Penyebab tangan gatal dan kaki gatal bisa merupakan gejala penyakit tertentu
Jangan sepelekan gatal yang sering menyerang tangan dan kaki karena bisa menandakan penyakit tertentu

Anda sering merasa bahwa telapak tangan atau kaki Anda gatal? Mungkin ada beberapa hal yang memicunya. Anda harus mengetahui permasalahannya sebelum menjalani pengobatan. Bisa jadi, kulit tangan dan kaki Anda terlalu kering karena cuaca dingin atau udara yang terlalu kering.

Namun terkadang, rasa gatal yang menyerang kaki dan tangan merupakan gejala gangguan kesehatan tertentu, seperti alergi, psoriasis, hingga diabetes. Kenali berbagai penyebab kaki gatal dan penyebab tangan gatal melalui penjelasan berikut!

1. Tangan dan Kaki Gatal karena Alergi

Salah satu hal yang menjadi penyebab tangan gatal dan kaki gatal adalah alergi. Kulit Anda dapat mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu yang Anda sentuh. Respons yang Anda lihat dan rasakan adalah tipe lain dari eksim, yang disebut sebagai dermatitis kontak alergi.

Gejala bisa saja tidak muncul dalam beberapa jam setelah menyentuh atau terpapar sesuatu yang membuat Anda alergi. Ketika gejala ini muncul, Anda akan merasa gatal dan gejala-gejala lain, seperti ruam, kulit yang sangat kering, rasa terbakar, biduran dan dapat menjadi lepuh.

2. Gatal karena Psoriasis

Psoriasis juga bisa menjadi penyebab gatal kaki dan tangan. Psoriasis terjadi ketika sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat dan menumpuk di permukaan kulit, sehingga mengakibatkan menebalnya kulit mati.

Kondisi ini bisa memicu rasa gatal. Saat mengalami psoriasis, kulit bisa menjadi merah dan bersisik, sendi menjadi sakit, bengkak, dan merasa gatal-gatal pada area yang terkena, seperti siku, lutut, punggung, dan wajah.

3. Gatal karena Eksim

Eczema (eksim) merupakan fase peradangan kulit. Ada beberapa jenis yang dapat muncul di tubuh. Salah satunya adalah dermatitis, yang hanya memengaruhi tangan dan kaki. Gejalanya berupa kulit bersisik serta cairan bening pada kulit yang sedikit melepuh.

4. Gatal karena Kudis

Kudis biasanya muncul akibat gigitan serangga dengan jenis tungau. Tungau ini bisa menggigit dan menempatkan telurnya pada ‘lubang’ yang mereka gali dalam lapisan kulit manusia.

Penyakit ini bisa menular melalui kontak kulit ke kulit dengan penderitanya, seperti bersentuhan langsung tatau berjabat tangan. Penyakit kudis menyebabkan rasa gatal di malam hari. Selain itu, penderitanya akan mengalami gejala berupa kemerahan pada kulit, sisik di kulit, dan garis putih keabuan.

5. Gatal karena Diabetes

Gatal yang sering terjadi pada tangan dan kaki dapat diakibatkan oleh penyakit diabetes. Umumnya, masalah kulit merupakan salah satu ciri munculnya diabetes.

Sebab, gula darah tinggi yang tidak terkontrol, bisa memicu gatal pada anggota tubuh. Tanda lainnya berupa gundukan kecil berwarna di kulit, yang kemerahan di sekitarnya. Jika penyakit diabetes tersebut dapat Anda kelola, maka gatalpun akan hilang.

Bagaimana cara menghilangkan rasa gatal tersebut? Cari tahu penyebab gatal, dan pilih obat-obatan (misalnya dalam bentuk krim) yang bisa mengatasi kulit kering.

Namun jika rasa gatal tersebut sudah sangat mengganggu, segera berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika Anda mengalami reaksi alergi. Yang terpenting, jangan sembarangan menggaruk kulit, meski terasa gatal.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hands-feet-itch#1

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321047.php

Healthline. https://www.healthline.com/symptom/feet-itching

Diakses pada 31 Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed