Timbul Gatal karena Stres? Mungkin Anda Mengalami Neurodermatitis


Salah satu respons tubuh yang muncul ketika Anda stres adalah gatal. Gatal karena stres terjadi akibat hormon kortisol yang keluar saat Anda stres. Hormon ini membuat produksi minyak meningkat, yang menyebabkan kulit jadi lebih rentan mengalami masalah, salah satunya gatal.

0,0
gatal di badan tanpa sebab karena stresGatal di badan tanpa sebab bisa terjadi karena stres
Bukan hanya karena alergi atau gigitan nyamuk, gatal juga bisa terjadi akibat stres. Ketika stres datang, beberapa orang mengalami kemerahan pada kulit hingga gatal seperti biduran. Jika hal ini terjadi, mungkin Anda mengalami neurodermatitis. Kenali lebih jauh tentang bagaimana gatal karena stres bisa terjadi, serta cara mengatasinya berikut ini.

Mengapa stres bisa menyebabkan gatal pada kulit?

Anda mungkin pernah bingung mengapa kulit atau sekujur badan gatal tiba-tiba tanpa sebab. Tanpa Anda sadari, pikiran bisa menjadi penyebab gatal pada kulit.Ketika sedang ada masalah atau tekanan, beberapa orang bisa saja mengalami kemerahan dan gatal. Kondisi ini disebut dengan neurodermatitisNeurodermatitis adalah kondisi kulit berupa rasa gatal, kering, atau berubah warna yang disebabkan karena stres atau tekanan psikis. 
Gatal dapat terjadi karena stres dan tekanan psikis
Gatal dapat terjadi karena stres dan tekanan psikis
Gatal karena stres terjadi akibat otak yang “berkomunikasi” dengan ujung saraf di kulit. Ketika mengalami masalah yang membuat cemas, respons stres tubuh bisa menjadi berlebihan. Respons inilah yang memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gejala sensorik di kulit. Itulah sebabnya, timbul reaksi gatal atau sensasi terbakar pada kulit, dengan atau tanpa tanda yang terlihat.Selain itu, ketika stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini kemudian membuat produksi minyak pada kulit jadi meningkat. Nah, kulit yang lebih berminyak membuat Anda rentan mengalami masalah kulit, seperti gatal.Reaksi gatal karena stres ini juga bisa muncul lebih jelas, jika Anda memiliki riwayat masalah kulit sebelumnya. 

Cara mengatasi gatal karena stres

Mengendalikan stres dengan meditasi bisa membantu mengatasi gatal
Mengendalikan stres dengan meditasi bisa membantu mengatasi gatal
Mengingat penyebab utama gatal pada kondisi ini adalah stres, mengendalikan stres menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi dan mencegah kekambuhan gatal. Mungkin Anda butuh waktu untuk bisa menghilangkan stres. Konsultasi dengan psikolog atau psikodermatolog bisa menjadi solusi. Untuk mengatasi stres yang dirasakan, Anda bisa mencoba meditasi, yoga, atau latihan pernapasan yang dapat membantu pikiran lebih relaks. Selain itu, jika gatal sudah sangat mengganggu, terdapat beberapa cara mengatasi gatal karena stres yang mungkin direkomendasikan dokter, yaitu:
  • Kortikosteroid atau krim/salep yang menenangkan
  • Antihistamin untuk mengurangi gatal
  • Antidepresan yang mampu meredakan gatal kronis
  • Terapi cahaya (phototherapy) untuk mengendalikan rasa gatal
Jika belum sempat ke dokter, beberapa cara berikut ini juga bisa meredakan gatal karena stres yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain:
  • Gunakan pelembap
  • Gunakan krim kortikosteroid
  • Gunakan humidifier untuk melembapkan udara
  • Hindari pakaian yang bahannya kasar
  • Hindari mandi dengan air panas
  • Hindari terlalu lama terpapar dengan sinar matahari
Jika gatal karena stres terjadi, Anda tidak boleh menggaruknya terlalu banyak atau terlalu keras. Hal ini bisa menyebabkan kondisi kulit yang lebih parah, seperti iritasi dan infeksi. Gunakan sarung tangan atau tutupi bagian kulit yang gatal dengan kain untuk mencegah Anda menggaruk. Pastikan pula kuku Anda tidak panjang karena bisa membuat kulit lecet saat menggaruk.

Selain gatal, ini masalah kulit yang bisa timbul akibat stres

Tak hanya gatal, jerawat juga bisa muncul karena stres
Tak hanya gatal, jerawat juga bisa muncul karena stres
Jurnal Inflammation & Allergy Drug Targets menyatakan bahwa stres atau tekanan psikologis dapat menimbulkan dan memperburuk kondisi beragam penyakit kulit.Selain gatal, berikut ini beberapa masalah kulit yang bisa dipicu oleh stres, antara lain:

Catatan dari SehatQ

Tidak hanya memengaruhi tekanan darah, menyebabkan sakit kepala, atau gejala gangguan fisik lainnya, stres juga bisa menjadi pemicu timbulnya gatal tanpa sebab dan gangguan kulit. Terlebih, jika Anda memang telah memiliki masalah kulit.Menghindari stres merupakan cara paling ampuh mencegah dan mengatasi gatal karena stres. Jika belum bisa menemukan cara terbaik untuk mengatasi stres, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan profesional seperti psikolog. Anda juga bisa menemukan obat gatal karena stres yang sesuai dengan kondisi Anda dengan berkonsultasi melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
gatalstresruam kulit
Inflammation & Allergy Drug Targets. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4082169/
Diakses pada 23 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/anxiety/anxiety-and-itching#treatment
Diakses pada 23 September 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17989-neurodermatitis
Diakses pada 23 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325706#skin-cancer-
Diakses pada 23 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait