Penyebab Penis Gatal dan Cara Mengatasinya (Pria Harus Tahu!)


Penis gatal dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kulit, hingga infeksi menular seksual. Untuk mencegahnya, Anda harus menjaga kebersihan penis dengan baik dan hindari hubungan seksual yang tidak aman.

(0)
penis gatalPenis gatal disebabkan oleh sejumlah masalah kulit
Gatal di kemaluan tidak hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga pada pria. Khusus untuk pria, rasa gatal tidak hanya timbul di daerah kemaluan saja, tetapi juga bisa dirasakan pada penis. Kondisi penis yang gatal tentunya sangat menggangu. Selain tidak nyaman, rasanya tidak pantas juga jika Anda menggaruknya di tempat umum.Lantas, apa penyebab penis gatal dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut informasinya.

Penyebab penis gatal

Gatal pada penis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti yang terjadi pada penyakit-penyakit menular seksual. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau penyebab umum lainnya.Berikut kondisi medis yang sering menjadi penyebab penis gatal:

1. Penyakit menular seksual

Gatal pada alat kelamin pria menjadi salah satu gejala dari penyakit menular seksual (PMS). Penyakit menular seksual adalah gangguan medis yang terjadi ketika organ intim mengalami infeksi bakteri, jamur, maupun virus, sebagai akibat dari aktivitas seksual yang tidak sehat seperti berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks.Contoh penyakit menular seksual adalah:Selain gatal pada penis, PMS ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti penis nyeri, terluka, hingga mengeluarkan cairan tidak wajar. Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala-gejala yang mengarah pada PMS.

2. Lichen nitidus

Lichen nitidus adalah radang sel kulit yang bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, termasuk penis. Salah satu gejala penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan kecil yang bisa menyebabkan penis gatal.

3. Kandidiasis

Kandidiasis adalah infeksi jamur yang paling sering timbul pada kemaluan perempuan. Namun, pria juga tidak luput dari infeksi jamur ini.Jamur Candida sering menginfeksi kepala penis sehingga menyebabkan gatal yang dirasakan di bawah kulit (pada pria yang belum disunat) atau di ujung penis. Kandidiasis juga dapat disertai dengan rasa panas, kemerahan, dan keluarnya cairan putih kental di bawah kulit penis.

4. Balanitis

Gatal di penis juga bisa disebabkan oleh balanitis. Balanitis adalah kondisi ketika kepala penis (glans) mengalami peradangan.Selain penis gatal, gangguan medis ini juga ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti rasa nyeri, penis bengkak dan memerah, serta sakit saat buang air kecil.

5. Kutil

Kutil pada penis tampak seperti kembang kol yang warnanya sama dengan kulit. Penyebabnya adalah human papillomavirus (HPV). Kutil pada penis dapat menyebabkan rasa gatal, dan kadang bisa berdarah saat bersenggama.

6. Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan akibat penyakit autoimun yang dapat terjadi di seluruh bagian kulit, termasuk kulit penis. Reaksi autoimun menyebabkan pertumbuhan kulit yang cepat sehingga sel kulit menumpuk. Psoriasis tampak seperti daerah kemerahan bersisik pada kulit yang gatal.

7. Kudis

Kudis adalah penyakit kulit menular yang diakibatkan oleh tungau yang sering menginfeksi daerah lipatan kulit yang lembap.Tungau berjalan di bawah kulit, membuat terowongan-terowongan kecil. Hal inilah yang menyebabkan penis gatal, terutama di malam hari.

8. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah radang pada kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat yang menyebabkan iritasi. Dermatitis kontak pada penis dapat disebabkan oleh alergi sabun mandi ataupun sabun cuci, bahan pakaian dalam, parfum, dan lain-lain.Selain gatal pada penis, kondisi ini juga ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit penis, pembengkakan, hingga sensasi terbakar.Kondisi kulit seperti psoriasis, kudis, eksim, dan dermatitis kontak tidak hanya menyebabkan penis gatal, namun juga dapat memengaruhi area di sekitar kemaluan.

9. Penggunaan alat cukur bekas

Sensasi gatal yang Anda rasakan tidak hanya terjadi di penis, namun area kemaluan lainnya seperti kulit sekitar rambut kemaluan. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal, salah satunya menggunakan pisau cukur bekas saat mencukur bulu kemaluan.Mencukur bulu kemaluan pria dengan pisau cukur bekas dapat menyebabkan gatal karena pisau tersebut mungkin sudah terkontaminasi oleh kotoran maupun kuman.Mencukur tanpa pelumas seperti busa cukur, atau mencukur area yang sama beberapa kali secara berurutan, juga dapat menimbulkan rasa gatal di area kemaluan.Selain gatal, pada area kemaluan juga kemungkinan akan muncul ruam dan benjolan kecil. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti alat cukur Anda secara berkala.

10. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan bisa menjadi penyebab area kemaluan di sekitar penis terasa gatal. Seseorang dapat tertular kutu kemaluan melalui kontak fisik (misalnya hubungan seks) dengan orang yang sudah lebih dulu terinfeksi.Kutu kemaluan dapat menyebabkan gatal-gatal di area kemaluan, dan akan menyebabkan peradangan apabila terus digaruk.

11. Rambut kemaluan tumbuh ke dalam

Rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa menyebabkan gatal. Ini terjadi ketika ujung rambut kemaluan terlipat kembali ke kulit. Biasanya, ini terjadi setelah bercukur atau waxing.Penyebab gatal di area kemaluan yang lainnya meliputi:
  • Folikulitis, merupakan suatu kondisi ketika folikel bulu kemaluan meradang.
  • Molluscum contagiosum, adalah infeksi virus jinak pada kulit.
  • Jock itch, adalah infeksi jamur pada kulit di area genital

Cara mengatasi gatal di penis secara alami

Ada sejumlah cara untuk menghilangkan gatal di penis yang cukup mengganggu, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, hingga obat-obatan.Berikut ini cara menghilangkan gatal di penis secara alami yang bisa Anda lakukan:
  • Kompres air dingin. Mengompres penis yang gatal dengan air dingin bertujuan untuk mengatasi iritasi sehingga gejala gatal mereda.
  • Kompres alkohol. Beberapa bukti menunjukkan bahwa alkohol dapat membantu mengatasi gatal di penis. Ini karena alkohol memiliki efek antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri tertentu penyebab gatal.
  • Menunda aktivitas seksual. Menghindari aktivitas seksual untuk sementara waktu bertujuan untuk mencegah iritasi bertambah parah, dan meminimalisir risiko infeksi menular seksual (IMS) yang bisa memperburuk kondisi.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa diklaim dapat menjadi obat alami penis gatal karena mampu mengatasi iritasi yang terjadi. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  • Garam. Satu studi menunjukkan bahwa garam dapat membantu meredakan kulit gatal akibat iritasi dan peradangan. Ini karena kandungan magnesium yang tinggi, diketahui dapat membantu memperbaiki skin barrier. Namun, penggunaannya untuk penis masih perlu dikaji lebih lanjut.
  • Cuka apel. Cuka apel juga dipercaya sebagai obat tradisional dapat membantu meredakan gatal di kulit dengan cara mengoleskannya. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memakainya.

Obat-obatan untuk menghilangkan gatal pada penis

Jika cara-cara sebelumnya tidak cukup ampuh untuk mengatasi penis gatal, Anda mungkin memerlukan obat penis gatal berupa krim oles (topikal), baik yang dijual bebas atau obat resep dari dokter.Pilihan obat penis gatal umumnya meliputi:

1. Antibiotik

Obat antibiotik digunakan untuk mengatasi gatal pada penis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Contoh krim antibiotik yang biasa diberikan oleh dokter adalah sebagai berikut:
  • Clindamycin
  • Mupirocin
Obat antibiotik merupakan obat resep sehingga Anda memerlukan resep dari dokter agar bisa menggunakannya.

2. Antijamur

Sementara itu, apabila gatal di kemaluan pria terjadi karena adanya infeksi jamur, pilihan obat yang mungkin diberikan, antara lain:
  • Terbinafine
  • Ketoconazole
  • Clotrimazole
Obat antijamur topikal ada yang dijual secara bebas, alias over-the-counter (OTC), ataupun resep dokter, tergantung dari jenis infeksi jamur yang menyerang. Cobalah berkonsultasi dulu untuk mengetahui obat salep yang tepat.

3. Antihistamin

Penis yang gatal akibat reaksi alergi atau iritasi dapat diobati dengan obat antihistamin. Beberapa contoh obat antihistamin topikal meliputi:
  • Benadryl
  • Caladryl
Obat antihistamin umumnya tidak dijual bebas dan baru bisa digunakan setelah mendapat resep dari dokter.

4. Steroid

Anda juga bisa menggunakan obat steroid seperti hidrokrotison guna menghilangkan gatal pada penis. Selain itu, obat ini juga dapat meredakan gejala lainnya yang timbul seperti radang dan kulit kemerahan. 

Tips mencegah gatal di kemaluan pria

Penis gatal tentu menimbulkan ketidaknyamanan yang bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, termasuk untuk urusan ranjang.Oleh sebab itu, lakukan sejumlah cara merawat penis berikut ini untuk mencegah gatal terjadi pada penis maupun area sekitarnya:
  • Bersihkan penis dengan baik. Termasuk bagian di bawah kulit bagi yang tidak disunat.
  • Jaga daerah kelamin tetap kering. Kuman, terutama jamur, dapat berkembang biak dengan baik pada kondisi yang lembap.
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman. Ganti pakaian dalam setidaknya setiap 24 jam.
  • Jaga daerah kelamin tetap bersih dan kering. Gunakan sabun mandi yang tidak mengiritasi, lalu basuh sampai tidak ada sabun yang tersisa.
  • Gunakan sabun cuci untuk pakaian yang lembut dan tidak mengandung pewangi.
  • Keringkan daerah kelamin setelah mandi atau berenang. Hindari penggunaan handuk bersama-sama dengan orang lain.
  • Hindari hubungan seksual yang tidak aman. Gunakan kondom jika perlu.
Apabila gatal di kemaluan tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri Anda ke dokter. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai masalah ini lewat fitur chat dokter di aplikasi SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
gatalkesehatan organ intimkelamin laki-lakiinfeksi kulitkesehatan priareproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/penis-itches#seeking-medical-help
Diakses pada Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/penis-itches#treatments
Diakses pada 22 September 2020
International Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-4632.2005.02079.x Diakses pada 17 Februari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/itchy-penis#treatments Diakses pada 17 Februari 2021University of Michigan. https://www.uofmhealth.org/health-library/aa67251 Diakses pada 17 Februari 2021 Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/medications-skin-conditions#:~:text=Some%20common%20oral%20or%20injection,drugs%20include%20fluconazole%20and%20itraconazole. Diakses pada 17 Februari 2021WebMD. https://www.webmd.com/sexual-conditions/sexual-health-genital-itching
Diakses pada Mei 2019 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait