efektif mengatasi penyebab kulit gatal akibat kulit kering.

8. Perhatikan penggunaan sabun detergen dan pelembut pakaian

gatal setelah mandi bisa karena penggunaan sabun cuci pakaian
Hindari penggunaan sabun detergen dengan kandungan tertentu
Jika Anda kerap mengalami badan gatal sehabis mandi, bisa jadi karena penggunaan handuk atau pakaian yang terpapar sabun detergen dan pelembut pakaian dengan kandungan bahan tertentu.Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari penggunaannya sementara waktu agar gatal-gatal setelah mandi bisa dicegah.

9. Mandi oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit gatal habis mandi akibat kulit yang kering.Anda bisa menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi berisi air hangat, atau mengoleskan krim yang mengandung oatmeal setelah mandi, untuk meredakan rasa gatal akibat kulit kering yang Anda alami.

10. Minum air putih yang cukup

Kulit yang dehidrasi menyebabkan kering dan menimbulkan rasa gatal.Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar agar tubuh tidak dehidrasi, sekaligus menjaga kelembapan kulit secara alami.Alangkah baiknya, Anda minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

Catatan dari SehatQ

Gatal-gatal setelah mandi merupakan kondisi yang umum terjadi pada beberapa orang.Jika kulit gatal tak kunjung hilang dalam waktu 1-2 jam dan cara mengatasi badan gatal sehabis mandi di atas tidak mengurangi gejala, maka segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Sebab, pada beberapa kasus, gatal terus-menerus bisa jadi kondisi medis serius, seperti berkaitan dengan penyakit liver atau limfoma Hodgkin.Dengan demikian, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi Anda.Apabila Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar gatal-gatal setelah mandi, tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang lewat App Store dan Google Play
gatalpenyakit kulitmasalah kulitmandikulit keringdermatitisdermatitis kontak
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-after-shower
Diakses pada 23 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326974#treatment-and-remedies
Diakses pada 23 Maret 2021
National Eczema Association. https://nationaleczema.org/fragrances-perfumes-eczema-allergy/
Diakses pada 23 Maret 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/reasons-why-you-itch-after-taking-a-shower-83217
Diakses pada 23 Maret 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-itchy-skin
Diakses pada 23 Maret 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-symptoms
Diakses pada 23 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
Diakses pada 23 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/348407/
Diakses pada 23 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15027519/
Diakses pada 23 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25607907/
Diakses pada 23 Maret 2021
Healthfully. https://healthfully.com/itchy-skin-after-a-beach-visit-4364815.html
Diakses pada 23 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait